Hikmah Luar Biasa Dibalik Doa yang Belum Terkabul

Hikmah Luar Biasa Dibalik Doa yang Belum Terkabul

Apakah Anda sering bertanya, kenapa dan kapan doa Anda tak kunjung dikabulkan oleh Allah SWT? Apa penyebabnya?

Mungkin saja tulisan singkat ini bisa menjawab keraguan serta rasa penasaran Anda selama ini.

Sebenarnya, segala sesuatu yang terjadi didunia ini ada hikmahnya. Begitulah jika kita sering mendengar para ulama mengajarkan kepada kita.

Begitu juga dengan fenomena mengapa doa yang sering kita panjatkan tak kunjung dikabulkan oleh Allah SWT pun ada hikmahnya.

Dilansir dari laman dalamislam.com, kita senantiasa dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT. Anjuran atau perintah ini bahkan diperintahkan langsung oleh Allah SWT dan tertuang didalam kitab suci Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 186.

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwasannya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Jika merujuk pada ayat diatas, Allah SWT sendiri telah berjanji akan mengabulkan setiap doa hamba-hamba-Nya. Namun dengan catatan, adab berdoa harus selalu diamalkan.

Lantas bagaimana, jika doa tak kunjung dikabulkan sementara kita sudah sesuai dengan adab berdoa dalam Islam serta rajin beribadah kepada Allah SWT?

Pantaskah kita menyerah dan berputus asa?

Para ulama sering kali mengajarkan untuk tidak berputus asa terhadap rahmat dan petunjuk Allah, tak terkecuali dalam mendapat jawaban dari setiap doa kita.

Hal ini disebabkan ada beberapa hikmah doa yang belum terkabul, tiga diantara hikmah luar biasa tersebut sebagai berikut:

1. Selalu Husnudzon Pada Allah SWT

Kita memang diperintahkan (diwajibkan) untuk berdoa kepada Allah, tapi kita juga harus tahu bahwa Allah SWT memilik hak sepenuhnya dalam mengabulkan doa.

Jadi, walau doa kita tak kunjung dikabulkan oleh Allah SWT, namun kita sudah sepantasnya untuk selalu berhusnudzon (berprasangka baik) pada Allah.

Sebab, apapun yang akan terjadi dan bagaimanapun Allah lebih mengetahui apa-apa saja yang terbaik untuk hamba-hamba-Nya.

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.”

QS. Al Baqarah : 216

2. Melatih Kesabaran

Sudah sering berdoa, hampir setiap hari malah. Tapi kok gak dikabul-kabulin?

Stop berfikir dan berkata hal seperti diatas mulai hari ini.

Didalam proses berdoa, kita sebenarnya sedang diajarkan untuk belajar bersabar.

Hikmah dibalik belum terkabulnya doa ini sangat luar biasa untuk membentuk karakter pribadi kita masing-masing.

Dalam berdoa, sebenarnya bukan seberapa cepat doa kita dikabulkan. Yang paling penting adalah kita menjalani prosesnya, yaitu menjalankan ibadah. Perkara hasil, biarkan saja Allah yang menentukan.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Dikabulkan seseorang di antara kalian selama tidak tergesa-gesa, dia mengatakan aku sudah berdoa tapi tidak dikabulkan untukku.”

HR. Malik dan Abu Daud

Semakin sering kita berdoa, semakin kita bersabar dan selalu husnudzon kepada Allah, maka tidak ada yang tak mungkin bagi Allah untuk mengabulkan doa kita. Insya Allah…

3. Tidak Mudah Menyerah

Hikmah lainnya dibalik belum terkabulnya doa adalah untuk melatih kita menjadi hamba-hamba Allah yang tidak mudah putus asa, pantah menyerah dengan cara terus berikhtiar.

Allah membenci hamba-Nya yang mudah putus asa, terutama dari rahmat-Nya.

“Ibrahim berkata, “Tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Tuhannya, kecuali orang-orang yang sesat”

(Q.S. Al Hijr: 56)

Teruslah berikhtiar dan jangan pernah berhenti berdoa, apalagi Anda sedang dilanda banyak masalah atau beban kehidupan seperti sulit mencari pekerjaan dan rezeki.

“Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.“

QS. Ar-Ra’d : 11

Demikian hikmah luar biasa dibalik belum terkabulnya doa yang diajarkan dalam Islam. Sungguh besar manfaatnya untuk membentuk karakter kita sebagai seorang muslim.

Wallahu A’lam…

Baca juga artikel Islam lainnya:

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Lengkap Disertai Adab Menuntut Ilmu

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Lengkap Disertai Adab Menuntut Ilmu

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar – Melalui artikel kali ini penulis ingin berbagi bacaan doa sebelum dan sesudah belajar dilengkapi dengan bahasa Arab, Indonesia latin serta terjemahannya supaya lebih memudahkan untuk dipelajari.

Doa adalah bagian terpenting dalam kehidupan begitu juga dengan belajar atau menuntut ilmu.

Melalui doa kita diajarkan untuk senantiasa tunduk dan mendekatkan diri kepada Allah, sementara belajar merupakan jembatan bagi kita untuk semakin bijak karena dengan semakin banyak belajar maka semakin banyak pula ilmu yang didapat. Membaca, dan belajar atau menuntut ilmu adalah gerbang ilmu pengetahuan.

Hukum Menuntut Ilmu

Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW mewajibkan kepada kita untuk belajar dari usia dini, sampai tua, laki-laki dan perempuan. Hukum menuntut ilmu atau belajar ini terdapat didalam sebuah hadits, berikut ini salah satunya:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim.” (HR. Ibnu Majah. Dinilai shahih oleh Syaikh Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan Ibnu Majah no. 224)

Dari hadits diatas dapat diambil kesimpulan bahwa menuntut ilmu atau belajar terutama mempelajari ilmu agama adalah wajib hukumnya bagi setiap kaum muslim baik laki-laki maupun perempuan dari usia dini sampai tua atau dari lahir sampai liang lahat (meninggal).

