Sosok Jane Jacob Dimata Google, Doodle Hari Ini

  • Whatsapp

Widiynews.com – Doodle hari ini kenang Jane Jacob, seorang tokoh wanita yang inspiratif yang perduli terhadap lingkungan. Google pun mengenangnya melalui gambar Doodle Rabu (4/5/2016), dimana hari ini bertepatan dengan tanggal kelahiran Jane yang ke 100.

Jika Anda membuka laman beranda pencarian Google, maka Anda akan melihat gambar seorang wanita tepat berada didepan tatanan perkotaan yang begitu indah, rapih dan penuh warna. Gambar ini seolah menggambarkan tokoh bernama Jane Jacob menurut pandangan team Doodle.

Read More

Lalu, siapa sebenarnya Jane Jacob?

Jane adalah seorang jurnalis dan aktivis yang sangat aktif terhadap melestarikan lingkungan hidup perkotaan. Ia dilahirkan pada tanggal 4 Mei 1916 di Scranton, Pennsylvania, Amerika.

Karena telah banyak menginspirasi banyak kalangan, sehingga tidak heran jika kisahnya sangat dihargai oleh perusahaan internet raksasa tersebut. Dalam bukunya, The Death and Life of Great American Cities serta Dark Age Ahead, dirinya banyak menulis tentang teori perkotaan dan lingkungan hidup. Ia meninggal pada tanggal 25 April 2006 di Toronto, Kanada.

Semasa Muda

Meskipun tidak memiliki bakat khusus serta tidak pernah mengikuti pelatihan secara formal berhasil merevolusi cara pandang kehidupan perkotaan. Visi dan misinya terbentuk ketika ia mulai tinggal di sebuah kawasan New York City Greenwich Village. Bangunan yang tidak tersusun, bangunan apartemen yang tidak tertata serta jalanan sempit karena tatanan kota yang tidak rapih membuatnya bangkit untuk menginspirasi banyak orang.

Aktivis Lingkungan Hidup

Setelah bekerja sebagai seorang wartawan dan penulis lepas, Jane Jacob kemudian bergabung bersama staf redaksi Forum Arsitektur pada tahun 1952. Setelah itu, terbentuklah dorongan untuk bersatu memodernisasi daerah perkotaan dengan merenovasi bangunan yang ada.

Dalam novel, Jacob mengeksplorasi hal-hal penting tentang lingkungan perkotaan, tak sedikit ia juga menemukan ketidakcocokan dengan pemikiran kontemporer tentang perencanaan perkotaan. Dia banyak memberikan contoh kehidupan lingkungan, termasuk di daerah dimana ia tinggal. Selain menjadi jurnalis, ia juga bekerja pada perusahaan tertentu untuk ikut melestarikan lingkungan tertentu. Semasa hidup, ia bertugas di Badan Perencanaan New York untuk beberapa waktu.

Kehidupan Pribadi 

Jane Jacob menikah dengan seorang arsitek bernama Robert Hyde Jacobs Jr pada tahun 1944. Perpindahannya ke Kanada, disebabkan karena tugas yang diemban oleh suaminya. Sehingga mau tidak mau Jane pun harus ikut sang suami dan menetap di Toronto, Kanada pada tahun 1968.

Setelah perpindahannya ke New York, ia lebih fokus untuk menulis dan memperluas ruang lingkup pekerjaannya. Beberapa karyanya yang terkenal adalah Cities and Wealth of Nations (1989), Systems of Survival (1992), dan The Nature of Economies (2000).

Sebelum tutup usia, ia sempat menulis satu buku berjudul Dark Age Ahead tahun 2004. Dalam buku tersebut, ia menyatakan keprihatinannya pembusukan budaya. Jane Jacob meninggal pada tanggal 25 April 2006 di Toronto, Kanada.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *