27 Cara Menghemat Baterai Smartphone untuk Semua Tipe, Terbaru 2020!

27 Cara Menghemat Baterai Smartphone untuk Semua Tipe, Terbaru 2020!

Jika Anda mengalami masalah pada baterai smartphone boros akhir-akhir ini, mungkin Anda mengalami hal serupa seperti yang lainnya. Kasus baterai cepat habis ini sudah sering dijumpai tapi tak sedikit yang masih belum tahu cara sederhana menghemat baterai dan apa saja penyebabnya.

Yang perlu menjadi catatan, penyebab utama baterai HP cepat habis terletak pada cara penggunaan, aplikasi yang diinstal dan berjalan di latar belakang. Ketiga faktor ini jadi pemicu utama baterai HP boros.

Beberapa merek HP seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, iPhone, Vivo, ASUS dan brand lainnya mungkin sudah dibekali baterai bongsor. Tapi, kalau cara pemakainnya kurang tepat ya sama saja baterainya cepat habis.

Jadi selain ponselnya yang pintar, sebagai pengguna juga harus smart terutama pada cara pemakaian. Jadi menurut Widiynews penting sekali mengetahui cara menghemat baterai smartphone supaya tidak cepat habis atau boros.

Nah, ketiga faktor dan beberapa penyebab baterai HP boros diatas akan kami jabarkan lebih rinci melalui artikel cara menghemat baterai smartphone dibawah ini. Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Cara Menghemat Baterai Smartphone Semua Tipe

Jika smartphone yang Anda gunakan saat ini terasa boros dan cepat habis, cobalah ikuti 27 cara menghemat baterai smartphone sederhana yang akan kami bagikan dibawah ini.

1. Gunakan Selalu Charger Original

Biarpun harganya lebih murah, tapi jangan tertipu sama charger abal-abal yang bukan original. Kalau Anda ingin menggunakan charger yang bukan original, seperti sekarang yang sudah banyak sekali dijual secara online, pastikan memiliki daya input dan output yang sama seperti charger bawaan smartphone.

2. Install Aplikasi Seperlunya

Punya smartphone baru emang gak afdol kalau gak install aplikasi baru. Eits tunggu dulu. Gak sedikitloh aplikasi yang justu menguras baterai smartphone. Sebelum kecewa karena baterai cepat habis, pastikan berfikir dua kali untuk menjejali smartphone dengan beragam aplikasi yang sebenarnya gak begitu penting.

Install saja aplikasi yang memang benar-benar dibutuhkan untuk kegiatan dan pekerjaan seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Line, Telegram, atau aplikasi lain yang menurut Anda memang dibutuhkan.

3. Mengatur Kecerahan Layar Smartphone

Selain buruk bagi kesehatan mata, kecerahan layar smartphone (brigtness) yang terlalu tinggi bisa menjadikan baterai smartphone boros. Sebaiknya, gunakan pengaturan otomatis pada tingkat kecerahan layar.

27 Cara Menghemat Baterai Smartphone untuk Semua Tipe, Terbaru 2020!

Sehingga saat kondisi baterai berkurang atau dibawah normal, cuaca berubah seperti saat dimalam hari, tingkat kecerahan layar akan secara otomatis berubah. Cara ini juga efektif untuk menghemat baterai.

4. Matikan Bluetooth, WiFi, dan GPS Jika Tidak Digunakan

Ini adalah cara menghemat baterai smartphone yang paling sederhana tapi efektif loh. Jadi tidak ada salahnya ketika Anda selesai menggunakan fitur WiFi, Bluetooth, dan GPS segera dimatikan.

Jika tidak di matikan kembali, fitur ini akan terus mencari perangkat pasangan yang bisa terhubung dan bisa menguras baterai dan membuat smartphone cepat panas.

5. Matikan Google Location Service

Satu lagi layanan yang harus Anda cek setiap saat jika tidak ingin baterai smartphone boros, yaitu fitur location service pada akun Google Anda. Jika tidak dimatikan, fitur ini akan bekerja sepanjang hari memberikan informasi lokasi perangkat Anda.

Walau fitur ini terkadang dibutuhkan, seperti saat Anda memesan makanan pada aplikasi ojek daring, namun dengan bekerja sepanjang hari bisa menguras baterai smartphone Anda.

6. Batasi Penggunaan Aplikasi Latar Belakang

Cara menghemat baterai smartphone selanjutnya yaitu dengan cara membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi-aplikasi ini biasanya tetap bekerja, menguras data internet dan baterai meski tidak sedang digunakan.

7. Non-aktifkan Screensaver

Tampilan layar yang menarik dan unik memang disukai sebagian pengguna smartphone, seperti mengganti tampilan layar dengan screensaver.

Tapi tahukah Anda jika sreensaver ini juga bisa membuat smartphone menjadi boros baterainya.

Sebenarnya fitur ini tidak begitu penting. Jadi sebaiknya fitur ini tidak dinonaktifkan agar baterai smartphone tetap hemat, apalagi jika daya baterai tinggal sedikit. Wah, alangkah baiknya segera dimatikan deh!

8. Bersihkan File Cache

Setiap kali membuka dan menjalankan aplikasi smartphone, akan meninggalkan cache. Cache adalah file yang dibuat untuk menyimpan sementara dari semua aplikasi atau website.

Artinya semakin banyak file cache, smartphone juga bisa terasa lemoot karena memakan memori penyimpanan dan baterai juga cepat habis karena boros. Pastikan Anda menghapusnya setiap kali Anda membuka banyak aplikasi.

27 Cara Menghemat Baterai Smartphone untuk Semua Tipe, Terbaru 2020!

Cara menghapus cache pada smartphone sangatlah mudah, bisanya fitur ini tersedia pada menu pengaturan dan dibagian penyimpanan.

9. Aktifkan Power Saving (Penghemat Baterai)

Hampir setiap smartphone, terutama keluaran terbaru sudah dibekali fitur power saving atau save mode. Fitur ini tidak hanya menghemat data internet saja, tapi bisa menjaga umur baterai smartphone.

Fitur ini sangat penting karena bisa memangkas aplikasi mana saja yang sebaiknya berjalan di latar belakang sehingga baterai ponsel pun tidak cepat terkuras oleh aplikasi dan fitur yang tidak begitu dibutuhkan.

10. Nonaktifkan Fitur Auto Sync

Fitur auto sync berguna untuk mengecek informasi baru dari setiap aplikasi yang sudah diinstal pada smartphone seperti email, pesan atau notifikasi dari aplikasi media sosial.

Fitur automatic sync yang berjalan sepanjang hari ini bisa menguras baterai. Untuk menghemat baterai, Anda bisa mematikan fitur ini melalui Pengaturan smartphone Anda.

11. Update Sistem Operasi dan Aplikasi Smartphone

Tak sedikit loh, sistem operasi dan aplikasi smartphone yang bermasalah pada penggunaan baterainya memang butuh pembaruan. Sebab, sebagian besar pembaruan sistem atau aplikasi membawa peningkatan pada resource, seperti baterai, RAM dan memori internal.

Biasanya, aplikasi atau sistem operasi terbaru telah dioptimalkan sehingga bisa menghemat resource. Coba Anda cek siapa tahu terdapat notifikasi update pada sistem operasi atau aplikasi yang Anda install.

12. Jangan Biarkan Baterai Kehabisan Daya

Jangan biarkan smartphone sampai kehabisan daya. Pastikan Anda mencharger setiap kali ada kesempatan. Biarpun sedikit demi sedikit, namun cara ini efektif loh untuk mengatasi kebiasaan kehabisan daya dan menghemat daya baterai smartphone.

13. Matikan Fitur Getar (Vibrate)

Menurut sejumlah survei, fitur getaran pada smartphone memakan daya jauh lebih besar daripada ringtone. Entahlah hal ini benar atau tidak. Tapi untuk berjaga-jaga dan jika tidak begitu dibutuhkan, matikan saja fitur ini.

Jangan lupa matikan juga fitur haptic feedback untuk mengoptimalkan penghematan baterai smartphone kesayangan Anda.

14. Gunakan Selalu Baterai Original

27 Cara Menghemat Baterai Smartphone untuk Semua Tipe, Terbaru 2020!

Memilih perangkat yang murah memang tidak ada salahnya. Tapi kalau abal-abal dan justru bisa bikin baterai smartphone boros hingga rusak justru sebaiknya jadi pertimbangan.

Jika baterai sudah rusak, gantilah dengan baterai original atau setidaknya dengan merek yang sudah terbukti aman. Biarpun harga sedikit lebih mahal tapi awet itu jauh lebih baik daripada baterai yang KW atau abal-abal tapi bikin rusak dan menambah biaya service.

15. Atur Screen Timeout Smartphone

Jangan lupa atur ulang screen timeout atau waktu otomatis layar smartphone. Jika saat ini smartphone di setel selama 1 menit, coba kurangi menjadi 30 detik atau 15 detik saja.

Selain itu, untuk penghematan baterai yang maksimal matikan secara langsung layar smartphone jika sudah tidak digunakan.

16. Aktifkan Lockscreen Widget

Gunakan fitur locksreen widget. Melalui fitur ini Anda tidak perlu membuka kunci perangkat hanya untuk mengakses aplikasi. Karena dengan fitur ini Anda sudah bisa melakukannya dengan mudah.

Ini seperti sebuah short cut pada perangkat komputer. Waktu yang dibutuhkan jauh lebih cepat untuk mengakses aplikasi smartphone. Sehingga penghematan baterai menjadi lebih efektif.

17. Aktifkan Fitur Dar Mode

Cara ampuh menghemat baterai smartphone saat ini adalah dengan mengkatifkan mode malam atau dark mode (grayscale). Gak cuma smartphone saja, saat ini beberapa aplikasi seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan WhatsApp juga sudah punya fitur dark mode.

Gunakan juga walpaper gelap secara manual. Melalui cara ini dapat mengurangi daya yang diperlukan pada smartphone. Sehingga daya yang digunakan jauh lebih efisien.

18. Nonaktifkan Google Assistant

27 Cara Menghemat Baterai Smartphone untuk Semua Tipe, Terbaru 2020!

Google Assistant adalah layanan virtual yang memudahkan banyak pengguna. Cara kerjanya, mendengarkan perintah terhubung ke lokasi dan mengambil hasil kontekstual serta banyak lagi lainnya.

Jika tidak Anda gunakan, sebaiknya nonaktifkan saja fitur Google Assistant. Caranya masuk ke aplikasi Google dan tekan tab more. Pada Di sana, ketuk Pengaturan dan di bawah tajuk Google Assistant, ketuk Pengaturan lagi. Selanjutnya, pilih tab Asisten, ketuk nama smartphone Anda di bagian bawah daftar. Matikan opsi Google Assistant.

19. Matikan Fitur Smart Stay

27 Cara Menghemat Baterai Smartphone untuk Semua Tipe, Terbaru 2020!

Pada kebanyakan smartphone Samsung keluaran terbaru tersedia fitur yang dinamakan smart stay. Fitur ini membuat smartphone secara otomatis tetap menyala selama Anda menatap layarnya.

Walau terdengar cukup keren dan unik dibandingkan smartphone lain seperti Xiaomi, Oppo, Lenovo, ASUS dan brand lainnya. Tapi tahukah Anda jika fitur smart stay ini bisa berimbas pada baterai smartphone Samsung Anda?

20. Matikan Fitur Wakelocks

Berlawanan dengan fitur Deep Sleep, Wakelocks adalam kondisi dimana smartphone dipaksa untuk tetap aktif oleh sebuah layanan atau aplikasi.

Untuk mengehemat baterai smartphone Android Anda, sebaiknya fitur ini dimatikan saja. Carilah aplikasi yang bisa menyebabkan wakelocks. Anda bisa melakukannya secara manual atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Greenify.

21. Matikan Fitur Tweak WiFi

Beberapa smartphone seperti Samsung terbaru mempunyai pengaturan default secara aktif mencari dukungan WiFi. Jadi ketika ada jaringan WiFi maka akan langsung terhubung. Jika tidak ada, maka fitur ini akan terus menerus mencari sepanjang hari.

