Resep Membuat Nastar Lembut dan Lumer Bangets

Resep Cara Membuat Nastar – Berbicara soal kue nastar, kita pasti ingat saat lebaran idul fitri. Ya, nastar adalah salah satu jenis kue kering yang paling banyak dihidangkan saat lebaran. Ciri khas dari kue lembut ini, adalah selai nanas yang ada didalamnya. Namun, ada juga yang berkreasi dengan mengganti selai nanas menjadi selai blueberi, strowberi dan berbagai jenis selai yang disesuaikan selera masing-masing.

Kue ini bentuknya bulat kecil, nastar sendiri merupakan kata yang berasal dari negara Belanda, yaitu ananas dan tart yang artinya tart nanas. Sehingga tidak heran, jika banyak ditemukan kue nastar yang banyak berisikan selai nanas.

Walau banyak dihidangkan saat lebaran, atau pada hari-hari perayaan tertentu seperti natal bagi umat kristiani. Namun, kue kering ini bisa juga Anda hidangkan saat-saat sedang ada pertemuan bersama keluarga, atau sedang berkumpul bersama sahabat atau tamu undangan dirumah. Nah, berikut ini step by step cara membuat kue nastar:

Bahan-bahan :

  • 150 gram margarin
  • 100 gram butter
  • 90 gram gula halus
  • 50 gram susu bubuk
  • 350 gram tepung terigu protein rendah
  • 3 butir kuning telur
  • 1/2 sendok teh vanilli bubuk

Bahan untuk Membuat Selai Nanas

  • 1 buah nanas, blender
  • 200 gram gula pasir
  • 2 butir cengkeh
  • 2 batang kayu manis
  • Bahan Olesan
  • 2 buah kuning telur
  • 1/2 sendok teh air
  • 1/2 sendok teh madu

Cara membuat Selai Nanas dan Olesan Kue Nastar

  1. Masak nanas yang sudah diblender, kayu manis dan cengkeh hingga air benar-benar menyusut. Tambahkan gula pasir, aduk hingga selai menjadi padat dan dapat dibentuk
  2. Bentuk selai tadi menjadi bulatan-bulatan kecil atau sesuaikan saja dengan selera Anda sendiri. Namun, jangan membuat selai terlalu besar, sebab akan menyebabkan selai keluar dan kulit nastar akan retak.
  3. Untuk membuat olesannya, masukkan 2 buah kuning telur dan tambahkan 1/2 sendok teh air dan 1/2 sendok madu, aduk hingga benar-benar merata.

Cara Membuat Kulit Kue Nastar

  1. Selanjutnya kita akan membuat kulit nastar. Masukkan margarin, gula halus, butter dan vanilli bubuk ke dalam wadah. Kocok menggunakan mixer hingga benar-benar merata. Lalu masukkan kuning telur satu persatu.
  2. Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk sedikit demi sedikit, aduk adonan menggunakan sendok kayu atau spatula hingga tercampur rata.
  3. Ambil sedikit adonan tadi untuk dibentuk. Sementara sisinya, silahkan masukkan ke dalam kulkas dan dibungkus dengan plastik wrap.
  4. Giling adonan dengan ketebalan kira-kira 1/2 cm. Sebelum menggiling adonan, jangan lupa memberikan alas plastik di kedua sisi. Cetak bundar dengan gelas berdiameter kira-kira 5 cm. Kemudian ambil satu bagian, isi dengan selai dan bentuk bulat.
  5. Lakukan langkah yang sama seperti pada nomor 5, kemudian tata semua adonan yang sudah diberi selai dan dibentuk bulat tadi di atas loyang yang beralas kertas roti/ kertas minyak. Kemudian masukkan juga ke dalam kulkas.
  6. Ambil adonan yang belum dibentuk (adonan B yang disimpan didalam kulkas) kemudian lakukan seperti yang terdapat pada nomor 5.
  7. Jika seluruh adonan sudah dibentuk dan diberi selai, silakan masukkan semuanya ke dalam kulkas dan tunggu hingga 1/2 jam agar adonan terakhir yang anda buat tadi agak lama berada dalam kulkas.
  8. Selanjutnya, panaskan oven dengan suhu 150 derajat celcius.
  9. Keluarkan nastar dari kulkas dan panggang selama kurang lebih 20 menit. Jika oven yang anda gunakan mempunyai ukuran yang lumayan besar, anda dapat memanggang semua adonan nastar sekaligus. Tapi jika tidak, silakan anda panggang terlebih dahulu adonan nastar yang pertama, kemudian dilanjut dengan adonan nastar yang kedua.
  10. Panggang selama kurang lebih 20 menit, kemudian keluarkan nastar dari oven dan jangan lupa olesi pemukaan nastar. Selanjutnya, masukkan kembali ke dalam oven dan tunggu selama 15 menit hingga warna permukaan nastar kuning kecoklatan.
  11. Keluarkan dari oven, jangan lupa didinginkan terlebih dahulu jika Anda ingin menyimpannya didalam toples.

Kue nastar pun sudah siap dinikmati bersama keluarga.

Nah, demikian resep membuat kue nastar yang lembut dan lumer yang telah kami hadirkan. Kue ini memang cocok untuk segala moment, bisa dijadikan hidangan kue khas lebaran, natal, perayaan-perayaan penting serta cocok disantap bersama keluarga dan teman-teman setiap hari. Selamat mencoba

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like