Berita Terkini. Polisi Segera Tetapkan Tersangka Kasus “Palu Arit”

Berita Terkini. Polisi Segera Tetapkan Tersangka Kasus “Palu Arit” Habib Rizieq Shihab. Hingga kini, tim Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya belum menetapkan siapa tersangka dalam kasus pernyataan gambar palu arit didalam lembaran mata uang rupiah baru yang dikeluarkan oleh Bank BI. Padahal, perkara tersebut sudah naik ke tahap penyidikan dari sebelumnya tahap penyelidikan.

Seperti diketahui sebelumnya, Habib Rizieq dilaporkan ke Polda Metro Jaya karena ucapannya yang menyebut ada logo palu arit di uang rupiah. Gambar palu arit sendiri diketahui sebagai simbol komunis PKI. Di Indonesia, gambar itu merupakan lambang dari kelompok terlarang.

Ucapan tersebut viral di sejumlah media sosial. Dengan peryataan itu, Habib Rizieq dituding telah melakukan penghasutan dan ujaran kebencian berbau SARA berdasarkan Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Menurut keterangan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, saat ini tim penyidik tengah melakukan evaluasi internal pasca-pemeriksaan terhadap Habib Rizieq sebagai terlapor. (Baca: Habib Rizieq Shihab Diperiksa Soal Kasus Palu Arit)

Loading...

Selain untuk menentukan siapa saksi selanjutnya yang akan diperiksa, evaluasi tersebut juga dilakukan untuk membidik siapa tersangka dalam perkara ini. “Penyidik sedang evaluasi, akan melihat siapa saja yang akan dipanggil kembali untuk melengkapi (berkas) kasus ini, sehingga nanti akan bisa dengan tepat dan segera siapa tersangkanya dalam penyidikan ini,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Rabu (25/1/2017).

Meski demikian, Argo enggan untuk membeberkan siapa nama saksi yang nantinya akan diperiksa dalam oleh kepolisian dalam pemeriksaan selanjutnya. Namun, Argo menegaskan bahwa nama-nama itu pernah disebutkan dalam keterangan saksi sebelumnya.

“Nanti ada beberapa nama yang tidak bisa saya sebutkan, akan kita panggil, ada di beberapa berita acara saksi yang menyebutkan nama itu,” tutur dia.

Argo juga menjelaskan, sebelum menetapkan tersangka, penyidik terlebih dulu akan melakukan gelar perkara. Sayangnya, Argo belum bisa memastikan kapan pastinya gelar perkara kasus “Palu Arit” tersebut akan dilanjutkan kembali. “Nanti kalau udah selesai periksa semua saksi dan penyidik yakin, akan gelar perkara,” ucap Argo.

Populer Pekan Ini

Loading...

Rekomendasi Widiynews

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More