Supaya baterai smartphone lebih hemat, sebaiknya Anda nonaktifkan fitur ini. Caranya dengan masuk Settings > WiFi > More > Always allow scanning > Scan only while WiFi is On.

22. Matikan Fitur Briefing

Aplikasi baca berita seperti Briefing sebenarnya gak begitu penting. Apalagi kadang konten yang dihadirkan tidak sesuai selera. Selain itu, fitur briefing juga kadang secara otomatis melakukan sinkronisasi data.

Jadi, fitur ini sebaiknya Anda matikan dan menggantinya dengan aplikasi baca berita lain yang lebih sesuai dengan negara, minat berita yang kini sudah banyak di Google Play Store.

23. Matikan Layanan Data Push pada iPhone

27 Cara Menghemat Baterai Smartphone untuk Semua Tipe, Terbaru 2020!

Selanjutnya, cara mengemat baterai smartphone iPhone adalah dengan menonaktifkan fitur Data Push. Fitur ini biasanya secara default akan tetap menyala.

Data Push berguna untuk mengunduh semua email dan data ke dalam akun email. Jika satu akun saja bisa menguras baterai, bayangkan jika Anda memiliki lebih dari satu atau dua akun email.

Untuk mematikan pengaturan Data Push, silahkan masuk ke menu Setting > Mail > Accounts > Fetch New Data > Push. Ketuk tuas di samping Push untuk menonaktifkannya.

Catatan:

Dengan mematikan fitur Data Push pada iPhone, maka semua data yang masuk ke dalam akun email akan terhenti dan baru akan berjalan ketika Anda membuka akun email kembali.

24. Matikan Fitness Tracking

27 Cara Menghemat Baterai Smartphone untuk Semua Tipe, Terbaru 2020!

Fitness Tracking membantu mengontrol informasi kesehatan selama Anda melakukan latihan fitness. Saat pertama kali Anda menggunakan ponsel iPhone khususnya seri 5S ke atas, fitur ini secara default akan menyala.

Untuk mematikannya, silahkan masuk ke Setting – Privacy – Motion & Fitness – Fitness Tracking. Cara ini cukup efektif untuk menghemat baterai iPhone Anda.

25. Matikan Fitur AirDrop

Masih dengan cara menghemat baterai iPhone, Anda bisa mencoba mematikan layanan AirDrop. Layanan ini sudah tersedia untuk versi iOS 7 ke atas sampai yang terbaru.

Caranya mudah sekali, Anda tinggal mengusap layar iPhone dari atas ke bawah, kemudian klik AirDrop dan pilih Receiving. Anda bisa merasakan sendiri bagaimana konsumsi daya baterai iPhone jadi lebih hemat jika dimatikan.

26. Matikan Fitur Background App Refresh

27 Cara Menghemat Baterai Smartphone untuk Semua Tipe, Terbaru 2020!

Fitur Background App Refresh adalah fitur yang paling menguras baterai pada ponsel iPhone. Semakin banyak aplikasi yang berjalan di bakcground, maka daya baterai iPhone Anda pun semakin cepat habis.

Untuk menghemat baterai iPhone Anda, silahkan matikan fitur ini dengan cara masuk ke Setting – General – Background App Refresh. Matikan refresh untuk semua aplikasi dengan menggeser tuas di samping Background App Refresh.

27. Matikan Data Selular Smartphone

Cara menghemat baterai smartphone terakhir dari kami adalah mematikan internet dengan cara menonaktifkan data seluler smartphone. Jika fitur ini diaktifkan, apalagi jika daya baterai tinggal sedikit maka bisa lebih cepat habis.

Apalagi jika ditambahkan dengan banyaknya aplikasi yang berjalan dilatar belakang seperti WA, Facebook dan lainnya. Wal hasil baterai semakin cepat terkuras.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara menghemat baterai smartphone semua untuk tipe yang bisa langsung Anda coba terapkan jika mengalami masalah baterai cepat habis. Android Authority melaporkan hindari penggunaan smartphone sampai panas. Karena suhu tinggi pada smartphone bisa semakin menguras baterai dan memori. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.

Cara Reset Samsung Galaxy A30

Cara Reset Samsung Galaxy A30

Cara Reset Samsung Galaxy A30, jika kalian penggemar smartphone dual kamera, maka tentu sudah tidak asing lagi dengan gawai satu ini. Banderol harga Galaxy A30 2019 masih cukup lumayan. Dari hasil pantaun di beberapa situs jual beli di Indonesia, harganya rata-rata masih diatas 2,4 Jutaan untuk versi RAM 4GB, internal 64GB (Cek Disini).

Spesifikasi Galaxy A30 2019 memang cukup lumayan memikat. Salah satunya, kamera ganda 16MP+5MP dibagian sebagai senjata utamanya untuk membidik objek menjadi lebih apik. Sementera untuk kamera depan/selfie, gawai ini mengusung kamera tunggal 16MP.

Spesifikasi lain dari Galaxy A30 adalah layarnya yang lebar, yakni 6,4 inci Super AMOLED dengan resolusi 1.080×2.340 piksel. Desainnya terlihat semakin mewah dan berkelas dengan adanya sentuhan lekukan di keempat ujung sisinya. Apalagi, seluruh bodinya sudah dilapisi pelindung Gorilla Glass 3, ya walaupun sebenarnya bodinya terbuat dari bahan plastik.

Untuk performanya, ponsel dual kamera ini mengandalkan prosesor Exynos 7904 yang dipadu CPU Octa-core, GPU Mali-G71 2MP dan dua pilihan RAM yaitu 3GB dan 4GB. Sedangkan kapasitas penyimpanannya tersedia dua pilihan juga, yaitu 32GB dan 64GB. HP ini juga dilengkapi teknologi pemindai sidik jari dibagian belakang bodi, Fast charging, serta baterai bongsor 4.000 mAh.

Nah pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi cara me- reset Samsung Galaxy A30 2019. Cara ini dapat menghapus seluruh data, aplikasi, pola atau kunci layar serta mengembalikan hp Galaxy A30 ke pengaturan pabrik, jadi seperti baru lagi. Yuk simak tutorialnya dibawah ini.

Reset Samsung Galaxy A30 2019

Sebelum menuju topik pembahasan, ada beberapa poin yang harus kalian ketahui, salah satunya metode reset Samsung Galaxy A30. Ada dua metode atau cara yang dapat dilakukan yaitu Factory Reset dan Hard Reset. Walau sama, tapi kedua caranya berbeda. Simak selengkapnya dibawah ini.

Hard Reset Samsung Galaxy A30

Silahkan ikuti langkah-langkah hard reset hp Galaxy A30 dibawah ini:

1. Tekan tombol daya beberapa detik, kemudian pilih Restart (Klik dua kali).

2. Ketika hp mulai bergetar dan muncul logo Samsung, tekan dan tahan tombol volume atas+tombol power beberapa detik.

3. Lepaskan kedua tombol saat mulai muncul Menu Recovery.

4. Selanjutnya, pilih Wipe data/factory reset. Gunakan tombol power untuk memilih dan tombol volume atas dan bawah untuk bergulir.

Cara Reset Samsung Galaxy A71

5. Ketika muncul menu Wipe all user data?, Pilih Yes dengan menggunakan tombol daya. Tunggu proses reset data sampai selesai. Selanjutnya, hp Galaxy A30 akan kembali ke Menu Recovery.

Cara Reset Samsung Galaxy A71

6. Langkah terakhir, pilih Reboot system now. Dan tunggu hp melakukan restart pertama kalinya setelah dilakukan reset.

Cara Reset Samsung Galaxy A71

Proses ini mungkin memakan waktu cukup lama daripada biasanya. Jadi tidak perlu khawatir. Tapi yang perlu diperhatikan adalah kapasitas baterai hp jangan sampai dibawah 50% saat kalian akan melakukan hard reset.

Banyak pengguna hp Android yang gagal bootloop atau logo stuck (berhenti) sampai di logo saja, ya salah satunya karena masalah kapasitas baterai tidak cukup. Untuk antisipasinya, lebih dicharger dulu sampai penuh.

Factory Reset Samsung Galaxy A30

Factory reset hampir sama dengan hard reset, yaitu menghapus semua data, pengaturan, dan seluruh aplikasi yang sudah diinstal dari Samsung Galaxy A30. Sehingga, hp akan terasa lebih maksimal karena seperti baru dan baterai juga lebih awet karena tidak banyak aplikasi yang berjalan dilatar belakang.

Simak langkah demi langkah factory reset Samsung Galaxy A30 paling mudah dibawah ini.

1. Nyalakan hp dengan cara menekan tombol power. Jika sudah dalan kondisi nyala, skip langkah ini.

2. Selanjutnya, buka Menu Utama -> Settings -> General Management.

Cara Reset Samsung Galaxy A71

3. Kemudian pilih menu Reset -> Factory Data Reset.

Cara Reset Samsung Galaxy A71

4. Konfirmasi lagi dengan memilih Reset, dan terakhir pilih Delete All.

Selesai. Silahkan tunggu proses penghapusan seluruh data hp sampai selesai. Biasanya hp akan melakukan restart, tapi ada juga yang tidak sama sekali. Selanjutnya, kalian dapat melakukan konfigurasi ulang pada hp Galaxy A30 kalian setelah direset.

Video Reset Samsung Galaxy A30

Dibawah ini penulis lampirkan salah satu video yang mungkin bisa memudahkan kalian mempelajari cara reset Samsung Galaxy A30.

Penutup

Demikian ulasan cara reset Samsung Galaxy A30 yang menurut penulis cukup lengkap dan dapat dipraktikkan secara langsung sendiri.

Sekali lagi penulis ingatkan, melakukan reset berarti kalian menghapus seluruh isi didalam smartphone, jadi pastikan kalian memiliki backup data, alamat email serta password akun-akun yang kalian gunakan.

Sehingga, ketika ponsel selesai direset kalian dapat login ulang menggunakan email dan password tersebut. Selain itu, pastikan juga kalian menghafal email dan password yang kalian gunakan untuk membuat akun Google karena biasanya hp Samsung yang baru atau setelah di reset akan minta verifikasi ulang akun Google. Jika kalian lupa, silahkan ikuti panduan Cara Bypass Akun Google Semua Tipe HP Samsung DISINI

Cara Reset Samsung Galaxy A71

Cara Reset Samsung Galaxy A71

Cara Reset Samsung Galaxy A71 adalah metode yang paling mudah dilakukan jika hp mengalami masalah software dan kendala lainnya seperti lemot, terkena virus atau lupa pola password kunci layar.

Sayangnya, tidak semua pengguna Galaxy A71 bisa melakukan reset pada perangkatnya sendiri. Itu artinya, banyak sekali pengguna yang lebih memilih membawanya ke jasa service smartphone terdekat ketika smartphone mengalami masalah software dan hardware.

Padahal jika mau memanfaatkan internet, banyak sekali informasi yang bisa didapat, salah satunya terkait cara reset Samsung Galaxy A71.

Untuk kalian yang sedang mencari tutorialnya, kebetulan sekali karena pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi step by step untuk mengembalikan hp Galaxy A71 ke pengaturan pabrik (default).

Seluruh data yang tersimpan, aplikasi, serta pengaturan yang sebelumnya diterapkan akan dihapus. Jadi, pastikan kalian sudah membackup seluruh data-data yang penting agar tidak kehilangannya.

Seperti diketahui, Samsung Galaxy A71 ditenagai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 730, RAM 6GB/8GB, 4 kamera dengan masing-masing resolusi 64MP, 12MP, 5MP dan 5MP, kamera depan 32MP, layar lebar 6,7 inci, baterai bongsor 4.500 mAh serta berbagai macam teknologi canggih sehingga semakin power full ketika digunakan untuk menjalankan berbagai multitasking para pengguna Samsung.

Reset Samsung Galaxy A71

Meski dibekali beragam spesifikasi kelas atas, tapi bukan berarti hp Galaxy A71 tidak akan mengalami masalah. Yang namanya error pasti selalu ada, salah satunya lupa pasword atau pola kunci layar yang paling sering terjadi.

Dan masih banyak lagi masalah software lainnya yang menyebabkan hp Galaxy A71 mau tidak mau harus di reset. Nah berikut cara hard reset dan factory reset Samsung Galaxy A71 lengkap dan mudah bahkan untuk kalian yang masih pemula sekaligus.

Hard Reset Samsung Galaxy A71

1. Pastikan hp Galaxy A71 baterainya diatas 50 persen. Jika perlu charger terlebih dulu untuk antisipasi terjadinya masalah saat di reset.

2. Dalam kondisi nyala, tekan secara bersamaan tombol daya (power)+volume bawah selama beberapa detik.

3. Ketika layar berubah jadi gelap, langsung ganti tekan tombol daya(power)+volume atas. (Ingat harus cepat ya). Tahan kedua tombol beberapa detik juga.

4. Ketika muncul logo Samsung Galaxy, lepaskan kedua tombol tadi.

5. Setelah itu, akan muncul menu-menu recovery. Silahkan pilih Wipe data/factory reset. Gunakan tombol volume untuk bergulir dan tombol power untuk memilih.

Cara Reset Samsung Galaxy A71

6. Ketika muncul tulisan Wipe all data user? Gulir lalu pilih Yes.

Cara Reset Samsung Galaxy A71

Tunggu beberapa saat sampai hp Galaxy A71 melakukan reset dan menghapus seluruh data yang ada.

7. Terakhir, pilih menu Reboot system now. Dan hp akan melakukan restart untuk pertama kalinya setelah direset.

Cara Reset Samsung Galaxy A71

Setelah berhasil di hard reset, proses restart Samsung Galaxy A71 untuk pertama kalinya mungkin sedikit agak lama. Jadi, kalian jangan kaget atau bingung karena ini bukan error. Tapi, jika hp Galaxy A71 tidak jalan-jalan atau berhenti sampai muncul logo Samsung Galaxy, maka bisa jadi hp kalian mengalami error logo stuck. Tapi tenang saja, error seperti ini masih dapat diatasi dengan mudah kok.

Simak juga video tutorialnya dibawah ini:

Factory Reset Samsung Galaxy A71

Untuk metode factory reset Samsung Galaxy A71 hampir sama seperti cara reset hp Android lainnya, yaitu dengan catatan hp masih dapat mengakses menu atau pengaturan hp. Berikut langkah-langkah mudahnya:

1. Buka menu Pengaturan (Settings) hp Samsung Galaxy A71, selanjutnya pilih Manajemen umum (General management).

Cara Reset Samsung Galaxy A71

2. Selanjutnya pilih Reset -> Reset Data Pabrik (Factory Data Reset).

Cara Reset Samsung Galaxy A71

3. Konfirmasi ulang dengan memilih Reset.

4. Kemudian pilih Delete All.

Tunggu proses factory reset sampai selesai. Mungkin sedikit memakan waktu cukup lama, karena tergantung dari data, aplikasi dan pengaturan yang sudah diterapkan sebelumnya. Semakin banyak data, dan aplikasi mungkin sedikit lebih lama.

Simak juga video tutorialnya dibawah ini:

Penutup

Demikian ulasan cara reset Samsung Galaxy A71 yang mudah dilakukan, termasuk bagi kalian yang masih pemula atau sama sekali belum pernah melakukan reset.

Ingat, mereset smartphone artinya menghapus seluruh data termasuk aplikasi, dokumen (foto, video, musik, dll) serta seluruh pengaturan yang ada. Smartphone akan kembali ke default atau bawaan pabrik, lebih tepatnya seperti baru lagi.

Pastikan kalian sudah membackup seluruh data yang penting, termasuk alamat email serta password yang digunakan untuk akun Google Samsung Galaxy A71. Karena biasanya, setelah direset, kalian akan diminta untuk memverifikasi Akun Google yaitu memasukkan alamat email serta password yang sebelumnya sudah didaftarkan.

Simak juga: 4 Cara Melewati atau Bypass FRP Lock Akun Google untuk Semua Tipe HP Samsung

Demikian, semoga membantu dan bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis dikolom komentar ya. Terima kasih.

Cara Reset Smartphone Samsung Lainnya:

4 Cara Lewati (Bypass) FRP Lock Verifikasi Akun Google HP Samsung

4 Cara Lewati (Bypass) FRP Lock Verifikasi Akun Google HP Samsung

Banyak yang mengeluh setelah smartphone Samsung di reset atau melakukan setelan ulang pabrik diminta untuk memasukkan verifikasi akun Google yaitu mengisi alamat email dan beserta password.

“Perangkat ini disetel ulang. Untuk melanjutkan, masuk dengan Akun Google yang sebelumnya disinkronkan pada parangkat ini” kurang lebih begitulah bunyi pesan keamanan FRP atau Factory Reset Protection Android.

3 Cara Lewati (Bypass) FRP Lock Verifikasi Akun Google HP Samsung

Nah, pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi cara bypass atau melewati proses verifikasi Akun Google pada smartphone yang telah direset, terutama untuk tipe Samsung.

Tipe hp lainnya mungkin bisa disesuaikan saja caranya.

Cara Bypass Akun Google, Factory Reset Protection Android Samsung

Cara bypass atau untuk melewati proses verifikasi akun Google pada smartphone tipe Samsung Galaxy A, J, M dan Note setelah di reset berdasarkan pengalaman penulis ada 4 cara.

Untuk menemukan langkah yang tepat dari tiga cara bypass ini pada smartphone kalian, coba saja satu persatu terlebih dahulu sebelum akhirnya kalian menyerah dan memutuskan untuk membawanya ke Service Center Samsung.

#1. Bypass via RealTerm

Intinya, cara ini memaksa smartphone agar bisa terhubung dengan internet dan melakukan panggilan ke nomor lain.

Syarat bypass via realterm adalah

Kalau bahan yang dibutuhkan diatas sudah disiapkan, langsung saja eksekusi smartphone kalian dengan langkah-langkah bypass dibawah ini.

1. Hubungkan smartphone Samsung dengan PC atau komputer menggunakan kabel USB.

Pastikan smartphone dalam kondisi hidup dan masih dalam posisi minta di “verifikasi Akun Google”

2. Buka Device Manager di PC (Caranya: klik Start -> Klik Kanan Computer -> Properties -> Device Manager).

3. Pada list Device Manager yang ada, cari Samsung Mobile USB Modem, kemudian klik kanan dan pilih Properties.

3 Cara Lewati (Bypass) FRP Lock Verifikasi Akun Google HP Samsung

4. Pada tab Samsung Mobile USB Modem, pilih Modem dan catat pada Port berapa smartphone Samsung kalian terhubung.

5. Buka dan jalankan aplikasi Realterm. Kemudian pilih tab Port, masukkan Port device manager yang sebelumnya sudah kalin catat.

3 Cara Lewati (Bypass) FRP Lock Verifikasi Akun Google HP Samsung

6. Kemudian klik Change. Selanjutnya, pada tab CTS dan DSR akan muncul indikator warna hijau.

7. Pilih tab Send. Copy atau tuliskan kode perintah ini.

at+creg?\r\n

8. Klik Send ASCII

Kalian akan melihat sejumlah kode-kode unik yang muncul di layar yang menandakan bahwa kartu SIM kalian sudah terdaftar di provider seluer, jika belum maka tidak akan muncul.

3 Cara Lewati (Bypass) FRP Lock Verifikasi Akun Google HP Samsung

9. Ketikkan lagi perintah kode dibawah ini pada kolom yang sama diatas.

atd0812xxxxxxx;\r\n

Note: ganti kode 0812xxxxx diatas dengan nomor handphone (HP) yang kalian yang aktif dan dapat dihubungi.

10. Klik Send ASCII. Selanjutnya, nomor yang diinput diatas akan menerima panggilan. Langsung angkat saja panggilan itu ya.

3 Cara Lewati (Bypass) FRP Lock Verifikasi Akun Google HP Samsung

Pada saat panggilan tersebut diangkat, geser ke kanan hingga muncul tombol Internet. Klik tombol Internet dan buka dengan Google Chrome. Setelah Google Chrome terbuka, buka url link berikut :

https://bit.ly/2XCgSAE

Link adalah link download apk Quickshortcutmaker. Setelah di download, install aplikasi tersebut di smartphone.

Pemasangan aplikasi non Play Store biasanya akan dicekal, caranya pilih Setelan dan aktifkan Sumber tidak dikenal seperti dibawah ini.

Selanjutnya, pasang ulang aplikasi apk Quickshortcutmaker. Kemudian buka aplikasinya dan ikuti panduan-panduannya dibawah ini.

11. Cari Pengelola Akun Google yang ada tulisannya “Ketikkan email dan sandi”. Pilih Coba.

3 Cara Lewati (Bypass) FRP Lock Verifikasi Akun Google HP Samsung
3 Cara Lewati (Bypass) FRP Lock Verifikasi Akun Google HP Samsung

12. Selanjutnya, kalian akan diminta untuk memasukkan password email. Jika lupa, ketik titik tiga dibagian pojok kanan atas dan pilih Masuk browser.

3 Cara Lewati (Bypass) FRP Lock Verifikasi Akun Google HP Samsung

13. Masukkan alamat email yang baru dan passwordnya. Atau kalian juga bisa mengisinya dengan alamat email dan password yang kalian hafal.

14. Terakhir, restart smartphone.

Jika cara diatas dilakukan dengan benar, maka proses verifikasi Akun Google pada smartphone Samsung tidak akan muncul lagi.

#2. Bypass via SideSync

Selanjutnya, bypass atau cara melewati proses verifikasi Akun google dapat juga dilakukan dengan aplikasi SideSync. Silahkan siapkan alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan dibawah ni.

Selanjutnya, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Buka dan jalankan aplikasi SideSync

2. Hubungkan smartphone Samsung ke PC atau laptop menggunakan kabel USB. Pastikan masih dalam tahap “verifikasi Akun Google“.

3. Dilayar smartphone akan muncul popup “Anda akan dibawa ke Galaxy Apps…..”

4. Klik OK. dan bukan dengan Google Chrome

5. Saat Google Chrome terbuka, buka link dibawah ini.

https://bit.ly/2TJGL0l

Diatas adalah link download apk BYPASS Samsung.

6. Install aplikasi Bypass Samsung di smartphone kalian. Jika dicekal, coba buka Pengaturan dan aktifkan centang Sumber tak dikenal. Kemudian Install ulang.

7. Setelah berhasil diinstal, buka aplikasinya. Setelah terbuka, biasanya akan langsung menuju Setelan atau Pengaturan smartphone. Langsung saja pilih Reset data pabrik dan hapus semua.

8. Setelah smartphone di restart, maka proses verifikasi akun google tidak akan ada lagi.

#3. Bypass via Odin Flasher

Cara bypass frp Samsung selanjutnya adalah menggunakan Odin flasher. Mungkin sebagian dari kalian sudah ada yang sering mendengar nama aplikasi ini, terutama yang sering oprek-oprek Android.

Namun, sebelum menuju langkah-langkahnya, silahkan siapkan alat dan bahan yang diperlukan:

  • PC atau komputer
  • Kabel USB
  • Samsung Android USB
  • Odin Flasher (Download DISINI)
  • Samsung Tipe chipset Qualcomm (Download) – Samsung tipe chipset Exynos (Download)

Untuk tipe chipset Samsung yang kalian gunakan, silahkan cek saja diinternet atau situs informasi spesifikasi smartphone juga banyak.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Jalankan Odin Fhlaser yang sudah kalian instar sebelumnya. Pastikan kalian memilih versi 3_v3.12.3 ke atas.

2. Pastikan smartphone dalam Mode Download. caranya tekan tombol Power+volume bawah secara bersamaan beberapa detik. Setelah muncul logo Samsung lepaskan kedua tombol tadi.

Note: Setiap tipe smartphone Samsung ungkin berbeda cara untuk masuk mode download. Silahkan cari tutorialnya sudah banyak yang menyediakan.

3. Sambungkan ponsel ke pc atau komputer dengan kabel USB.

4. Pada aplikasi Odin Flsher jika sudah tersambung akan terdeteksi Added!!, [COM] pada bagian ID:COM. Jika tidak, mungkin kabel USB yang kalian gunakan bermasalah.

5. Selanjutnya, klik tombol AP. Cari berkas dimana driver tipe chipset (Qualcomm atau Exynos) smartphone yang sudah kalian unduh sebelumnya tersimpan.

6. Klik Start. tunggu prosesnya kurang lebih 1 menitan.

7. Biarkan smartphone melakukan restart. Jangan lepaskan kabel USB yang tersambung sampai kode PASS pada Odin Flasher.

8. Kalau sudah muncul. Lepaskan kabel USB dari smartphone dan nyalakan ulang, masukkan alamat email dan password yang kalian hafal.

Sampai disini, seharusnya hp kalian bisa melewati proses verifikasi akun google. Jika tidak berhasil, coba cara terakhir dibawah ini.

#4. Bypass via Google FRP Bypass

Langsung saja, siapkan dulu alat dan bahan yang dibutuhkan untuk proses bypass frp Samsung dibawah ini:

Note: Download bahan pertama dan kedua, lalu simpan keduanya didalam microSD

Selanjutnya, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Pastikan smartphone yang minta verifikasi akun google bisa terhubung ke internet. Bisa dengan Wifi atau hotspot jika tidak punya jaringan Wifi dirumah.

2. Nyalakan hp. Ketika sampai pada menu Selamat Datang, silahkan lanjut ke pilih bahasa dan pilih tanda panah untuk melanjutkan.

3. Hubungkan hp ke jaringan internet atau Wifi. Klik tombol Next untuk melanjutkan.

4. Pada menu Terms of service, silahkan centang dan Next untuk melanjutkan.

5. Pada saat hp mulai muncul proses “memeriksa pembaruan system/software update”, segera matikan jaringan Wifi atau hotspot. (Pastikan cepat tidak lambat mematikannya).

Cara ini untuk menggagalkan proses update atau loading menuju menu pengaturan kunci layar (lockscreen) hp.

6. Jika muncul gagal memeriksa pembaruan, silahkan klik Next saja.

7. Saat muncul menu pengaturan kunci layar (lockscreen). Silahkan isi nama dan klik Next. Kemudian buatlah kunci pola layar yang mudah diingat. Kalau sudah selesai membuat pola layar, klik tombol back sampai ke layar awal smartphone yang bertuliskan Welcome atau Selamat Datang.

8. Matikan layar smartphone, kemudian hidupkan kembali layar smartphone. Kalian akan melihat layar yang sudah memiliki pola.

9. Klik ikon kamera pada sisi kanan bawah pola. Gunakan kamera untuk mengambil foto apa saja. Klik dan tahan foto tersebut, kemudian pilih bagikan via Email.

10. Masukkan alamat email yang kalian mhafal atau ingin digunakan. Jika sudah, klik bagian Lampirkan. Tahan dulu sampai disini.

11. Masukkan microSD yang berisikan dua bahan yang sebelumnya sudah kalian download.

12. Lanjut pada menu my file / file pada email, cari dua file apk yang sudah di disimpan didalam microsD. Pilih dan klik simpan di pojok kanan atas.

13. Tap apk google-frp-bypass.apk baru saja kalian lampirkan dan pilih Install. Jika gagal karena muncul notifikasi keamanan, klik Buka -> Pengaturan -> Keamanan -> Sumber tidak dikenal > Aktifkan. Jika sudah berhasil terinstal, klik atau pilih selesai.

14. Selanjutnya, tap pada apk com.frpbypass-10, install seperti cara nomor 13. Jika sudah berhasil, kilik buka. Di pojok kanan atas, klik titik tiga lalu pilih masuk ke Browser atau Sigin. Masukkan alamat email dan password yang kalian hafal.

15. Tekan tombol back atau kembali, sampai ke layar bertuliskan Welcome atau Selamat datang. Lanjutkan saja setiap perintah yang ada. Ketika masuk ke proses verifikasi akun google, kalian akan melihat layar bertuliskan “Akun telah di tambahkan”. Selanjutnya, ikuti langkah-langkahnya saja sampai berhasil ke homescreen.

Sampai disini, seharusnya cara-cara diatas dapat berhasil.

Penutup..

Demikian ulasan tentang cara bypass atau melewati verifikasi akun google (FRP) Lock pada hp Samsung yang dapat penulis bagikan pada kesempatan kali ini.

saran penulis, sebaiknya kalian menyimpan alamat email beserta password yang kalian gunakan pada saat membeli smartphone. Hal ini untuk menghindari lupa password ketika proses verifikasi akun google ketika ponsel di reset.

Demikian, semoga bermanfaat…!!

Cara Reset Samsung Galaxy A20

Cara Reset Samsung Galaxy A20

Cara Reset Samsung Galaxy A20, Buat kalian yang mungkin smartphone Samsungnya mengalami error atau masalah, seperti harus direset sebaiknya pikir-pikir dulu deh untuk membawanya ke konter atau tukang service. Sebab, saat ini ada banyak sekali cara mudah yang bisa kalian pelajari diinternet dan pastinya bisa langsung diterapkan sendiri.

Seperti tutorial reset Samsung Galaxy A20 kali ini. Nah, sedikit berbicara tentang spek smartphone satu ini memang secara khusus untuk kaum mileniar dikalangan kelas menengah.

Spesifikasi Galaxy A20 tentu masih diatas spek Galaxy A10, tapi ya masih tetap dibawah Galaxy A30 dan juga Galaxy A50 dimana keempat smartphone ini adalah keluarga Galaxy A Series yang diluncurkan brand asal Korea ini untuk Tahun 2019.

Tapi tenang aja, walau memiliki banyak perbedaan dan juga spesifikasi yang cukup signifikan, tapi menurut penulis harga keempat hp Android Galaxy A Series 2019 ini masih tergolong ramah dikantong, begitu juga untuk harga Galaxy A20.

Walau banyak didukung melalui fitur dan spesifikasi kelas atas, bukan berarti kedepannya smartphone ini tidak bakal mengalami masalah apapun.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan smartphone bermasalah, salah satunya kurangnya pengetahuan pengguna saat menggunakannya. Dan tidak menutup terjadi error pada software dan juga hardware, yang kemungkinan harus direset.

Reset Samsung Galaxy A20

Sebelum menuju topik pembahasan, ada dua metode yang bisa kalian gunakan untuk me-reset Samsung Galaxy A20 yang bisa kalian ikuti. Yaitu Factory Reset serta Hard Reset, silahkan simak detailnya kedua metode tersebut dibawah ini.

Hard Reset Samsung Galaxy A20

1. Matikan ponsel Galaxy A20 yang akan kalian reset. Tekan tombol power sebanyak dua kali, kemudian pilih Restart jika masih dalam kondisi hidup.

2. Tekan tombol Volume atas+Tombol daya secara bersamaan beberapa detik. Saat muncul logo Samsung, lepaskan kedua tombol itu.

3. Kalian akan masuk kedalam menu Recovery Samsung, didalam menu tersebut, silahkan pilih Wipe data/factory reset.

Cara Reset Samsung Galaxy A20

Tips : Gunakan tombol volume atas dan bawah untuk bergulir, dan tombol daya untuk memilih. Sebab, didalam menu ini seluruh tombol tidak akan berfungsi kecuali kedua tombol tersebut.

4. Lanjutkan dengan memilih Yes. Tungguhlah beberapa saat sampai proses reset data selesai dan ponsel Galaxy A kembali ke menu recovery.

Cara Reset Samsung Galaxy A20

5. Setelah berada didalam menu recovery, silahkan pilih menu Reboot system now.

Cara Reset Samsung Galaxy A20

Kemudian, tunggu beberapa detik sampai proses restart selesai dan kalian diminta untuk mengikuti instruksi dan memasukkan alamat email Gmail dan juga password yang kalian gunakan.

Factory Reset Samsung Galaxy A20

1. Pertama, silahkan buka hp Galaxy A20 yang akan direset.

2. Silahkan masuk ke menu utama, Pengaturan (Settings) –> Manajemen umum (General management).

Cara Reset Samsung Galaxy A20

3. Selanjutnya, pilih menu Reset –> Hapus Data Pabrik (Factory Data Reset).

Cara Reset Samsung Galaxy A20

4. Konfirmasi ulang dengan menekan menu pilihan Reset.

5. Terakhir, klik perintah Delete All dan tunggu proses reset data hp Galaxy A series kalian sampai selesai dilakukan.

Cara Reset Samsung Galaxy A20

Biasanya, jika ponsel berhasil direset akan langsung melakukan restart secara otomatis, tapi tidak semua ponsel sama.

Ada juga yang setelah dilakukan factory reset akan kembali ke menu pengaturan. Jika demikian, silahkan restart secara manual dan jangan lupa masukkan juga alamat email Gmail serta password email kalian untuk login.

Tips: Pastikan daya baterai smartphone diatas 50 persen atau lebih baik penuh. Selain itu, jangan lupa backup data-datanya seperti foto, video atau dokumen lain untuk berjaga-jaga kehilangan data.

Kesimpulan

Itulah dua metode reset yang bisa kalian terapkan pada hp Samsung Galaxy A20. Dari kedua metode yang sudah penulis jelaskan diatas, hard reset merupakan metode yang paling sering dicari dan banyak digunakan oleh pengguna.

Sebenarnya, tidak ada cara yang mudah dan paling mudah jika kalian malas untuk menerapkan atau sama sekali tidak mau mempelajarinya.

Banyak cara dan metode yang dapat penggunakan pakai untuk memulihkan hp Galaxy A20 yang bersamalah, seperti terkunci karena lupa password. Dan salah satu cara tersebut adalah direset seperti tutorial diatas.

4 Populer Cara Reset Smartphone Samsung

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy S9 Series Mudah dan Cepat

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy S9 Series Mudah dan Cepat

Bingung cari cara reset Samsung Galaxy S9? Faktanya, masih banyak pengguna smartphone yang tak tahu kalau hp Androidnya bisa mudah direset. Jika hal ini kalian alami, cobalah simak tutorial lengkapnya dibawah.


Sebelum menuju topik cara factory dan hard reset Galaxy S9 Series, penulis ingin berbagi sedikit pengalaman dan banyaknya hal yang menyebabkan banyak kenapa smartphone bisa terkunci dan terpaksa harus di hard reset.

Dari banyak kasus yang sering penulis alami, lupa atau salah memasukkan pola, PIN, ataupun password adalah yang paling banyak terjadi. Karenanya pengaturan smartphone tidak dapat diakses kembali, maka mau tidak mau hp harus direset melalui menu recovery.

Sayangnya, metode ini dibutuhkan cara khusus dan gak semua orang bisa melakukannya. Apalagi jika kalian belum pernah sama sekali mereset smartphone Samsung jenis apapun.

Selain itu, dibutuhkan juga sedikit waktu dan cara yang khusus untuk mengembalikan data, aplikasi serta pengaturan serupa yang mungkin sudah kalian terapkan sebelumnya setelah hp Android direset. Tapi, setidaknya smartphone kalian dapat terselamatkan kembali dari kasus ini.

Reset Samsung Galaxy S9 Series

Untuk kalian yang mengalami masalah ini, berikut ulasan factory (soft) dan hard reset Samsung Galaxy S9 lengkap dibawah.

Untuk mulai menerapkannya, silahkan ikuti salah satu dari dua panduan reset Galaxy S9 semua tipe berikut ini.

Hard Reset Samsung Galaxy S9

Metode pertama yang dapat kalian terapkan untuk mengatasi Galaxy S9 yang terkunci atau tidak dapat dibuka passwordnya yakni dengan hard reset.

Langsung saja, silahkan ikuti panduan reset ponsel Galaxy S9 dibawah ini untuk lebih memahaminya.

1. Pertama, matikan ponsel Galaxy S9 Series kalian. Dan pastikan daya baterai sudah terisi penuh atau minimal 50 persen keatas.

2. Tekan Tombol Daya (Power)+Tombol Bixby+Volume Atas secara bersamaan beberapa saat.

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy S9 Series Mudah dan Cepat

3. Lepaskan ketiga tombol tersebut setelah ponsel muncul logo SAMSUNG.

4. Selanjutnya, ketika muncul Robot Android dengan tanda seru bewarna kuning serta perintah “No Command“, silahkan ketuk dibagian mana saja untuk melewatinya.

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy S9 Series Mudah dan Cepat

5. Setelah muncul menu Recovery, silahkan kalian pilih menu Wipe data/factory reset. (Gunakan tombol daya untuk memilih dan tombol volume atas serta bawah untuk bergulir ke menu lain).

6. Saat muncul menu “Delete all user data“, jangan lupa pilih Yes.

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy S9 Series Mudah dan Cepat

7. Setelah selesai dan kembali ke menu recovery, silahkan kalian pilih menu Reboot system now.

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy S9 Series Mudah dan Cepat

8. Selesai! Selamat kini ponsel Galaxy S9 kalian sudah berhasil di reset dan kembali normal seperti semula.

Factory Reset Samsung Galaxy S9

Cara kedua, langkah ini bisa dengan mudah kalian terapkan, asalkan selama kalian masih bisa mengakses kembali menu pengaturan (setting) didalam smartphone. Tapi, kalau tidak bisa ya sebaiknya kalian menggunakan metode pertama diatas.

Baikan, berikut cara factory reset hp Samsung Galaxy S9 untuk semua series lengkap yang mudah diterapkan.

  1. Buka pengaturan (setting) smartphone kalian masing-masing.
  2. Selanjutnya, pilih dan buka Pengaturan umum (General management).
  3. Kemudian klik Atur ulang (Reset) dan dilanjutkan kembali dengan memilih Reset Data Pabrik (Factory Data Reset).
  4. Langkah selanjutnya, klik tombol Reset berwarna biru.
  5. Terakhir, klik perintah Hapus Semua (DELET ALL). Dan tunggu proses penghapusan data, aplikasi serta pengaturan yang ada sampai selesai dilakukan oleh sistem Galaxy S9 kalian.

Setelah semua langkah tersebut diterapkan dan kalian berhasil mereset hp Galaxy S9, maka tugas selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah masuk kembali ke akun kalian masing-masing, seperti Gmail dengan password untuk pertama kali setelah smartphone Samsung direset.

Selanjutnya, install juga aplikasi dan terapkan juga pengaturan sesuai keinginan kalian masing-masing supaya mobilitas kalian lebih nyaman bersama ponsel Samsung.

Sampai disini tutorial reset ponsel Android terbaru dari penulis yang dapat dibagikan.

Semoga adanya informasi ini dapat membantu kalian semua yang sedang membutuhkannya.

Jangan lupa bagikan artikel ini di sosial media kalian seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp dan Line untuk membantu perkembangan situs kami. Terima kasih.

Kumpulan Reset Smartphone Samsung

Cara Factory Reset – Hard Reset Huawei P30 Lite [Terlengkap]

Cara Factory Reset - Hard Reset Huawei P30 Lite [Terlengkap]

Cara factory reset dan hard reset smartphone Huawei P30 Lite ternyata sangatlah mudah, kalian bisa mengikuti langkah cepatnya melalui artikel dibawah.

Mungkin, sebagian kalian masih menganggap jika mereset atau mengembalikan smartphone Huawei ke pengaturan pabrik (factory reset) ribet dan susah dilakuin, apalagi bagi yang masih awam.

Meski anggapan itu tak selamanya salah, tapi dengan belajar cara reset dibawah ini kalian bisa menerapkannya dilain waktu untuk mereset smartphone Huawei atau beberapa jenis smartphone Android lainnya. Simak sebagai berikut.

Reset Huawei P30 Lite

Melakukan reset Huawei P30 Lite sama halnya dengan menghapus seluruh data mulai dari dokumen, foto, musik, aplikasi serta pengaturan yang pernah kalian terapkan dan dikembalikan seperti pengaturan awal.

Jadi, buat kalian yang hendak melakukan reset baik pada hp P30 Lite atau lainnya, sebaiknya kalian sudah memback-up atau menyalin data penting lainnya.

Setelah semua tahapan atau proses tersebut dilakukan, silahkan simak cara reset ponsel Huawei dibawah ini.

i. Factory Reset Huawei P30 Lite

Hanya dibutuhkan waktu beberapa menit saja reset smartphone P30 Lite sampai benar-benar selesai dan 100% berhasil.

Silahkan simak langkah demi langkahnya dibawah ini untuk mengikuti tutorial factory reset hp P30 Lite.

1. Pertama, silahkan masuk ke menu pengaturan atau Settings Huawei P30 yang kalian gunakan.

Cara Factory Reset - Hard Reset Huawei P30 Lite [Terlengkap]

2. Setelah itu, gulir kebawah sampai kalian menemukan menu System.

3. Kemudian, pilih menu Reset dan Reset Phone.

4. Terakhir, konfirmasi dengan memilih Reset phone dan akhirnya dengan menekan menu pilihan Reset Phone.

Selamat, kini ponsel P30 Lite kalian sudah berhasil direset.

Kini saatnya kalian login kembali dengan akun Gmail yang kalian gunakan serta mengkontumisasi hp dengan pengaturan sesuai yang kalin inginkan.

Jangan lupa, install juga aplikasi yang kalian butuhkan untuk menunjang mobilitas kalian melalui smartphone P30 Lite.

ii. Hard Reset Huawei P30 Lite

Hard reset biasanya dilakukan jika factory reset sudah tidak dapat terapkan. Langkah ini biasanya dilakukan pengguna smartphone ketika mengalami lupa pola, PIN atau password Huawei P30 Lite.

Meski hal ini jarang terjadi, tapi tidak ada salahnya jika kalian mempelajari cara mudah hard reset terutama untuk kalian pengguna Huawei P30.

Silahkan simak langkah demi langkahnya dibawah ini.

1. Matikan ponsel P30 Lite jika masih dalam kondisi menyala.

2. Tekan secara bersamaan tombol volume atas dan tombol daya (power).

3. Setelah muncul menu recovery EMUI, pilih menu “Wipe data/factory reset”. Gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol daya untuk memilih.

4. KOnfirmasi lagi dengan memilih “Yes” dan pilih kembali “Wipe data/factory reset“.

5. Kemud pilih lagi “Wipe data/factory reset“. Dan tunggu proses penghapusan datanya sampai selesai.

6. Ketika muncul menu utama recovery EMUI, silahkan kalian pilih “Reboot systems now

Selesai! Kini ponsel P30 Lite kalian sudah berhasil direset dan kembali seperti semula bawaan pabrik.

Seluruh data, aplikasi yang sebelumnya sudah kalian terapkan akan terhapus dan hanya tersedia aplikasi bawaan.

Silahkan masukkan kembali akun Gmail yang sebelumnya kalian gunakan untuk mengakses dan merestore data yang sudah kalian backup.

Penutup

Itulah dia cara factory dan hard reset smartphone Huawei P30 Lite terlengkap dan terbaru yang dapat penulis bagikan melalui artikel kali ini.

Baca juga: Cara Factory Reset dan Hard Reset Samsung Galaxy A51

Jika ada yang masih kurang kelas dengan cara diatas, silahkan tinggalkan komentar kalian dibawah.

Mohon bantu juga share tutorial ini ke Facebook, Instagram, Twitter serta media sosial lainnya ya.

Cara Setting Sensor Fingerprint Under-Display Galaxy S20 Series Selalu Terlihat

Cara Setting Sensor Fingerprint Under-Display Galaxy S20 Series Selalu Terlihat

Bingung gimana cara menampilkan sensor sidik jari Samsung Galaxy S20 Series? Ingin membuat sensor fingerprint Galaxy S20 selalu terlihat? Ada kok cara mudah yang bisa kalian lakukan.

Pabrikan Samsung akhirnya resmi merilis smartphone flagship terbarunya, Galaxy S20 bersama dua varian lainnya yaitu S20+ (Plus) dan S20 Ultra. Harganya? Bisa kalian tebak sendiri, karena masuk jajaran flagship maka bisa dipastikan harganya juga bisa membuat kalian harus merogoh kocek sedikit dalam.

Untuk varian Galaxy S20, Samsung memberikan banderol Rp 12,99 juta, sedangkan untuk varian S20+ (Plus) dihargai Rp 14,49 Juta sementara untuk varian tertingginya, S20 Ultra harganya sampai Rp 18,49 Juta.

Maklumlah, flagship ini memang punya fitur premium serta desain yang mewah. Jadi gak heran kalau dibutuhkan

Dan salah satu fitur premium yang ditawarkan Galaxy S20 Series adalah sensor sidik jari ultrasonik yang ditanam dibawah layar berukuran 6,7 incinya.

Tapi, bagi sebagian pengguna, fitur premium sensor sidik jari under display Galaxy S20 Series ini akan terasa sangat sulit digunakan, apalagi jika kalian tidak melakukan pengaturan secara khusus.

Soalnya, selain sulit digunakan, kalian akan sulit mencari dimana sebenarnya letak sensor ultrasonik smartphone mewah Samsung ini.

Yuk cari tahu cara gimana cara mudah menampilkan sensor sidik jari Samsung Galaxy S20 Series berikut.

Sensor Fingerprint Under Display Galaxy S20 Series

Pengguna Galaxy S20 Series dapat mengatur tampilan sensor sidik jari (Fingerprint) Under Display untuk selalu terlihat. Opsi ini dapat dengan mudah diatur dengan cara dibawah ini:

1. Langkah pertama, buka menu Settings atau pengaturan.

2. Scroll kebagian bawah sampai menu lanjutan yaitu Biometrics & Security. Klik menu tersebut.

Cara Tampilkan Sensor Fingerprint Under-Display Samsung Galaxy S20 Series

3. Pilih menu selanjutnya yakni fingerprint, lalu masukkan PIN rahasia untuk proses verifikasi, dan tekan next atau lanjut.

4. pilih menu always on di sub menu display.

5. Jika cara ini diterapkan, maka tombol fingerprint akan muncul di seluruh layar ponsel Galaxy S20 series.

Perlu kalian ketahui, jika fitur sensor fingerprint dikatifkan secara konstan, maka penggunaan baterai Galaxy S20 Series bisa lebih boros!

Kesimpulan

Nah demikian ulasan singkat tentang cara menampilkan sensor sidik jari pada Galaxy S20 supaya terus terlihat secara konstan.

Meski cara ini bisa mengakibatkan baterai Galaxy S20 Series menjadi lebih boros, tapi menurut penulis cara ini bisa menjadikan kalian lebih nyaman dan mudah ketika mengakses sensor sidik jari.

Tapi, bagi kalian yang sudah mulai terbiasa, kalian bisa kembali menonaktifkan fitur ini.

Bagaimana menurut kalian sobat Widiynews.com? Semoga bermanfaat ya! Jangan lupa berikan tanggapan kalian dikolom komentar dan share artikel ini sebanyak-banyaknya ya!

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A70 Terbaru (100% Normal Lagi)

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A70 Terbaru (100% Normal Lagi)

Tutorial kali ini penulis ingin berbagi cara reset Samsung Galaxy A70. Jadi pas bangetkan buat kalian yang mengalami masalah dan smartphonenya terpaksa harus direset.


Samsung belakangan memang rajin meluncurkan smartphone untuk kalangan milenial terutama pasar kelas menengah yang menjadi banyak incaran para brand ponsel pintar.

Spesifikasi yang ditanamkan pun sangat beragam, mulai dual kamera, triple, hingga quad camera yang belakangan juga menarik perhatian.

Dan salah satu smartphone Samsung yang dikhususkan untuk kalangan milenial adalah seri Galaxy A, yaitu Galaxy A70. Ponsel ini mulai dipasarkan pada bulan Mei 2019 lalu.

Galaxy A70 bisa juga disebut sebagai varian murah Galaxy A71. Ya, meskipun ada yang lebih murah lagi, yaitu Galaxy A70s. Tapi dari sisi spesifikasi Galaxy A70 jauh lebih menarik.

Spesifikasi Galaxy A70

Spesifikasi Galaxy A70 ditunjang dengan berbagai macam hardware dan software terbaik untuk kalangan menengah.

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A70 Terbaru (100% Normal Lagi)

Samsung pun tak ragu-ragu untuk ikut bertarung dikalangan smartphone triple kamera dengan banderol harga terjangkau. Dan salah satu smartphone terbaik mereka dipasar ini adalah Galaxy A70 yang juga patut kalian perhitungkan.

Baca juga: Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A51 [100% Work]

Buat kalian yang doyan fotografi dan memang suka selfie, kalian akan dimanjakan dengan tiga kamera dibagian belakang, yaitu 32MP+8MP+5MP. Sedangkan untuk kamera depannya, Galaxy A70 mengusung kamera bongsor 32MP.

Tentunya, keduanya kamera ini dapat bekerja maksimal baik untuk sekedar berfoto maupun merekam video dengan kualitas UHD 4K.

Tak hanya kamera saja yang bisa dijadikan andalan, fitur premium lain yang ditawarkan Galaxy A70 juga pada kapasitas baterainya. Smartphone ini mengusung baterai 4.500 mAh serta fitur fast charging 25 watt. Oh ya, ini adalah smartphone dengan baterai terbesar di jajaran seri Galaxy A loh.

Fitur premium lain yang begitu kentara saat menggunakan Galaxy A70 tak hanya pada kamera dan baterai saja. Performanya juga tidak diragukan lagi.

Berbagai macam gim yang membutuhkan performa tinggi juga dapat dimainkan didalam smartphone ini. Dari sisi desain, ponsel ini juga tidak kalah mewah dengan ponsel brand lainnya yang satu jajaran dengannya.

Berikut spesifikasi lengkap Samsung Galaxy A70

Dimensi164.3×76.7×7.9mm
Berat183 gram
Layar & ResolusiSuper AMOLED 6.7 inci / 1.080×2.400 piksel
Sistem operasiAndroi 9.0 Pie
RAM & Memori128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM
ChipsetQualcomm SDM675 Snapdragon 675
CPUOcta-core (2×2.0 GHz Kryo 460 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 460 Silver)
GPUAdreno 612
Kamera belakang32 MP+8MP+5MP
Kamera selfie32MP
BateraiNon-removable Li-Po 4500 mAh
WarnaCoral, Blue, Black, White
FiturFast charging 25W, Fingerprint (under display, optical)
HargaRp 3,7 Jutaan (Cek di Bukalapak)

Cara Reset Samsung Galaxy A70

Seperti biasa, penulis selalu ingatkan jika kalian ingin melakukan reset pada smartphone pastikan daya baterai diatas 50%.

Langkah ini untuk mengantisipasi terjadinya masalah apapun yang terjadi ketika sedang melakukan reset, diantaranya bootloop atau logo stuck Android yang menyebalkan.

Langsung saja, silahkan simak cara reset Galaxy A70 lengkap dibawah ini.

Factory Reset Galaxy A70

1. Nyalakan smartphone, kemudian masuk ke menu Settings (Pengaturan) dan General management (Manajemen umum)

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A70 Terbaru (100% Normal Lagi)

2. Pilih Reset dan Factory data reset (Reset data pabrik).

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A70 Terbaru (100% Normal Lagi)
Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A70 Terbaru (100% Normal Lagi)

3. Dan konfirmasi ulang dengan memilih tombol Reset.

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A70 Terbaru (100% Normal Lagi)

3. Selanjutnya, pilih Delete All (Hapus semua).

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A70 Terbaru (100% Normal Lagi)

4. Tunggu proses reset Galaxy A70 sampai selesai. Lama proses ini biasanya tergantung dari sedikit dan banyaknya data serta aplikasi yang ada.

Semakin besar data yang dihapus, dan semakin banyak aplikasi yang diinstall, maka semakin lama pula prosesnya.

Hard Reset Galaxy A70

1. Pertama, dalam kondisi menyala, tekan tombol power hingga muncul menu Restart dan ketuk sebanyak dua kali.

2. Setelah muncul logo Samsung, tekan dan tahan tombol power dan volume atas secara bersamaan.

3. Lepaskan keduanya saat muncul menu Mode Recovery.

4. Selanjutnya, gunakan tombol volume untuk bergulir dan tombol daya untuk memilih. Pilih menu Wipe data/factory reset.

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A70 Terbaru (100% Normal Lagi)

5. Setelah itu, konfirmasi dengan memilih perintah Yes. Tunggu proses reset sampai selesai dan kembali ke menu Recovery.

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A70 Terbaru (100% Normal Lagi)

6. Pada menu tersebut, pilih menu Reboot system now. Tunggu proses restart smartphone Galaxy A70 sampai selesai.

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A70 Terbaru (100% Normal Lagi)

Selesai. Mudah sekali bukan?

Demikian tutorial reset Galaxy A70 yang dapat penulis bagikan pada artikel kali ini.

Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat, terutama bagi kalian yang mengalami masalah pada ponsel Samsung dan terpaksa harus direset.

Jangan sungkan berkomentar untuk menanggapi tutorial diatas ya sobat Widiynews.

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A51 [100% Work]

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A51 [100% Work]

Artikel kali ini Widiynews.com ingin berbagi cara factory / hard reset Samsung Galaxy A51 terbaru dari tim penulis. Cara ini sudah terbukti berhasil serta mudah dilakukan. Simak selengkapnya dibawah ini.


Desember 2019 lalu, brand smartphone terbesar didunia yaitu Samsung resmi meluncurkan Galaxy A51 yang harganya terjangkau. Pasalnya sih, hp ini adalah penerus Galaxy A50 yang diluncurkan satu tahun sebelumnya.

Baca juga: 2 Cara Hard Reset Samsung Galaxy A50 Terbaru 2020 Disertai Gambar

Ada banyak perubahan serta peningkatan yang dibenamkan Samsung pada Galaxy A51. Mulai dari sisi desain, spesifikasi, hingga performa ponsel Android ini. Maklumlah, ponsel ini memang menyasar kalangan kelas menengah terutama kalangan milenial.

Buat kalian yang penasaran dengan spesifikasinya dan sisi desainnya, Samsung emang gak ragu untuk terjun bertarung lewat banyak-banyakan kamera dibagian belakang.

Sementara sisi depannya, tampilan layar Samsung Galaxy A51 mengusung desain punch hole atau layar berlubang untuk kamera yang kini lagi ramai-ramainya dipakai banyak brand smartphone. Karena nampak lebih mewah dan keren, tak heran jika fitur ini banyak jadi perhatian.

Rasanya, punya smartphone mewah Samsung Galaxy A51 ini sudah cukup, apalagi buat kalian yang suka banget sama fotografi atau sekedar selfie.

Ditambah lagi baterai hp ini bongsor, yaitu 4.000 mAh dan ditunjang fitur Fast Charging. Main game seharian dan menjelajahi media sosial lewat jaringan internet cepat rasanya bakal aman dan nyaman.

Spesifikasi Samsung Galaxy A51

Pasar kelas menengah memang banyak jadi incaran brand smartphone. Gak heran juga si kalau Samsung ikut-ikutan menghadirkan beragam fitur canggih serta beberapa peningkatan pada Galaxy A51 kali ini. Simak spesifikasi lengkapnya dibawah.

Dimensi158.5×73.6×7.9 mm
Berat172 gram
Layar & ResolusiSuper AMOLED 6.5 Inci / 1.080 x 2.400 piksel
SistemAndroid 10 (One UI 2)
ChipsetExynos 9611
CPUOcta-core (4×2.3 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53)
GPUMali-G72 MP3
Kamera BelakangQuad camera (48MP+12MP+5MP+5MP), LED flash, panorama, HDR
Kamera Selfie32MP
BateraiNon-removable 4.000 mAh
WarnaPrism Crush Black, White, Blue, Pink
FiturFast battery charging, Sensors Fingerprint (under display, optical),
HargaRp 4,2 Jutaan (Cek Bukalapak)

Reset Samsung Galaxy A51

Banyak faktor kenapa pengguna memilih untuk melakukan reset Galaxy A51, salah satu diantaranya mungkin karena software yang bermasalah sehingga menyebabkan banyak aplikasi error.

Apalagi, jika kalian menggunakan custom ROM untuk Galaxy A51 yang tidak stabil, ditambah lagi bukan ROM asli dari Samsung. Hal ini juga bisa mengakibatkan sistem operasi error dan tidak berjalan normal.

Selain itu, kesalahan dan lupa PIN, atau pola password juga hampir banyak terjadi dikalangan pengguna smartphone. Selain melalui metode flashing, masalah terkait hal ini juga dapat diatasi dengan melakukan reset.

Berikut cara reset Samsung Galaxy A51 terlengkap.

Factory Reset Samsung Galaxy A51

1. Pertama, silahkan masuk ke dalam menu pengaturan smartphone Galaxy A51 kalian.

2. Kemudian, General management (Manajemen umum)

3. Selanjutnya, pilih menu Reset –> Factory data reset (Reset data pabrik).

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A51 [100% Work]
Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A51 [100% Work]

4. Konfirmasi dengan menekan perintah Reset dan akhiri proses ini dengan memilih Delete All (Hapus semua).

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A51 [100% Work]

Silahkan tunggu beberapa saat sampai ponsel kalian benar-benar selesai proses penghapusan data, pengaturan serta kembali seperti pengaturan bawaan.

Lama proses reset pada Galaxy A51 ini biasanya tergantung dari banyaknya data, serta aplikasi yang sebelumnya ada didalam perangkat.

Semakin banyak data dan aplikasi, maka biasanya prosesnya juga sedikit lama.

Pastikan juga, data baterai diatas 50%. Selain itu, pastikan juga kalian ingat alamat email dan password gmail yang kalian gunakan untuk login pertama kali di Galaxy A51.

Hard Reset Samsung Galaxy A51

1. Pertama, pastikan daya baterai Galaxy A51 yang akan di reset diatas 50% (Supaya tidak error, bootloop, atau logo stuck android)

2. Tekan tombol power dan volume atas secara bersamaan.

3. Lepaskan keduanya setelah muncul logo Samsung Galaxy

4. Setelah muncul menu recovery, pilih Wipe data/factory reset. Gunakan tombol volume untuk naik dan turun, dan tombol daya untuk memilih.

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A51 [100% Work]

5. Selanjutnya, konfirmasi lagi dengan memilih Yes dengan tombol daya. Silahkan tunggu sampai proses hard reset selesai.

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A51 [100% Work]

6. Terakhir, ketika sudah muncul menu Android recovery, silahkan pilih Reboot system now. Dan tunggu proses restart selesai.

Proses restart smartphone biasanya sedikit lebih lama dari biasanya. Jadi bagi kalian yang baru pertama melakukan tutorial ini jangan kaget dan bingung ketika menemui masalah ini.

Penutup

Me-reset Samsung Galaxy A51 sama halnya menghapus seluruh data, aplikasi dan pengaturan yang sebelumnya sudah kalian terapkan.

Smartphone akan kembali seperti semula persis seperti pertama kalian membeli smartphone dalam kondisi baru.

Jadi, penting sekali buat kalian yang sering menyimpan dokumen, atau foto terbaik yang kalian abadikan melalui kamera canggih Galaxy A51 untuk di backup lebih dulu supaya tidak hilang karena terhapus saat proses reset.

Penulis tidak menjamin akan risiko yang terjadi baik sebelum atau sesuah kalian melakukan reset seperti cara diatas ya.

Semoga cara reset Samsung Galaxy A51 ini dapat membantu kalian yang membutuhkannya!

Simak juga videonya dibawah ini.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Xiaomi Redmi 3 Pro, Dijamin Berhasil!

