Berita Terkini. Sidang Ahok Kembali Digelar Hari Ini, Tim Datangkan 7 Saksi Ahli

Berita Terkini. Sidang Ahok Kembali Digelar Hari Ini, Tim Datangkan 7 Saksi Ahli. Majelis Hakim dari Pengadilan Negeri Jakarta Utara kembali menggelar sidang kasus penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok hari ini, Rabu (29/3/2017). Sama seperti sidang sebelumnya. Sidang yang ke-16 ini juga beragendakan pemeriksaan saksi yang dihadirkan oleh penasihat hukum Ahok.

“Sidang ke-16 dilaksanakan pada Rabu 29 Maret 2017, masih agenda pemeriksaan saksi dari pihak kuasa hukum Ahok,” ujar tim pengacara Ahok, Selasa 21 Maret 2017 lalu, saat menanggapi pernyataan majelis hakim terkait agenda sidang yang dijadwalkan selesai sebelum bulan puasa. “Kita tetap optimis. Sidang sebelumnya cukup positif dan kita harap semua berjalan positif,” kata kuasa hukum Ahok, Ronny Talapessy kepada media.

Sidang rencananya akan dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dijadwalkan berakhir pukul 24.00 WIB di Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan. Biasanya, sidang ini dilakukan setiap hari Selasa. Berhubung Selasa kemarin (28/3) adalah hari Nyepi, maka sidang diundur menjadi hari ini.

Berita Terkini. Sidang Ahok Kembali Digelar Hari Ini, Tim Datangkan 7 Saksi Ahli
[email protected]

Menurut keterangan tim kuasa hukum Ahok, dalam sidang lanjutan kali ini pihaknya akan menghadirkan tujuh saksi ahli. Dua diantaranya sudah ditulis dalam BAP, sedangkan lainnya tidak menjalani pemeriksaan. Para saksi ahli tersebut berasal dari berbagai disiplin ilmu. Yaitu ahli bahasa, psikologi sosial, agama Islam, dan hukum pidana.

Meski demikian, kuasa hukum Ahok enggan menyebutkan siapa saja saksi ahli yang akan dihadirkan dalam sidang kali ini. Namun, sebelumnya tim kuasa hukum telah menyebutkan beberapa nama yang bakal dihadirkan saat sidang ke-15 lalu.

“Yang Mulia, kami akan menghadirkan ahli yang ada dalam BAP, Prof Dr Bambang Kaswanti Purwo, yang merupakan ahli bahasa, Dr Risma Permana Deli ahli sosiologi, dan Dr Noor Aziz Said ahli pidana serta ahli non-BAP. Untuk ahli non-BAP, jumlahnya bisa lebih dari satu, Yang Mulia,” ujar penasihat hukum Ahok sesaat sebelum hakim mengakhiri sidang, Selasa (21/3).

Sebelumnya, penasihat hukum juga sempat mengajukan simulasi sidang hingga putusan. Yang ditawarkan adalah, sidang ke-17 pada Selasa (4/4/2017) dengan agenda pemeriksaan terdakwa dan pemeriksaan barang bukti.

Pada sidang ke-18, Selasa (11/4/2017) untuk tuntutan, sidang ke-19 untuk pledoi. Setelahnya, yakni pada sidang ke-20, Selasa (25/4/2017) untuk replik dan dilanjutkan sidang ke-21, Selasa (2/5/2017) untuk duplik. Kemudian sidang ke-22, Selasa (9/5/2017) untuk pembacaan putusan atau vonis.

Meski demikian, jaksa penuntut umum (JPU) meminta hal ini tidak menjadi ketetapan hakim terlebih dahulu. “Mohon ini jangan sebagai ketetapan yang kaku. Karena kalau ada perubahan nanti bisa diinformasikan jadwalnya,” ujar ketua JPU Ali Mukartono setelah mendengar permintaan tim penasihat hukum Ahok.

Mari Bagikan :
Manusia yang berakal ialah manusia yang suka menerima dan meminta nasihat. (Umar bin Khatab)