Tubuh Mudah Sakit Saat Pergantian Musim? Ini Alasannya

Widiynews.com – Penyebab Tubuh Mudah Sakit Saat Pergantian Musim | Mendengar alasan tidak masuk kerja karena sakit saat pergantian musim mungkin hal biasa. Hampir semua orang pernah mengalami hal demikian. Faktanya, banyak orang disekitar kita yang terpaksa harus absent gara-gara sakit saat musim berganti. Namun, perubahan tempteratur yang dramatis bukanlah satu-satunya penyebab kejadian musiman ini.

Flu merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita saat musim pancaroba. Seperti dilansir dari health.kompas Selasa (10/05/2016), menurut Dr. Benjamin Kaplan, dokter penyakit dalam, terjadi karena pergantian cuaca akan mengakibatkan perkembangbiakan jenis virus berbeda pula.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa rhinovirus dan coronavirus merupakan dua penyebab utama salesma atau flu. Yang lebih menarik, kedua jenis virus ini berkembang biak pada suhu yang lebih sejuk, misalnya saat pergantuan musim semi ke musim gugur.

Sehingga tidak heran jika virus influenza dapat mudah berkembang biak dan menyebar dengan mudah saat udara dingin dan kering.

Sementara penyakit di musim panas dapat terjadi karena beberapa faktor. Orang yang memiliki alergi musiman, biasa lebih rentan menderita hidung tersumbat atau pilek. Sistem imun orang yang memiliki alergi musiman biasanya lebih lebih agresif, sehingga mudah terserang dan tertular virus.

Selain itu, banyak orang yang tidak mengerti antara alergi dan dengan sakit flu. Orang yang menderita rhinitis alergi juga sering dikira sakit flu, gara-gara hidung sering mengeluarkan air yang hampir mirip seperti orang yang sedang mengalami flu atau demam.

Untuk mencegah penularan penyakit saat pergantian musim, biasakanlah selalu mencuci tangan menggunakan sabun, aktif bergerak, olahraga secara teratur, menjaga pola makan, hindari begadang berlebihan, istirahat dimalam hari minimal 6-8 jam. Selain itu, Anda bisa juga dengan mencegahnya terserang virus flu dengan mengonsumsi multivitamin.

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!