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Xiaomi Redmi 3 Pro, Dijamin Berhasil!

Sinyal Hilang Xiaomi Redmi 3 / 3 Pro – Salah satu masalah yang sering dialami pengguna Redmi 3 dan 3 Pro adalah sinyal hilang (No Service) atau malah sama sekali tidak support dengan jaringan 4G LTE.

Karena ini masalah umum, dan karena kebanyakan hp ini menggunakan ROM Distributor, jadi tak heran jika banyak masalah yang terjadi.

Baca juga: Cara Factory Reset dan Hard Reset Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Tak hanya dirundung masalah sinyal, seri Redmi 3 dan 3 Pro juga kerap mengalami masalah baterai boros, cepat panas, banyak iklan pop up, aplikasi error force close dan lemot saat dipakai.

Selain bajakan, ROM Distributor yang bukan versi resmi Xiaomi tersebut ternyata tidak stabil dan justru menyebabkan masalah seperti sinyal hilang pada Xiaomi Redmi 3.

Mengatasi Sinyal Hilang Xiaomi Redmi 3

Sinyal hilang Xiaomi Redmi 3 ini bisa saja terjadi pada smartphone yang kalian gunakan saat ini. Tapi tenang saja, karena sebenarnya masalah ini sudah banyak terjadi dan yang mengalaminya juga sudah banyak.

Dan dari beberapa kasus yang terjadi ini, banyak smartphone Redmi 3 yang dapat normal kembali. Ya, walaupun tidak jadi jaminan karena ada beberapa yang malah makin parah rusaknya.

Setidaknya, lebih baik mencoba daripada tidak sama sekali. Sekalipun gagal, kalian sudah belajar hal baru terutama mengatasi masalah sinyal hilang pada smartphone Xiaomi.

Untuk mengatasi masalah ini, dibutuhkan proses flashing, yakni menginstall ulang sistem operasi smartphone baik dengan custom room atau stock room (bawaan) yang lebih baru dan stabil.

Karena kita akan melakukan flashing, maka dibutuhkan perangkat PC atau komputer. Jadi, tanpa perangkat ini maka proses flashing Redmi 3 / 3 Pro sama sekali tidak dapat dilakukan.

Jadi, sudah tahukan jawabannya bisa atau tidak tanpa pc?

Cara Atasi Sinyal Hilang Redmi 3

Mari langsung saja kita menuju inti dari artikel ini, yaitu cara ampuh atasi sinyal hilang smartphone Redmi 3 / 3 Pro yang sudah terbukti berhasil normal kembali.

Siapkan bahan dan tools flash Redmi 3 berikut :

  • Komputer atau laptop
  • Jaringan Internet untuk download
  • Flashing tools untuk MIUI All Version (Download DISINI)
  • Fasboot ROM Redmi 3 / 3 Pro versi China (Download DISINI)

Proses Flashing Redmi 3 untuk Atasi Sinyal Hilang

  1. Pertama, install dulu Flashing tool MIUI All version yang sudah kalian download tadi di pc atau komputer.
  2. Ekstrak file fasboot ROM Redmi 3 / 3 Pro. Lalu buka, folder ekstrak tersebut dan cari file NON-HLOS yang ada didalam folder image, kemudian paste di folder Flashing Tools, yaitu kurang lebih disini = C:\ProgramFiles(x86)\Xiaomi\MiPhone\Google\Android
  3. Pastikan mode USB Debugging smartphone telah diaktifkan. Silahkan cari caranya di internet sudah banyak.
  4. Kemudian buka My Computer dari cari folder ini C:\ProgramFiles(x86)\Xiaomi\MiPhone\Google\Android. Disini, tekan tombol SHIFT dan klik kanan mouse sampai muncul pilihan Open Command Window Here.
  5. Hubungkan smartphone Xiaomi Redmi 3 ke pc atau komputer menggunakan kabel USB.
  6. Matikan hp Redmi 3 dan tekan sambil ditahan tombol Volume UP dan Tombol daya (Power) secara bersamaan sampai muncul menu pilihan Fastboot.
  7. Pada menu cmd.exe yang sudah terbuka, ketikkan perintah “adb devices” (tanpa tanda petik) kemudian tekan Enter.
  8. Jika device sudah terdeteksi, lanjut ketikkan kembali perintah “Fastboot flash modem NON-HLOS.bin” kemudian tekan Enter lagi. Tunggu prosesnya sampai selesai
  9. Terakhir, ketikkan kembali perintah “Fastboot reboot” dan akhiri dengan menekan Enter pada keyboard.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Cara ini sudah di terapkan dan terbukti berhasil. Pastikan juga komputer atau laptop yang kalian menggunakan Windows 64bit.!

Demikian ulasan tentang cara atasi sinyal hilang untuk Xiaomi Redmi 3 / 3 Pro yang sudah penulis terapkan.

Semoga tutorial ini dapat membantu sobat Widiynews yang sedang mengalami masalah serupa.

Sebelum sobat menerapkan cara diatas, pastikan hp Redmi 3 yang kalian gunakan tidak dalam kondisi lowbet atau minimal baterai diatas 50%.

Hal ini untuk sekedar antisipasi supaya hp Redmi 3 tidak mengalami masalah lebih serius seperti bootlop, gagal flashing dan masalah yang lebih fatal lainnya.

Pastikan juga, kalian sudah membackup seluruh data penting yang ada didalam hp. Karena proses flashing juga sama seperti mereset data. Karena ROM yang ada akan diganti dengan ROM yang baru dan seluruh data yang ada akan terhapus.

Cara Factory Reset dan Hard Reset Xiaomi Mi A3 via Mode Recovery Terlengkap

Cara Factory Reset dan Hard Reset Xiaomi Mi A3 via Mode Recovery Terlengkap

Cara Reset Xiaomi Mi A3 – Beberapa kendala mungkin bisa saja dialami oleh pengguna smartphone, mulai lupa pola atau password, atau error software lain yang jadi penyebab smartphone harus di reset.

Hal ini wajar, mengingat smartphone tak sekedar sebagai pelengkap melainkan sebuah kebutuhan bagi sebagian masyarakat. Smartphone digunakan untuk membantu banyak aktivitas, mulai bekerja atau mengontrol pekerjaan.

Karena perubahan konsumsi ini, banyak sekali masalah yang bisa timbul pada perangkat smartphone dan akhirnya harus di reset, seperti halnya Xiaomi Mi A3.

Mi A3 adalah smartphone suksesor Mi A1 dan A2 yang juga sama-sama mengusung sistem operasi Android One terbaru. Berikut ini detail spesifikasi Xiaomi Mi A3.

Spesifikasi Xiaomi Mi A3

Cara Factory Reset dan Hard Reset Xiaomi Mi A3 via Mode Recovery Terlengkap

Berikut ini adalah spesifikasi smartphone Xiaomi Mi A3 Android One

JaringanGSM / HSPA / LTE
Ukuran bodi153.5×71.9×8.5 mm (173.8 gram)
SIMHybrid Dual SIM
Layar6.09 Inci Super AMOLED
Resolusi layar720 x 1560 piksel
Sistem operasiAndroid 9.0 (Android One)
ChipsetQualcomm SDM665
CPUOcta-core Kryo 260
RAM dan Penyimpanan4GB/64GB – 4GB/128GB – 6GB/128GB
Kamera belakang48MP+8MP+2MP (Triple)
Kamera depan32 MP
Baterai4.030 mAh Non-removable
FiturSensor sidik jari, WiFi, GPS, Bluetooth, FM Radio, USB Type-C, Infrared, dan Fast Charging

2 Cara Reset Smartphone Xiaomi Mi A3

Dalam tutorial kali, penulis akan berbagi dua cara untuk me-reset smartphone Xiaomi Mi A3 dan pastinya sangat mudah dilakukan.

Silahkan simak langkah-langkahnya dibawah ini.

#1. Cara Factory Reset Xiaomi Mi A3

Sebelum melakukan factory reset Xiaomi Mi A3, pastikan daya baterail smartphone lebih dari 50 persen.

Ini penting, karena untuk menjaga terjadinya gagal reset yang bisa menyebabkan bootloop atau logo stuck seperti yang sering terjadi di smartphone Xiaomi.

Selanjutnya, silahkan ikuti caranya dibawah ini:

1. Pertama, buka menu Pengaturan (Settings) smartphone Xiaomi Mi A3.

2. Selanjutnya, buka Pengaturan Tambahan (Additional Settings) dan pilih Backup & Reset.

Cara Factory Reset dan Hard Reset Xiaomi Mi A3 via Mode Recovery Terlengkap

3. Kemudian, pilih Hapus Semua Data (Erase all data / Factory Reset).

4. Pilih Reset Telepon (Reset Phone)

5. Selesai, silakan tunggu proses reset smartphone Mi A3 sampai selesai .

Note: Cara factory reset smartphone ini hanya dapat dilakukan jika menu atau ponsel masih dapat diakses.

#2. Cara Hard Reset Xiaomi Mi A3

Jika kalian ingin melakukan hard reset untuk smartphone Xiaomi Mi A3 karena faktor seperti lupa PIN, Password atau juga pola keamanan silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Pastikan smartphone dalam kondisi off.

2. Selanjutnya, tekan tombol Power+Volume Atas secara bersamaan.

3. Lepaskan kedua tombol saat mulai muncul logo Android One di layar smartphone Mi A3.

4. Saat muncul robot Android bertuliskkan No Command, silahkan tombol daya dan volume atas satu kali.

5. Gunakan tombol volume untuk bergulir dan memilih dengan tombol daya. Pilih Wipe data/factory reset. Kemudian tekan lagi Yes.

Cara Factory Reset dan Hard Reset Xiaomi Mi A3 via Mode Recovery Terlengkap

6. Tunggu proses reset sampai selesai.

7. Setelah selesai, selanjutnya pilih Reboot system now.

Cara Factory Reset dan Hard Reset Xiaomi Mi A3 via Mode Recovery Terlengkap

Tunggu proses loading restart sampai selesai. Biasanya, setelah atau pertama kali ponsel dinyalakan usai di restart akan sedikit lama loadingnya.

Jadi kalian tidak perlu panik atau khawatir. Lalu, pastikan smartphone berjalan mulus sampai benar-benar muncul menu pengaturan dan kalian diminta untuk memasukkan alamat email dan password gmail.

Catatan : Untuk antisipasi terjadinya gagal reset, pastikan kalian sudah backup data penting yang ada didalam smartphone.

Kesimpulan

Itulah cara mudah reset Xiaomi Mi A3 Android One yang dapat penulis bagikan kali ini.

Seharusnya, cara ini dapat berjalan mulus dan smartphone dapat kembali normal lagi.

Jika pun ada kesalahan, selama smartphone yang kalian gunakan tidak bermasalah maka penulis yakin proses reset dapat berjalan dengan baik. Penulis juga tidak bisa menjamin cara ini dapat berhasil 100%.

Artikel Terkait Reset Xiaomi :

√ Cara Atasi Smartphone Sering Restart Sendiri Paling Mudah, 100% Fix!

Cara Atasi Smartphone Sering Restart Sendiri Paling Mudah, 100% Fix!

Cara mengatasi smartphone yang sering restart sendiri sebenarnya mudah jika kalian dapat mengetahui langkah-langkahnya. Apalagi jika kalian mengetahui penyebab awal mengapa smartphone error force close hingga restart terus menerus.

Ada banyak faktor hingga jadi penyebab smartphone mengalami restart hingga berulang kali tanpa kita sadari. Salah satu yang paling krusial dinilai sebagai penyebabnya adalah aplikasi yang tidak kompatibel dengan smartphone.

Jadi, sebelum mengatasi bagaimana cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini adalah mengetahui penyebabnya lebih dulu.

Itu sebabnya, penting sekali mengingat terakhir kali smartphone yang kalian gunakan diinstal aplikasi terbaru apa serta dilakukan pengaturan tambahan apa saja.

Berikut ini beberapa penyebab umum smartphone Android restart terus menerus hingga

  1. Overload CPU, RAM, dan GPU
  2. Hardware bermasalah
  3. Software Crash
  4. Aplikasi tidak kompatibel
  5. Smartphone terkena virus
  6. Sistem Android error
  7. Smartphone terlalu panas
  8. Masih banyak lagi lainnya

Penyebab diatas adalah yang paling umum, tapi tak menutup kemungkinan smartphone kalian yang error saat disebabkan karena masalah lain.

Cara Mengatasi HP Smartphone Android Restart Sendiri Terus Menerus

Berikut cara mengatasi hp smartphone sering error force close hingga restart sendiri terus menerus paling mudah.

Penulis telah membuatkannya dalam bentuk list dari yang paling mudah hingga langkah tersulit yang harus dilakukan. Simak selengkapnya dibawah.

#1. Lepas dan Ganti SIM Card serta Memory Card

Dari beberapa kasus yang terjadi, ada kalanya dengan cara melepas kartu SIM dan memory card bermanfaaat mengatasi masalah ini.

Cara Mengatasi HP Smartphone Android Restart Sendiri Terus Menerus

Pastikan smartphone dalam kondisi mati atau off. Kemudian lepaskan SIM dan memory card hp kalian atau juga bisa diganti dengan yang masih baru lainnya.

#2. Reboot HP

Cara lain yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah restart pada hp bisa dengan mematikan dulu.

Jika smartphone kalian menggunakan baterai dengan tipe removable, bisa dilepas, cobalah untuk mencabutnya lebih dulu.

Lepaskan juga SIM Card, dan micro SD. Lalu diamkan beberapa saat dan pasangkan kembali semuanya kemudian coba nyalakan.

#3. Menghapus Cache

Cache atau sampah yang biarkan menumpuk pada smartphone tidak hanya menguras penyimpanan, tapi juga bisa menyebabkan hang hingga sebabkan restart sendiri.

Sebaiknya, cara ini dilakukan secara rutin. Boleh satu hari sekali, dua hari, atau cek secara berkala cache smartphone. Jika sudah menumpuk, segera hapus supaya tidak jadi sebab smartphone alami restart tanpa kita sadari.

Untuk smartphone keluaran terbaru saat ini sudah mendukung fitur penghapusan cache, histori dan file junk hingga 100% bersih.

Tapi jika tidak tersedia, kalian bisa menambahkan aplikasi tambahan dari Google Play, seperti Clean Master atau aplikasi pembersih sampah lainnya.

#4. Hapus Aplikasi yang Tidak Kompatibel

Force close atau aplikasi minta ditutup paksa adalah masalah umum yang pasti banyak dialami oleh pengguna smartphone. Bahkan pada perangkat pc seperti laptop dan komputer error force close juga sering terjadi.

Sebenarnya, tanda ini merupakan peringatan jika aplikasi yang kalian pasang tidak kompetibel atau tidak berjalan mulus untuk perangkat yang kalian gunakan.

Bisa juga karena masalah OS Android atau juga memang masalah aplikasinya yang tidak suppport dengan perangkat, tapi hal ini juga bisa sebabkan smartphone alami restart sendiri hingga berulang-ulang.

Jika smartphone terlalu sering mengalami restart, cobalah untuk menghapus aplikasi terbaru yang kalian install sebagai langkah awalnya.

Setelah itu, periksa kembali apakah smartphone masih mengalami error yang sama. Jika berhasil, maka besar dipastikan ada aplikasi yang tidak kompetibel dengan smartphone.

#5. Install Aplikasi Anti Virus Smartphone Terbaik

Seperti yang sudah penulis jelaskan sedikit penyebabnya diatas, bisa saja smartphone kalian terkena serangan virus.

Install Aplikasi Anti Virus Smartphone Terbaik

Apalagi banyak smartphone yang memang tidak dibekali aplikasi antivirus meskipun sebenarnya OS Android sudah memiliki sistem keamanan tersendiri.

Tapi untuk berjaga-jaga dan mencegah terjadinya hp hang atau mati hidup sendiri, cobalah pasang salah satu antivirus terbaik dan terpopuler dibawah :

#6. Hapus Game yang Menguras RAM

Restart terus smartphone kalian? Ohya, bisa jadi penyebab adalah game yang kalian install. Sebab, beberapa game menguras kapasitas RAM, CPU dan GPU yang dimiliki smartphone kalian loh.

Tentu ini membuktikan jika game yang kalian pasang tidak cocok untuk smartphone, mungkin dari sisi performa karena dukungan RAM, GPU, prosesor tidak bisa menjalankannya secara sempurna.

Walau tak semua game berat-berat sebagai penyebabnya, tapi beberapa game versi beta adalah faktor masalahnya kenapa hp kalian alami restart sendiri terus menerus.

Jadi, daripada kesel sendiri dan capeg karena smartphone bermasalah, lebih baik hapus sementara game yang kalian install.

#7. Factory Reset

Sebenarnya si sayang, tapi apa boleh dikata lagi kalau masih error maka langkah selanjutnya yang dapat kalian lakukan adalah mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik atau factory reset.

Jangan lupa, cadangkan (backup) dulu data, aplikasi serta file-file penting lainnya sebelum melakukan factory reset.

Simak beberapa artikel seputar Factory Reset dan Hard Reset DISINI

#8. Unroot Smartphone

Beberapa diantara kalian tentu sudah tidak asing dengan istilah root. Ya, cara ini memang banyak digunakan oleh pengguna yang sudah pro untuk meningkatkan performa dan fitur yang hanya dapat dibuka setelah smartphone diroot.

Cara Mengatasi HP Smartphone Android Restart Sendiri Terus Menerus

Yups, salah satu masalah terbesar yang sering terjadi aplikasi dan fitur tidak berjalan mulus, muncul pesan force close dan restart sendiri.

Jika memang root adalah penyebab masalah ini, kalian bisa mengembalikan atau menghapus rooted yang sudah kalian lakukan sebelumnya supaya sistem hp Android berjalan normal lagi.

Kesimpulan

Walau tak selamanya sama penyebab smartphone restart otomatis sendiri, tapi beberapa cara diatas bisa diterapkan untuk semua tipe smartphone, baik Oppo, Vivo, Samsung, Xiaomi, ASUS, Realme atau bisa juga untuk Lenovo.

Cobalah untuk menerapkan satu persatu cara diatas sebelum kalian memutuskan membawa smartphone yang error ke tukang service. Selain karena lebih ekonomis, kalian bisa belajar hal baru tentang dunia smartphone.

Jika suatu saat mengalami masalah serupa, kalian tidak panik lagi dan bisa mengatasinya sendiri.

Demikian artikel ulasan tentang cara mengatasi smartphone yang sering restart sendiri hingga berulang kali. Jangan lupa bagikan artikel ini jika menurut kalian bermanfaat melalui sosial media supaya teman-teman yang lain mendapatkan manfaat yang sama. Semoga bermanfaat ya!

Awas! Aplikasi Terpopuler di Play Store ini Ternyata Mengandung Malware

JAKARTA, Widiynews.com – Sebuah aplikasi yang amat populer di Android ternyata diam-diam sudah menyebar malware. Pengguna disarankan segera meng-uninstall aplikasi itu dari perangkatnya.

CamScanner, demikian nama aplikasi kreator PDF tersebut. ZDNet mencatat, aplikasi ini sudah di-download tak kurang dari 100 juta kali semenjak rilis tahun 2010 di Google Play Store.

Disebutkan lebih lanjut, para peneliti keamanan di Kaspersky mendapati sejumlah versi baru dari aplikasi besutan developer CC Intelligence yang berbasis di Shanghai, China ini turut berisikan Trojan yang dirancang untuk mengirim malware ke ponsel Android.

Secara spesifik, Kaspersky mendeteksi adanya modul Trojan-Dropper.AndroidOS.Necro.n. Ini kemudian berproses dalam memunculkan Trojan Downloader, yang pada akhirnya juga bakal mengunduh modul-modul jahat lainnya ke perangkat yang terinstall CamScanner.

Menurut Android Police, malware CamScanner kali pertama muncul pada update 16 Juni (versi 5.11.3.20190616) dan terus bersemayam sampai update 25 Juni (versi 5.12.0.20190725), sampai akhirnya dihilangkan mulai update 30 Juni (versi 5.12.0.20190730).

Pun demikian, sebut Life Hacker, aplikasi itu tetap sudah ketahuan berisikan malware pada satu waktu dan terlepas apakah versi teranyarnya sudah aman, kejadian ini cukup untuk bikin CamScanner dapat sanksi dengan dicopot sementara dari Google Play Store.

Life Hacker juga menyarankan bahwa untuk sementara waktu pengguna yang sudah memakai CamScanner sebaiknya meng-uninstall lebih dulu aplikasi tersebut dari ponselnya, terlebih jika versi aplikasinya belum yang terbaru.

“Jika belum update ke versi terbaru selepas 30 Juni, sebaiknya kamu mencopotnya dari ponsel Android-mu sekarang juga. Kalau pun sudah (update ke versi terbaru) kami bahkan merekomendasikan untuk tetap menghapusnya.”[dtk]

Render Ini Ungkap Perbedaan Desain dan Spesifikasi Samsung Galaxy S10 dan Galaxy S10e

Render Ini Ungkap Perbedaan Desain dan Spesifikasi Samsung Galaxy S10 dan Galaxy S10e

Render foto salah satu varian Samsung Galaxy S10 baru-baru ini beredar di internet. Seri tersebut tidak lain merupakan varian murah Galaxy S10, yakni Galaxy S10e. Bocoran gambar tersebut akhirnya mengungkap dengan jelas perbedaan desain dan spesifikasi kedua smartphone tersebut.

Masih menurut bocoran gambar tersebut, Samsung Galaxy S10e digadang bakal membawa layar berlubang yang disebut sebagai Infinity-O berukuran 5,8 inci. Layar ini lebih kecil ukurannya dibanding layar Galaxy S10, yakni 6,1 inci.

Selain itu, nantinya Galaxy S10 bakal mengusung layar desain melengkung, sementara desain layar Galaxy S10e dikemas dengan layar datar. Perbedaan ini cukup mencolok, mengingat desain adalah satu bagian dari banyak hal penting yang menjadi daya tarik.

Sementara untuk sisi bodinya, Samsung Galaxy S10e sendiri mengusung desain panel kaca dibagian belakangnya. Masih menurut bocoran tersebut, nampaknya ponsel ini bakal punya tiga varian warna, yakni Prism Black, White, dan Black.

Render Ini Ungkap Perbedaan Desain dan Spesifikasi Samsung Galaxy S10 dan Galaxy S10e
Render foto Samsung Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus

Meski demikian, banyak analis yang memprediksikan jika Galaxy S10e nantinya bakal hadir dengan varian warna lain, yakni Canary Yellow dan Blue yang membuatnya semakin menarik perhatian konsumen.

Dari sisi spesifikasinya, Samsung Galaxy S10e nampaknya akan mengusung kamera ganda dibagian belakang yang disusun secara horizontal. Sisi kanannya terdapat tombol daya serta memiliki sensor sidik jari. Ponsel ini nampaknya tidak memiliki tombol khusus untuk mengakses Bixby.

BACA JUGA: 

Spesifikasi lain yang mengacu pada perbedaan kedua smartphon ini adalah layarnya dimana untuk Galaxy S10e membawa panel berukuran 5,8 inci Full HD+. Smartphone ini hadir membawa chip Snapdragon 855 atau Exynos 9820 tergantung wilayah pasar. Ponsel ini juga disokong dengan baterai 3100 mAh, RAM 6GB, kapasitas internalnya mencapai 128GB dan dapat diperluas melalui microSD.

Sistem operasi perangkat ini diketahui adalah sistem operasi terbaru, yakni Android 9 Pie. Bersama dua variannya, Galaxy S10 dan Galaxy S10+, Galaxy S10e akan diperkenalkan pada 20 Februari nanti. Sementara itu, belum ada bocoran harga untuk smartphone terbaru Samsung ini.