Hari Lahir Sigmund Freud ke-160 Diperingati Google Hari Ini

  • Whatsapp

Widiynews.com – Hari Lahir Sigmund Freud ke-160 diperingati oleh Google lewat Doodle hari ini. Hari lahir nama-nama tokoh dunia memang kerap kali dipajang di laman pencarian Google, salah satunya Sigmun Freud. Tepat dihari ini, 6 Mei 2016 adalah hari kelahirannya. Sebagai tokoh yang berjasa karena banyak menyumbangkan karyanya, maka tidak heran jika perusahaan internet raksasa ini pun turut merayakan hari ulang tahunnya yang ke-160.

Lalu, siapa sebenarnya Sigmund Freud itu? Dan mengapa team Doodle sampai ikut merayakan hari kelahirannya?

Read More

Sigmund adalah seorang neurolog Austria yang sangat terkenal di seluruh dunia, ia telah ikut mengembangkan teori dan teknik psikoanalisis. Ia dilahirkan di Freiberg, yang sekarang lebih dikenal dengan Republik Ceko, pada tanggal 6 Mei 1856 silam. Freud mengembangkan psikoanalisis, yaitu sebuah metode dimana seorang analis membongkar konflik bawah sadar berdasarkan asosiasi bebas, mimpi dan khayalan pasien.

Teori-teorinya tentang seksualitas anak, libido serta ego dan beberapa konsep akademik yang paling berpengaruh pada abad ke 20.

Hari Lahir Sigmund Freud ke-160 Diperingati Google Hari Ini

Awal Karir

Ketika berusia empat tahun, keluarganya pindah ke Wina yaitu kota dimana ia tinggal dan bekerja untuk sebagian besar dalam hidupnya. Ia mendapatkan gelar medis pada tahun 1981 dan kemudian bertunangan dengan seorang gadis serta memutuskan untuk berumah tangga bersamanya.

Bersama istrinya, ia dikarunia enam orang anak, anak bungsunya bernama Anna juga merupakan seorang psikoanalisis. Setelah lulus, Freud memutuskan untuk membuka praktik pribadi dan mulai mengobati berbagai gangguan psikologis. Mengingat dirinya bukan seorang ilmuwan serta bukan seorang dokter, ia belajar memahami perjalanan, pengetahuan dan pengalaman manusia.

Pawa awal karirnya, Freud menjadi terpengaruh oleh karya teman dan koleganya, Josef Breuer yang telah menemukan bahwa ketika ia mendorong pasien histeris untuk berbicara tentang kejadian awal gejala, gejala kadang-kadang secara bertahap mereda. Terinspirasi oleh Breuer, Freud pun mengemukakan bahwa neurosis memiliki asal-usul karena traumatis yang terjadi lewat masalalu pasien. Dia percaya bahwa kejadian asli tersebut telah disimpan dan bersembunyi dari kesadaran.

Pengobatan yang dilakukan adalah dengan memberdayakan ingatan untuk mengingat kembali pengalaman dan membawanya ke kesadaran. Dan dalam melakukannya, ia menghadapai secara intelektual dan emosional. Dia percaya, hal ini bisa melepaskan diri dari gejala neurotik. Freud dan Beuer kemudian menerbitkan sebuah teori dan hasil temuan tersebut di Studies in Hysteria tahun 1985.

Kontroversial

Setelah lama bekerjsama, Breuer kemudian memutuskan untuk berhenti bekerjsama bersama Freud karena dianggap terlalu banyak menempatkan penekanan pada asal-usul seksual neurosis pasien dan tidak mempertimbangkan sudut pandang yang lain. Freud terus berusaha menyempurnakan argumennya sendiri dan pada tahun 1990, setelah seris melakukan analisis, ia menerbitkan The Interpretation of Dreams dan disusul kembali The Psychopathology of Everyday Life dan pada tahun 1905 Three Essays on the Theory of Sexuality.

Penghargaan yang diberikan kepada Freud tidak bertahan lama, banyak orang yang berpendapat bahwa teori Freud terlalu banyak penekanan pada seksualitas, kemudian dianggap skandal. Pda tahun 1909, ia pernah di undang untuk memberikan serangkaian mata kuliah di Amerika Serikat. Setelah itu, ia kembali menerbitkan teorinya Five Lectures on Psycho-Analysis pada tahun 1916 yang kemudian ketenarannya tumbuh secara eksponensial.

Sigmun Freud juga memiliki teori “Psychic Energy” kompleks Oedipus dan mimpi yang tidak dipengaruhi oleh penemuan-penemuan ilmiah lain pada zamannya. Pemahaman Charles Darwin yang menganggap manusia sebagai elemen progresif dari hewan tertentu menginformasikan penyeledikan Freud sebagai perilaku manusia. Selain itu, perumusan prinsip baru Helmholtz, yang menyatakan bahwa energi dalam setiap sistem fisik yang diberikan selalu konstan, di implementasikan Freud kedalam pemikirannya. Karya-karya Freud banyak mendapatkan pujian, namun demikian ada pula yang mengkritik teori tersebut.

Sigmun Freud dikabarkan meninggal dunia pada tahun 1933, berdasarkan informasi Freud meninggal karena bunuh diri setelah menelan morfin dengan dosis berlebihan yang diminta pada seorang dokternya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *