Sentuh 600 Juta Pengguna, Instagram Luncurkan Fitur Bookmark

  • Whatsapp

Sentuh 600 Juta Pengguna, Instagram Luncurkan Fitur Bookmark

Widiynews.com – Menjelang akhir tahun 2016, Instagram mencatat pertumbuhan yang cukup signifikan selama enam bulan terakhir. Hal ini diketahui sejak aplikasi jejaring sosial tersebut meluncurkan sejumlah fitur barunya. Bukti ini juga memperkuat bahwa Instagram tidak hanya sebagai layanan berbagi foto dan video saja.

Sejauh itu, pada akhir Juni 2016 lalu, pengguna layanan berbagi foto dan video itu sempat menyentuh angka 500 juta pengguna aktif setiap bulannya. Hal itu tentu saja sebuah pencapaian yang sangat luar biasa bagi Instagram. “Hari ini dengan bangga kami umumkan ada lebih dari 600 juta pengguna aktif setiap bulannya. Jumlah ini bertambah 100 juta dalam waktu 6 bulan terakhir,” tulis pernyataan resmi Instagram.

Read More

Selama enam tahun terakhir, lonjakan jumlah pengguna kali ini tergolong yang tercepat. Bahkan, sejak Facebook mengakuisisi layanan ini pada 2012 lalu, Instagram hanya mengantongi 30 juta pengguna aktif. Sejak saat itu, penggunanya terus melonjak hingga mencapai 80 juta dalam waktu lima bulan pertama sejak diakuisisi Facebook.

Di akhir tahun 2014, jejaring sosial buatan Kevin Systrom ini tumbuh pesat hingga menyentuh angka pengguna aktif 300 juta. Jumlah tersebut pun kian bertambah hingga akhirnya mencatatkan angka 400 juta pengguna pada September 2015 silam.

Terkiat peningkatan jumlah pengguna tersebut, di tahun 2016 ini pun Instagram dan Facebook dinilai sangat agresif yaitu dengan menerapkan strategi dengan menghadirkan beragam fitur pendukung terbaru yang dinilai sangat fungsional. Beberapa fitur baru Instagram anatara lain seperti Stories dan Live Vide Streaming yang dinilai memiliki kesamaan dengan jejaring sosial kompetitornya, yaitu Snapchat. Tentu, beberapa fitur pendukung tersebut dipastikan menjadi salah satu faktor yang membuat pengguna Instagram kian bertambah.

Bukan hanya itu saja, belakangan Instagram juga memperkenalkan fitur direct foto dan video yang juga berkontribusi dalam pertumbuhan jumlah penggunanya. Untuk merayakan pencapaian 600 juta pengguna, Instagram kembali memperkenalkan kemunculan fitur baru yakni kemudahan untuk menyimpan postingan teman.

Sebuaht anda bookmark akan terlihat dibagian bawah postingan di profil pengguna. Untuk menyimpan postingan tersebut, cukup mengetuknya dan secara otomatis ada tab personal yang berisi konten yang nantinya akan dilihat lagi. Seluruh konten foto dan video yang tersimpan dalam tab personal hanya bisa dilihat oleh pemilik akun saja.

Disisi lain, Facebook pun tengah mempersiapkan Instagram sebagai salah satu media dalam mendapatkana keuntungan atau pendapatan. Pasalnya, sejak dirilis dan diluncurkannya layanan iklan sekitar tahun lalu, dilaporkan bahwa menginjak bulan September 2016 kemarin, Instagram sudah berhasil merangkul 500 ribu pengiklan.

Related posts