Now Reading
Berita Terkini: Lagi, Pemerintah Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik

Berita Terkini: Lagi, Pemerintah Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik

Widiynews.com – Korea Utara menembakkan rudal balistik jarak pendek pada Senin pagi yang mendarat di laut, demikian menurut kata militer AS. Menurut sebuah pernyataan dari Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, rudal tersebut diluncurkan pukul 05.39 waktu setempat dari daerah dekat Wonsan, Provinsi Kangwon, menuju bagian timur Semenanjung Korea pada Senin 29 Mei 2017.

Berdasarkan pernyataan seperti dikutip dari CNN, Senin (29/5/2017), rudal tersebut ‘diasumsikan’ sebagai salah satu seri SCUD.

“Rudal itu terbang sekitar 450 kilometer,” ujar pernyataan tersebut. “Korea Selatan dan Amerika Serikat saat ini menganalisis secara seksama untuk informasi tambahan. Militer kita memantau secara ketat militer Korea Utara dan menjaga kesiapan.”

Menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Komando Pasifik AS, North American Aerospace Defense Command mengatakan bahwa rudal tersebut tidak menimbulkan ancaman bagi Amerika Utara.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in memerintahkan dilakukannya pertemuan dewan keamanan nasional pada pukul 7.30 pagi. Sementara itu dalam sebuah wawancara, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan sebuah ‘protes keras’ diajukan ke Korea Utara.

Loading...

“Untuk mencegah Korea Utara, kita akan melakukan tindakan nyata bersama dengan Amerika Serikat,” kata Abe.

See Also
KH Ma'ruf Amin ke Ahmad Dhani: Dia Tahu Apa Soal NU, Sudah Berapa Lama Jadi Kader?

“Kami akan menjaga kewaspadaan tinggi dalam koordinasi dengan Korea Selatan dan masyarakat internasional, serta mengambil semua langkah yang mungkin untuk menjamin keamanan masyarakat Jepang.”

Korea Utara mengklaim bahwa uji coba rudal yang dilakukan sekitar dua minggu lalu membuktikan bahwa negaranya memiliki roket yang mampu membawa hulu ledak nuklir. Atas kemampuannya itu, Korut juga mengkalim bahwa daratan AS dan pangkalan militernya di pulau Guam di Pasifik berada dalam jangkauan serangan.

Korea Selatan dan Jepang mengecam peluncuran tersebut. Namun Korea Utara telah mengatakan bahwa uji coba rudalnya sebagai reaksi terhadap ancaman Korea Selatan, Amerika Serikat dan Jepang.(wn/lptn6)

Terkait

Loading...
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2016 Widiynews Web Media. All Rights Reserved.

Scroll To Top