3 Tips Ampuh Mengamankan Ponsel Android

3 Tips Ampuh Mengamankan Ponsel Android. Kehadiran Android sebagai platform dengan berbagai keunggulan dan keistimewaan menjadikan perangkat ini sebagai senjata utama untuk menyimpan berbagai macam data baik yang bersifat penting atau hanya untuk seru-seruan saja.

Jika Anda merupakan pengguna Android baru, pikirkan sebelum Anda menyimpan data penting ke dalam perangkat ada baiknya Anda melakukan beberapa langkah antisipasi. Langkah ini penting dilakukan supaya data yang Anda simpan tidak jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab ketika Anda kehilangan perangkat baik karena tertinggal atau dicuri orang. Langsung saja, simak tips singkat dibawah ini.

1. Aktifkan Screen Lock

3 Tips Ampuh Mengamankan Ponsel Android
copyright © Droid-Life

Agar data yang tersimpan dalam perangkat ini tidak dilihat orang lain, amankan terlebih dahulu perangkat Anda dengan menambahkan pasword, PIN, pola atau atau sidik jari jika ponsel Anda telah mendukung fitur fingerprint.

Pengguna dapat melakukannya dengan cara masuk ke menu setting >> Lock Setting >> Screen Lock kemudian pilihlah metode mana yang ingin Anda gunakan. Dengan posisi screen lock aktif, perangkat akan meminta pengguna memasukkan pin, pasword, pola atau sidik jari setiap kali pengguna ingin membuka layar yang terkunci. Anda juga bisa mengunakan fitur keamanan ini untuk beberapa aplikasi yang Anda anggap sangat penting. Sehingga tidak semua orang bisa mengakses aplikasi tersebut tanpa mengetahui kuncinya.

2. Aktifkan Android Device Manager

Loading...
3 Tips Ampuh Mengamankan Ponsel Android
copyright © gadget.ndtv.com

Android Device Manager adalah layanan gratis yang diberikan langsung oleh Google guna membantu menemukan perangkat Android yang hilang menggunakan perangkat PC atau piranti lainnya. Selain itu, Anda juga dapat menghapus data perangkat yang hilang dari jarak jauh serta menonaktifkannya. Anda juga dapat mencoba memberitahukan kepada siapapun yang menemukan perangkat yang hilang supaya menghubungi nomor tertentu.

Untuk bisa menggunakan layanan ini, Anda hanya perlu masuk ke menu Setting >> Personal >> Google >> Security. Berikutnya Anda akan menemui tulisan remotely locate this device dan Allow remote lock and erase. Geser tombol ke samping kanan untuk mengaktifkan keduanya. Selanjutnya silahkan akses Setting >> Security >> Device Administrators dan beri centang Android Device Managers.

3. Gunakan Fitur Verifikasi Dua Langkah

3 Tips Ampuh Mengamankan Ponsel Android
copyright © zdnet.com

Mengaktifkan two-step verification merupakan langkah antisipasi yang harus Anda lakukan demi mengamankan akun penting seperti email, dropbox atau sosial media yang Anda miliki. Hal ini penting Anda lakukan terutama jika data pasword Google Anda berhasil dibobol oleh peretas. Meski telah memasukkan pasword yang diminta, peretas yang mencoba log in ke akun Google Anda tetap akan diminta kode verifikasi yang dikirimkan lewat SMS sebelum bisa masuk dan mengakses layanan Google milik Anda.

Untuk bisa menggunakan fitur layanan ini, Anda bisa langsung menuju link https://myaccount.google.com/security/signinoptions/two-step-verifivifation melalui perangkat PC. Kemudian silahkan ikuti petunjuk atau petintah yang diberikan oleh layanan ini.

Sedia payung sebelum hujan, amankan dahulu perangkat Android Anda sebelum diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

POPULER PEKAN INI

Loading...

ARTIKEL LAINNYA

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More