PTUN Kabulkan Gugatan Warga Bukit Duri, Pemprov DKI Dituntut Ganti Rugi

Widiynews.com – Kabar Terkini Hari Ini: PTUN Kabulkan Gugatan Warga Bukit Duri, Pemprov DKI Jakarta Dituntut Ganti Rugi, Gugatan warga Bukit Duri kepada Pengadilan Tata Usaha Negara terkait surat peringatan yang telah dikeluarkan Pemprov DKI Jakarta akhirnya dikabulkan. Majelis hakim membatalkan SP 1,2,3 Penertiban tersebut karena dianggap telah melanggar undang-undang.

Sementara itu, kawasan Bukit Duri telah rata dengan tanah. Bangunan dan rumah milik warga yang berhasil merebut haknya sudah ringsek di luluh lantahkan menggunakan alat berat.

Kuasa hukum warga Bukit Duri, Vera Wenny Soemarwi berharap, hakim menuntut Pemprov DKI Jakarta untuk memberikan ganti rugi kepada warga yang bangunan dan rumahnya sudah digusur.

Loading...

“Pemerintah Provinsi DKI Jakarta wajib memberikan ganti rugi yang layak kepada warga Bukit Duri akibat dari diterbitkannya SP 1,2, dan 3, dihancurkannya rumah-rumah warga dan dirampasnya tanah-tanah warga tanpa kompensasi yang layak,” ujar Reva

Menurut Vera, majelis hakim telah menyatakan bahwa pembebasan lahan warga Bukit Duri tidak berdasarkan tahapan dalam Undang Undang Pengadaan tanah. Sementara itu, penggusuran Bukit Duri juga disebut telah melanggar asa kemanusian, keadilan, kemanfaatan, kepastian, keterbukaan, kesepakatan, keikutsertaan, kesejahteraan, keberlanjutan dan keselarasan. Lebih lanjut, majelis hakim juga mewajibkan Pemprov DKI Jakarta untuk memulihkan kembali hak-hak warga Bukit Duri.

“Majelis hakim PTUN juga membatalkan SP 1, 2, dan 3 dan mewajibkan Pemprov DKI Jakarta untuk memulihkan hak-hak warga yang telah dilanggar dan memberikan ganti rugi atas kerugian yang telah dialami oleh warga Bukit Duri,” ujar Vera.

Populer Pekan Ini

Loading...

Rekomendasi Widiynews

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More