Namun dalam belajar kita juga dianjurkan untuk membaca doa supaya pelajaran atau ilmu yang didapat lebih cepat masuk ke dalam otak, bermanfaat untuk diri sendiri serta orang lain.

Sebab ilmu apapun yang dipelajari jika tidak memberikan manfaat kebaikan untuk diri sendiri terutama orang lain tentu tidak ada artinya sama sekali.

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar atau Mengaji

Melalui doa sebelum dan sesudah belajar (mengaji) ini semoga dimudahkan dalam proses menuntut ilmu, lebih mudah masuk ke otak, bermanfaat dan memberikan kebaikan untuk diri sendiri serta orang lain.

Doa sebelum dan sesudah belajar ini ditulis dalam bahasa Arab, Indonesia latin, serta terjemahannya untuk membantu Anda yang sulit membaca tulisan Arab.

Doa Sebelum Belajar

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Lengkap Disertai Adab Menuntut Ilmu

Silahkan simak bacaan doa sebelum belajar dibawah ini.

Bacaan Doa Sebelum Belajar Bahasa Arab

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Bacaan Doa Sebelum Belajar Bahasa Indonesia Latin

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla, robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Terjemah Doa Sebelum Belajar

“Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik”

Baca juga: Niat Menuntut Ilmu – 4 Bacaan Doa Sebelum Belajar Lengkap dengan Artinya

Doa Sebelum Belajar (2)

Anda juga bisa mengamalkan bacaan doa sebelum belajar salah satu diantaranya berikut ini.

Bacaan Doa Sebelum Belajar Arab

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Bacaan Doa Sebelum Belajar Indonesia Latin

Robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-shoolihiin

Arti dan Terjemah Doa Sebelum Belajar

“Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh”

Doa Sebelum Belajar Mengaji

Berikut juga kami hadirkan doa sebelum belajar mengaji atau belajar ilmu agama supaya Allah berikan kemudahan dalam proses mendalami ilmu agama dan senantiasa memberikan pemahaman yang baik.

Bacaan Doa Sebelum Belajar Mengaji Arab

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Bacaan Doa Sebelum Belajar Mengaji Indonesia Latin

Alloohumma akhrijnaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah’alainaa bima’rifatika wasahhil lanaa abwaaba fadl-lika ya arhamar roohimiin

Arti Doa Sebelum Belajar Mengaji

“Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang.”

Doa Sesudah Belajar (1)

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Lengkap Disertai Adab Menuntut Ilmu

Setelah membaca doa sebelum belajar dan ketika selesai mengikuti pelajaran kita juga dianjurkan untuk membaca doa setelah belajar.

Berikut ini lafadz doa-doanya.

Bacaan Doa Sesudah Belajar Arab

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Bacaan Doa Sesudah Belajar Indonesia Latin

Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

Terjemah Doa Sesudah Belajar

“Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.”

Doa Sesudah Belajar Mengaji

Silahkan baca doa ini setiap saat Anda selesai belajar mengaji.

Bacaan Doa Sesudah Belajar Mengaji Arab

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Bacaan Doa Sesudah Belajar Mengaji Indonesia Latin

Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa’ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu

Arti Doa Sesudah Belajar Mengaji

“Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya”

Doa Sesudah Belajar (2)

Berikut doa sesudah belajar yang bisa dibaca semoga ilmu dan pelajaran yang didapat senantiasa menjadikan kita pintar, cerdas, dan bijaksana.

Bacaan Doa Sesudah Belajar Arab (2)

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Bacaan Doa Sesudah Belajar Indonesia Latin (2)

Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulihal

Arti Doa Sesudah Belajar Arab (2)

“Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Adab Dalam Menuntut Ilmu

Terdapat banyak sekali keutamaan dalam menuntut ilmu. Selain diwajibkan, ilmu adalah kunci dari segala kebaikan dan pengetahuan.

Adab Dalam Menuntut Ilmu

Selain membaca doa sebelum dan sesudah belajar, seseorang yang sedang belajar atau menuntut ilmu sebaiknya selalu menjaga adab.

Adab menuntut ilmu ini senantiasa diamalkan oleh para ulama-ulama besar, salah satunya adalah Imam Malik.

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Lengkap Disertai Adab Menuntut Ilmu

Artinya: “Pelajarilah adab sebelum mempelajari suatu ilmu”

Dari pesan bijak Imam Malik diatas dapat diambil kesimpulan jika banyak orang belajar sampai tinggi tapi tidak punya adab. Jadi, penting sekali mempelajari adab terlebih dahulu sebelum menuntut ilmu.

Berikut adab-adab menuntut ilmu dalam Islam yang perlu kita ketahui:

  1. Niat Belajar atau Menuntut Ilmu

Saat kita hendak menuntut ilmu, niat utama kita harus karena Allah. Seperti firman Allah dalam surah Al Bayyinah ayat 5:

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.”

  1. Membaca doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Seperti Nabi Muhammad yang selalu berdoa dalam menuntut ilmu, sebagai berikut:

Artinya:-“Ya Allah, berilah manfaat atas apa yang Engkau ajarkan kepadaku, ajarilah aku hal-hal yang bermanfaat bagiku, dan tambahilah aku ilmu.”

  1. Selalu Bersungguh-Sungguh dalam Belajar

Adab seseorang yang menuntut belajar menuntut ilmu sebaiknya selalu bersungguh-sungguh supaya ilmu yang didapat bermanfaat.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam barsabda:

“Dua orang yang rakus yang tidak pernah kenyang: yaitu orang yang rakus terhdap ilmu dan tidak pernah kenyang dengannya dan orang yang rakus terhadap dunia dan tidak pernah kenyang dengannya.” (HR. Al-Baihaqi)

  1. Menghindari Perbuatan Maksiat

Selanjutnya, adab belajar dalam Islam adalah senantiasa menjaga diri dari segala macam perbuatan maksiat.

Karena perbuatan maksiat bisa membuat otak sulit untuk berfikir jernih dan berkonsentrasi saat belajar.

Dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

“Seorang hamba apabila melakukan suatu kesalahan, maka dititikkan dalam hatinya sebuah titik hitam. Apabila ia meninggalkannya dan meminta ampun serta bertaubat, hatinya dibersihkan. Apabila ia kembali (berbuat maksiat), maka ditambahkan titik hitam tersebut hingga menutupi hatinya. Itulah yang diistilahkan ‘ar raan’ yang Allah sebutkan dalam firman-Nya (yang artinya), ‘Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutupi hati mereka’.”

  1. Menghindari Perbuatan Sombong

Jika ingin belajar dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat, jangan pernah sombong. Harus tetap rendah hati.

Jangan menganggap diri kita sudah lebih pintar dan merasa cukup ilmu. Jadilah murid yang selalu haus akan ilmu.

“Dua orang yang tidak belajar ilmu: orang pemalu dan orang yang sombong” (HR. Bukhari secara muallaq)

  1. Menyimak Guru/Ustadz Saat Menyampaikan Ilmu

Adab lainnya dalam belajar menuntut ilmu adalah menjaga sopan santu ketika didalam kelas atau tempat belajar. Salah satunya menjaga adab dengan menyimak guru saat menyampaikan ilmu.

“Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.”

Demikian pembahasan tentang doa sebelum dan sesudah belajar Arab, Latin Indonesia dan Terjemahnya. Selain membaca doa, Anda juga sebaiknya menjaga adab-adab dalam menuntut ilmu. Karena sering kali para penuntut ilmu melupakannya.

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajjud

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajjud

Simak tentang √ doa setelah sholat Tahajjud, √ bacaan doa sholat Tahajjud, √ arti dan terjemahan doa setelah sholat Tahajjud berikut.


Sholat tahajjud termasuk sholat sunnah yang jumlahnya minimal dua rakaat sekaligus ibadah sunnah yang sangat ditekankan (utama) oleh Rosulullah SAW.

Waktu yang paling baik menunaikan ibadah tahajjud adalah di waktu seperti malam akhir. Jumlah rakaatnya minimal dua dan maksimalnya tidak dibatasi. Semakin banyak semakin bagus.

Salah satu kesunnahan tahajjud adalah menutupnya dengan sholat witir yang jumlahnya rakaatnya ganjil.

Banyak sekali keutamaan melaksanakan sholat tahajjud dan doa setelah sholat tahajjud, salah satunya mendapatkan momen sempurna untuk berdoa kepada Allah SWT.

Sebab, waktu sholat tahajjud adalah sepertiga malam, waktu ini termasuk waktu paling mustajab untuk berdoa sehingga dengan ijin Allah doa lebih mudah dikabulkan.

Waktu ini juga paling pas untuk mendapatkan energi batiniah dipenghujung malam untuk menghadapi carut marutnya kehidupan di esok hari.

Seluruh anggota tubuh kita akan merasakan begitu kemahahebatan Allah, mengakui kemanahabenaran segala yang datang dari-Nya, memasrahkan segala urusan kepada-Nya, serta memohon petunjuk, pertolongan atas kesilapan dan kedurhakaan diri.

Doa Setelah Sholat Tahajjud

Setelah selesai sholat tahajjud maka disunnah membaca doa setelah sholat tahajjud.

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajjud

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajjud

Doa berikut ini bisa Anda panjatkan setelah selesai sholat tahajjud karena keutamannya yang sangat luar biasa.

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajjud

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajjud Arab

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَوْ لَا إِلَهَ غَيْرُكَ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajjud Latin

Allaahumma lakal hamdu Anta nuurussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna. Walakal hamdu Anta Qoyyimussamaawaati wal ardhi wa man fihinna. Walakal hamdu Anta robbussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna. Walakal hamdu Anta mulkussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna.

Walakal hamdu, Antal haqqu wa wa’dukal haqqu, wa qoulukal haqqu, wa liqoo ukal haqqu. Waljannatu haqqun wannaaru haqqun. Wannabiyyuuna haqqun, wa Muhammadun haqqun, wassaa ‘atu haqqun.

Allahumma laka  aslamtu. Wa ‘alaika tawakkaltu. Wabika aamantu. Wa ilaika aanabtu. Wabika Khooshomtu. Wa ilaika haakamtu.

Faghfirliiy maa qoddamtu wa maa akhkhortu. Wa maa asrortu wa maa a’ lantu. Antal muqoddimu wa Antal mu akhkhiru. Laa ilaa ha illaa anta.

Arti Doa Setelah Sholat Tahajjud Arab

 “Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji. Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya.

Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari-Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar.

Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum.

Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau.”

Banyak Sekali Doa Sehari-Hari dan Pendek yang Bisa Diamalkan untuk Mendatangkan Keberkahan, Sudah Tahu Belum? Yuk Simak Kumpulan Doanya Disini

Dalil Doa Setelah Sholat Tahajjud Arab

Dalil untuk doa setelah sholat tahajjud diatas adalah sebagai berikut :

Dari Ibnu ‘Abbas ra. bahwasanya Nabi saw. ketika bangun di malam hari untuk bertahajjud, beliau membaca; Allahumma lakal hamdu.. [dan seterusnya]. (Muttafaq ‘Alaihi)

Di sebagian riwayat, ditambah kalimat; Wa laa khaula wa laa quwwata illaa billaahil ‘Aliyyil ‘Adziimi (dan tiada daya maupun kekuatan melainkan dari Allah Yang Maha Tinggi nan Maha Agung).

Inilah Waktu Sholat Dhuha, Yuk Ketahui Agar Ibadah Semakin Berkah! Baca Disini!

Demikian ulasan tentang bacaan doa setelah sholat tahajjud yang dapat kami bagikan melalui artikel kali ini.

Semoga ulasan ini dapat membantu Anda yang senantiasa memiliki keinginan belajar dan melaksanakan sholat malam, terutama tahajjud.

Ibadah, termasuk sholat malam adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rosulullah SAW. Ini merupakan waktu terbaik untuk menghadap Allah SWT sambil memohon pertolongan dan petunjuk hidup. Karena waktu melaksanakan sholat tahajjud termasuk di sepertiga malam, yakni waktu mustajab untuk berdoa.

7 Amalan Hari Jumat Anjuran Rosul Yang Bisa Datangkan Ampunan dan Pahala

7 Amalan Hari Jumat Anjuran Rosul Yang Bisa Datangkan Ampunan dan Pahala

Amalan Hari Jum’at Penuh Pahala – Hari dalam satu minggu itu sama baiknya sebenarnya, tapi terdapat beberapa hari yang memiliki keistimewaan karena keutamaan serta berbagai peristiwa penting didalamnya, salah satunya hari jum’at.

Bahkan amalan-amalan hari jumat itu bisa mendatangkan banyak sekali pahala, ampunan dan keberkahan dari Allah SWT jika diamalkan secara istiqomah. Namun sayang masih banyak diantara kita yang belum mengetahui amalan hari jum’at tersebut.

Dalam sebuah hadits Rosulullah SAW yang diriwayatkan Abu Hurairah disebutkan keutamaan hari jum’at menjadi hari terbaik dibandingkan hari lain, diantaranya terdapat peristiwa penting dimana Nabi Adam as, manusia pertama di dunia diciptakan Allah SWT.

“Hari terbaik dimana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Keutamaan Hari Jum’at

Berikut 4 keutamaan hari jum’at dibandingkan hari-hari lain dalam satu minggu.

7 Amalan Hari Jumat Anjuran Rosul Yang Bisa Datangkan Ampunan dan Pahala

Waktu Mustajab untuk Berdoa

Salah satu yang jadi keutamaan hari jum’at dimana terdapat waktu mustajab untuk berdoa. Sama seperti bulan Ramadhan dan jum’at Ramadhan. Keduanya termasuk waktu mustajab yang dengan kehendak Allah setiap doa akan dikabulkan.

“Sesungguhnya pada hari Jum’at terdapat suatu waktu yang pada waktu itu seorang muslim tepat berdoa memohon kebaikan kepada Allah maka Allah akan mengabulkannya. Dan rentang waktu itu cukup singkat,” Sabda Rasulullah.

Amal Kebaikan dan Pahala Dilipatgandakan

Sama seperti melakukan kebaikan dan amal ibadah pada bulan Rajab, berbuat kebaikan dan ibadah pada hari jum’at juga akan dilipatgandakan. “Pada hari Jum’at, kebaikan dilipatgandakan,” kata Rasulullah.

Disebut, setiap muslim yang bersedekah di hari Jum’at pahalanya akan digandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat dari sebutir kebajikan yang dilakukan.

Salah satu Firman Allah SAW dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah tentang keutamaan bersedekah :

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang enumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS Al Baqarah:216).

Hari Raya Mingguan

Keutamaan yang diberikan Allah SWT pada hari jum’at adalah dijadikannya sebagai hari raya. Ketetapan ini bahkan dijelaskan oleh Rosulullah SAW dimana umat Islam juga dianjurkan untuk menggunakan wewangian, membersihkan diri, melaksanakan shalat wajib khusus bagi kaum laki-laki.

“Hari raya yang Allah jadikan (berikan) kepada kaum muslimin. Maka, orang yang melaksanakan salat Jum’at hendaknya mandi. Sekiranya ia memiliki minyak wangi maka hendaknya memakainya. Dan bersiwaklah,” sabda Rasulullah.

Hari yang Dikhususkan untuk Umat Islam

Jum’at merupakan hari kelima dalam hitungan minggu yang sekaligus menjadi hari yang dikhususkan untuk seluruh umat Islam. Berbeda dari hari lainnya, pada hari jum’at terdapat shalat jum’at yang perintah melaksanakannya juga telah ditegaskan didalam Al-Qur’an.

Allah SWT berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk menunaikan salat pada hari Jum’at maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli.”

Nabi Adam as Diciptakan Allah

Ada salah salah peristiwa bersejarah dan penting untuk diketahui bagi seluruh umat Islam, dimana hal tersebut terjadi pada hari jum’at yang mengapa banyak sekali keutamaannya.

Didalam hadits Nabi Muhammad SAW, hari jum’at adalah hari dimana Nabi Adam as diciptakan, dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan dari surga.

Tak hanya itu, pada hari jum’at juga akhir di dunia ini yaitu kiamat akan terjadi.

“Hari terbaik dimana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Amalan Hari Jum’at

Melihat keutamaannya, berikut 7 amalan hari jum’at yang telah dianjurkan Rosulullah SAW untuk meraup berkah, ampunan dan pahala Allah SWT.

7 Amalan Hari Jumat Anjuran Rosul Yang Bisa Datangkan Ampunan dan Pahala

Membaca Surat Al-Kahfi

Amalan hari jum’at terbaik yang bisa coba mulai diamalkan adalah membaca Al-Qur’an, terutama surat Al-Kahfi.

Barang siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari istimewa tersebut, Allah akan memberikan sinar cahaya diantara dua hari jum’at.

“Barang siapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jum’at, maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jum’at.”

Membaca Dzikir dan Sholawat Nabi

Salah kebiasaan para alim ‘ulama, dan orang-orang sholeh adalah selalu memperbanyak dzikir dan sholawat kepada Nabi pada hari jum’at.

Dzikir dan sholawat ini mempunyai keutamaan tersendiri, salah satunya mendatangkan kemudahan dalam setiap kesulitan, ketentraman jiwa, mendekatkan diri kepada Allah, memuji keagungan Allah, dan mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad.

Memperbanyak Doa

Keutamaan jum’at adalah terdapat waktu mustajab untuk berdoa kepada Allah SWT. Untuk umat Islam maka dianjurkan untuk memperbanyak doa, karena kita tidak tahu doa mana yang akan dikabulkan makan alangkah baiknya jika kita memperbanyak doa, dzikir, dan memohon ampunan Allah pada hari tersebut.

Nabi Muhammad SAW menyebutkan, terdapat dua waktu yang mustajab untuk berdoa pada hari jum’at. Meski tidak disebutkan kapan waktunya, maka umat Islam disunnah untuk memperbanyak memanjatkan doa pada hari itu.

Membersihkan Diri

Didalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Barang siapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum’at”. (HR. Bukhari).

Dari hadits ini, maka kita sudah jelas disunnah untuk membersihkan diri dengan cara mandi, memotong kuku, rambut, dan memakai wewangian untuk laki-laki seraya menunaikan sholat wajib jum’at.

Menunaikan Sholat Jum’at

Hadits Rosulullah SAW tentang amalan hari jum’at ini adalah:

“Jum’at adalah kewajiban bagi setiap Muslim secara jamaah kecuali empat orang. Hamba sahaya yang dimiliki, perempuan, anak kecil dan orang sakit”. (HR. Abu Daud).

Salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh kaum muslim laki-laki pada hari jum’at yaitu melaksanakan sholat jum’at. Perintah dan penegasan ini juga disampaikan melalui sebuah hadits diatas.
Apabila meninggalkan sholat jum’at sebanyak tiga kali berturut-turut tanpa ada halangan apapun, sedangkan ia sehat dan bisa, maka ia termasuk golongan orang-orang fasik.

Membaca Surat Yasin

Selain keutamaan surat Al-Kahfi, membaca sholawat, dzikir, umat Islam juga dianjurkan untuk membaca surat Yasin pada hari jum’at.

Amalan hari jum’at ini juga dijelaskan dalam sebuah hadits :

“Barang siapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jum’at, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).

Membaca Al-Qur’an senantiasa mendatangkan ketenangan batin atau jiwa, terlebih jika dilakukan pada hari jum’at yang penuh keistimewaan.

Memperbanyak Sedekah

Setiap amal kebaikan baik berupa sedekah, pahalanya akan dilipatgandakan. Dan sunnahnya hari jum’at adalah dianjurkan untuk memperbanyak bersedekah dalam bentuk apapun, baik makanan, pakaian, uang dan lain sebagainya.

Demikian ulasan tentang keutamaan dan amalan hari jum’at yang telah dianjurkan Rosulullah Muhammad SAW untuk meraup ampunan, pahala dan keberkahan dari Allah SWT.

Setiap perbuatan baik itu bisa mendatangkan kebaikan, dan perbuatan baik apapun yang diniati akan mendatangkan pahala. Terlebih jika dilakukan pada hari jum’at. Semoga bermanfaat.

Dilansir dari berbagai sumber.

Pria Ini Keliling 193 Negara Hingga Akhirnya Jatuh Hati dan Memeluk Islam

Pria Ini Keliling 193 Negara Hingga Akhirnya Jatuh Hati dan Memeluk Islam

Pelancong itu bernama Sal Lavallo. Ia telah mengunjungi berbagai negara. Bahkan, mengutip laman Wikipedia, lelaki itu didaulat sebagai salah seorang paling muda yang pernah mengunjungi seluruh negara di dunia.

Banyak pengalaman dibagikan sosok kelahiran Indiana, Amerika Serikat (AS), itu melalui akun vlog pribadinya di media sosial YouTube. Dalam beberapa video yang diunggahnya, tampak sisi religius dirinya. Salah satu video cukup istimewa karena menampilkan kisanya sejak awal memeluk Islam.

“Aku akan menceritakan kisah bagaimana hingga akhirnya memilih Islam. Yang perlu digarisbawahi, aku menjadi Muslim bukan karena terpengaruh budaya atau seorang gadis, misalnya. Juga bukan karena alasan politis,” ujar Lavallo dalam unggahannya di Youtube, yang di akses Republika.co.id beberapa waktu lalu.

Pertama-tama, ia menuturkan latar belakang dirinya. Lavallo lahir di sebuah kota kecil di Indiana, AS. Ia tinggal di sana hingga usia 16 tahun. Keluarganya merupakan penganut Katolik yang taat.

“Setiap Ahad, kami biasanya pergi ke gereja dan itu menjadi kegiatan yang paling saya sukai. Menjadi Katolik adalah hal yang lazim di sana karena memang lingkungan mayoritas menganut agama itu,” kata Lavallo.

Lavallo tumbuh dewasa sebagai Katolik karena dia memang tinggal dalam komunitas masyarakat yang mayoritas beragama Katolik. Ia tidak merasa ada kesalahan apa pun dalam pendidikan yang ia peroleh sejak kecil.

Ia kemudian melanjutkan pendidikan tingkat menengah di sekolah internasional. Untuk itu, ia Lavallo muda mesti tinggal di asrama. Di sanalah, ia mulai menemukan dunia baru yang berbeda daripada sebelumnya.

Dia bertemu dengan berbagai macam orang yang berasal lebih dari 90 negara. Tak sedikit dari mereka yang memeluk agama berbeda dari dirinya. Alhasil, Lavallo untuk pertama kalinya menyaksikan cara beribadah umat agama lain. Ketertarikan Lavallo untuk belajar agama-agama baru semakin tak terbendung. Pada saat itu, ia sempat tinggal di Houston, Texas. Ia bekerja untuk salah satu teman ayahnya.

Pada akhir pekan, ia menghabiskan setiap hari bersama keluarga salah satu alumni sekolah asramanya. Mereka menganut agama yang sama meskipun dengan denominasi yang berlainan.

Ketika masuk universitas, berbagai pertanyaan mulai bermunculan dalam benaknya. Sebab, ia kian banyak membaca dan mempelajari tentang agamanya sendiri. Waktu itu, ia mulai mempertanyakan peran sosok yang dianggap sebagai manusia dan tuhan sekaligus.

Sebagai mahasiswa, Lavallo memiliki pergaulan yang lebih beragam dan luas. Ia mulai tertarik dengan cara beragama yang semata-mata mengandalkan spiritualitas. Seperti seorang mistikus dengan aliran mistisme. “Anda dapat me miliki hubungan lang sung dengan Tuhan dan panteisme paham yang berkeyakinan Tuhan ada di mana-mana,” katanya mengenang masa-masa itu.

Untuk memperdalam spiritualitas nya, Lavallo mengambil banyak kursus yang berhubungan dengan kerohanian. Ia pun belajar lebih banyak tentang agama-agama lain. Sepanjang tahun perkuliahannya, ia memilih untuk berdoa dengan caranya sendiri.

Sebelum lulus, Lavallo memulai petualangannya keliling dunia seorang diri. Selama 18 bulan ia mulai melancong ke Afrika Timur pada tiga bulan pertama. Selanjutnya, ia singgah di Tel Aviv lalu merayakan Natal bersama keluarga sahabatnya.

Perjalanannya berlanjut ke Abu Dhabi. Empat bulan lamanya ia tinggal di sana, sebelum melangkahkan kaki ke India. Berbulan-bulan kemudian, ia terbang ke Venezuela, bertemu dengan komunitas tradisional setempat. Kembali ke Asia, ia melakukan perjalanan ke Yordania, Sri Lanka, dan Thailand.

Dari semua perjalanan ini, yang selalu aku lakukan adalah terus belajar tentang spiritualitas. Bagaimana orang-orang yang aku temui memaknai kehidupan ini, tutur dia. Waktu 18 bulan terasa lekas berlalu. Lavallo akhirnya dapat menyelesaikan jenjang sarjana dengan baik. Ia lantas memutuskan untuk berlibur ke Afrika. Tawaran pekerjaan pertamanya membawa Lavallo tinggal di Abu Dhabi.

Menjadi Muslim

Pria Ini Keliling 193 Negara Hingga Akhirnya Jatuh Hati dan Memeluk Islam

Bisa dikatakan, Lavallo pertama kali mengalami suasana komunitas Muslim bukan di Abu Dhabi, melain kan Afrika. Bahkan, ia pun secara resmi menjadi Muslim sejak sebelum menjadi karyawan di salah satu perusahaan negeri Arab itu. Suatu kali, ia melancong ke Tanzania, sebuah negara di pesisir Afrika Timur. Di sana, terdapat sebuah desa kecil dengan penduduk yang majemuk.

Tiap Jumat, Lavallo menyaksikan orang-orang berbondong-bondong ke masjid. Kemduian, setiap Ahad sebagian orang pergi ke gereja. Ia merasa, masyarakat setempat sangat harmonis. Suatu malam, ia mengobrol dengan seorang kakek yang belakangan ia ketahui sebagai Muslim. Diskusi saat itu membicarakan tentang makna kehidupan dan kebenaran.

“Aku mulai menjelaskan kebenaran dari perspektifku, yakni manusia hendaknya percaya, harus terus berdoa agar energi ilahi yang tak terlukiskan dapat menyatukan kita semua, ucap dia.

Kakek itu menjelaskan sesuatu yang saat itu terasa tak asing tetapi sekaligus baru bagi Lavallo. Kepada tamunya itu, ia memaparkan tentang adanya Tuhan Yang Maha Esa. Bahwa kehidupan ini dijalani dengan melakukan lima tahapan. Belakangan, Lavallo mengetahui, yang dibicarakan sang kakek ialah rukun Islam.

“Mempercayai satu Tuhan, berdoa lima kali dalam sehari, membantu orang lain, beribadah selama bulan Ramadhan, dan berziarah yakni haji. Ia terus menjelaskan itu semua, sehingga aku menjadi tertarik. Itu terdengar seperti untuk pertama kalinya aku menerima kebenaran,” kenang Lavallo.

Setelah mendalami Islam, ia merasa justru sedang memahami dirinya sendiri. Dan, itu menjadi pengalaman yang luar biasa dan indah baginya. Dalam usia 22 tahun, ia pun memutuskan untuk menjadi seorang Muslim.

“Jadi aku mengucapkan syahadat pada malam hari itu juga di depan sang kakek. Hari berikutnya, kami pergi ke masjid setempat dan menjumpai seorang imam di sana, Sempat berdiskusi lebih lama. Lantas, ia membimbingku untuk mengucapkan syahadat kembali, dalam bahasa Arab, Inggris, dan Swahili,” papar dia.

Sesudah itu, Lavallo mengikuti shalat isya berjamaah. Sang imam kemudian memperkenalkannya kepada seluruh jamaah, yang agaknya terheran-heran ada seorang bule ikut dalam shaf. Setelah disampaikan bahwa pria muda ini baru saja bersyahadat, mereka sontak mengatakan alhamdulillah! Mereka semua bersalaman, memeluknya dengan perasaan bahagia.

Suka cita tak berhenti di sana. Keesokan harinya, Lavallo menceritakan, beberapa warga setempat mengadakan perayaan untuknya. Seekor kambing disembelih dan dimasak untuk sajian. Pada hari terakhir liburannya, ia merasa sangat tersanjung dengan kemurahan hati mereka.

Sebagai seorang Muslim, ia merasa amat bersyukur. Pengala mannya melanglang buana akhirnya mempertemukannya dengan hidayah dari Allah SWT. Perjumpaannya dengan seorang tua di Tanzania, hingga pekerjaannya kini di Abu Dhabi, membuatnya semakin merasa sebagai bagian dari komunitas yang lebih besar: umat Islam.

Akan tetapi, Lavallo merasa kini cukup disibukkan dengan berbagai pekerjaan. Waktu untuk mempelajari Islam terasa semakin sempit. Ia berharap, tak kian tenggelam dalam ketidaktahuan tentang agamanya. “Bagaimanapun, aku senang selama bertahun-tahun aku terus berupaya menjadi Muslim yang baik, kata dia.

Bertahun setelah ikrar syahadatnya yang pertama, Lavallo kembali ke desa kecil di Tanzania itu. Ia berjumpa dengan orang-orang yang telah menyambutnya dalam iman dan Islam. Tentunya, sang kakek yang menjadi perantara hidayah tak akan pernah dilupakannya.

Betapapun demikian, ia tak lantas memutuskan untuk tinggal di sana. Lavallo lebih memilih Uni Emirat Arab (UEA). Sebab, di sanalah ia bekerja sebagai seorang konsultan manajemen. Ia merasa, UEA merupakan negara yang paling nyaman untuk mengamalkan Islam sekaligus mengejar karier.

“Bahkan sebelum aku mengenal Islam, iman kepada Tuhan selalu menjadi yang paling penting dalam hidup ini menurutku. Dan, sejak menjadi Muslim aku merasa semakin dekat dengan kasih- sayang-Nya. Ini benar-benar menakjubkan. Tentu, sebagai manusia aku mungkin berubah dari waktu ke waktu, tetapi aku merasa iman akan selalu membimbingku tetap di jalan yang lurus,” kata dia, seperti dikutip Islamic Finder.[]

Sumber: Republika.co.id

Apa Itu Rezeki? Apakah Hanya Sebatas Uang dan Materi?

Apa Itu Rezeki? Apakah Hanya Sebatas Uang dan Materi?

Berupa apa sih rezeki dan nikmat pemberian Allah SWT?

Apa rezeki itu cuma sebatas uang, gaji, punya rumah, mobil dan lain-lainnya saja.

Tentu saja bukan.

Rezeki Adalah….

Rezeki menurut arti katanya adalah penghidupan. Atau hal-hal bermanfaat untuk semua makhluq. Rezeki dari Allah artinya semua hal yang memiliki fungsi dan bermanfaat untuk makhluq yang semuanya datang dari Allah SWT.

Makna lain, rezeki juga bisa disebut sebagai anugerah. Yakni anugerah dari Allah untuk seluruh makhluk-Nya. Dan tahukah, bahwa seluruh makhluk ciptaan Allah, termasuk manusia itu sudah dijamin oleh Allah rejekinya.

Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat Ar-Rum Ayat 40:

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَكُمْ ثُمَّ رَزَقَكُمْ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْ هَلْ مِنْ شُرَكَائِكُمْ مَنْ يَفْعَلُ مِنْ ذَلِكُمْ مِنْ شَيْءٍ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ

allāhullażī khalaqakum ṡumma razaqakum ṡumma yumītukum ṡumma yuḥyīkum, hal min syurakāaikum may yaf’alu min dzalikum min syai’, sub-ḥānahụ wa ta’ālā ‘ammā yusyrikụn.

“Allah yang menciptakan kamu, kemudian memberimu rezeki, lalu mematikanmu, kemudian menghidupkanmu (kembali). Adakah di antara mereka yang kamu sekutukan dengan Allah itu yang dapat berbuat sesuatu yang demikian itu? Mahasuci Dia dan Mahatinggi dari apa yang mereka persekutukan.”. (QS. Ar-Rum ayat 40).

Tapi banyak kita yang tak luput dan hanya menafsirkan nikmat dan rezeki itu dari sisi materil saja.

Padahal rezeki itu begitu luas sampai-sampai begitu banyak diantara kita yang lalai dan tidak pernah bersyukur atas nikmat Allah SWT.

Senangnya mengeluh dan mengeluh di media sosial, tapi tidak pernah bersujud di hadapan Allah.

Sholat 5 waktu bahkan digadaikan demi mengejar dunia karena ngakunya kekurangan rezeki.

Status juga galau. Isinya doa dan keluhan-keluhan seputar urusan duniawi saja. Tapi sholat, sedekah, dan ibadah lainnya terabaikan. Doanya pun cuma lewat media sosial aja.

Apa aja sih rezeki itu?

Apa Itu Rezeki? Apakah Hanya Sebatas Uang dan Materi?

Allah telah memberikan banyak hal yang semuanya memiliki manfaatnya bagi seluruh kehidupan, termasuk manusia dan makhluq-Nya. Semua anugerah tersebut merupakan rejeki dari Allah SWT. Simak ulasan Widiynews tentang apa itu rezeki dibawah ini.

Langkah kaki yang dimudahkan untuk hadir ke majelis ilmu, itu adalah rezeki.

Langkah kaki yang dimudahkan untuk  sholat berjemaah di masjid, adalah  rezeki.

Hati yang Alloh Ta’ala jaga jauh dari penyakit hati seperti iri, dengki, dan kebencian, adalah  rezeki.

Baca juga: 5 Penyakit Hati dalam Islam Disertai Penjelasan dan Dalilnya

Memiliki kawan-kawan & sahabat yang  sholeh & sholehah yang saling mengingatkan dalam kebaikan, itu juga rezeki.

Saat keadaan sulit penuh keterbatasan, itu juga  rezeki. Mungkin jika dalam keadaan sebaliknya, justru membuat kita kufur, sombong, angkuh bahkan lupa diri & mudah terdorong melakukan maksiat.

Punya orang tua yang sakit-sakit, ternyata itu adalah  rezeki, karena merupakan ladang amal pembuka pintu surga bila kita tulus ikhlas menjaga & mengurus kedua orang tua kita.

Tubuh yang sehat, adalah  rezeki. Bahkan saat diuji dengan sakit, itu juga bentuk rezeki, karena sakit adalah penghapus/penggugur dosa jika kita ridho dan sabar.

Dan…dan…dan mungkin ada lagi jutaan list lainnya bentuk-bentuk rezeki yang kita tidak sadari dan tak terfikirkan…..

Suami Istri dan anak-anak  sehat itu  rezeki, anak-anak pelajarannya  lancar itu  rezeki, hidup rukun  antas sesama dan tetangga itu juga rezeki…

Baca juga: Doa Memohon Dibukakan Pintu Rezeki Lengkap Disertai Artinya

Bahkan bila anda mendapat kiriman/pesanan tausiah keagamaan yang mengajak kebajikan dari Group WhatsApp atau medsos lainnya itu juga rezeki, karena anda mendapatkan Ilmu darinya…

Justru apa yang harus kita  berwaspada adalah ketika hidup kita berkecukupan, lebih-lebih lagi jika mewah, penuh dengan kemudahan dan kebahagiaan, sedangkan masih terlalu banyak hak Allah Ta’ala yang belum mampu atau tidak kita tunaikan sama sekali.

“Mari sebarkan kebaikan dan nikmati rezeki yang Alloh Ta’ala berikan dan amanahkan kepada kita”

“.. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.” (Al-Hadid – 57:20)

Alhamdulillah hari ini Kamis menjelang malam Jum’at, mari membaca Al-Qur’an surah Al-Kahfi, memperbanyak istighfar, sholawat, doa dan sedekah.

Dari penjelasan singkat diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa rejeki itu terbagi menjadi 8 jenis, yaitu:

  1. Rezeki Karena Sudah Dijamin oleh Allah
  2. Rezeki Karena Berusaha
  3. Rezeki Karena Bersyukur
  4. Rezeki Karena Bertakwa
  5. Rezeki Karena Istighfar
  6. Rezeki Karena Menikah
  7. Rezeki Karena Anak
  8. Rezeki Karena Sedekah

Semoga kita senantiasa bisa memperbaiki ibadah kita kepada Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.

Robbana Taqobbal Minna

Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin….

Sumber: Group WAImage credit : NU

Kumpulan 50 Doa Sehari Hari Lengkap, Pendek, Arab, Latin dan Artinya

Kumpulan 50 Doa Sehari Hari Lengkap, Pendek, Arab, Latin dan Artinya

Doa Sehari Hari, tulisan ini berbagi kumpulan doa pendek yang lazim dibaca seperti bacaan sholat, makan, tidur, doa orang tua, keselamatan, rezeki, dan doa mustajab lainnya.


Insya Allah dengan mengamalkan doa sehari hari dan artinya ini Anda akan selalu merasakan khasiatnya, mendapat petunjuk, rahmat, hidayah, berkah serta kemudahan dari Allah SWT karena pada hakikatnya setiap doa mengajarkan berserah diri dan memohon petunjuk kemudahan.

Dalam Islam, pendidikan anak usia dini seperti TK dan PAUD sudah diajarkan untuk membaca doa pendek, seperti doa sholat, makan, tidur, keluar masuk rumah, masjid, hafalan 99 asmaul husna, dan masih banyak lagi doa seperti anjuran sunnah Nabi Muhammad SAW.

Tapi seiring bertambahnya usia, pendidikan, dan aktifitas, ternyata banyak yang sudah lupa bahkan tidak tahu sama sekali. Apalagi jika selama ini hanya disibukkan mengejar dunia tapi lupa sama Allah yang sudah menciptakan dunia dan isinya. Jangankan doa pendek, yang panjang pun pasti tidak bisa.

Untungnya, Widiynews.com telah menyiapkan kumpulan doa sehari hari Arab, Latin, lengkap dengan artinya yang dapat dibaca ketika selesai sholat, setiap saat atau di download dalam bentuk PDF.

50 Doa Pendek Sehari Hari Supaya Hidup Selamat, Berkah, dan Bahagia

Ada 50 doa pendek sehari hari disertai artinya yang telah kami kumpulkan untuk Anda sehingga dapat dibaca dan dihafal setiap saaat. Untuk membantu memudahkan Anda, dan anak-anak kami juga telah menyiapkan bacaan doa harian ini dalam bentuk PDF yang bisa di download.

Kumpulan 50 Doa Sehari Hari Lengkap, Pendek, Arab, Latin dan Artinya

Jadi, Anda dapat lebih mudah membacanya setiap saat melalui gadget apapun, seperti desktop saat berada di tempat kerja atau kantor, atau melalui smartphone saat diperjalanan.

Silahkan simak kumpulan doa sehari-hari lengkap, pendek, Arab, latin dan artinya yang bisa dihafalkan dan juga di amalkan.

1. Doa Makan Lengkap

Doa Sebelum Makan

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allahumma baarik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannaar

Artinya:

“Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka”

Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alnaa muslimiin

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam”

2. Doa Ketika Makan Lupa Membaca Doa

بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya”

3. Doa Sesudah  Minum

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

Alhamdu lillaahil ladzi ja’alahuu ‘adzbam furootam birohmatihii wa lamyaj’alhu milhan ujaajam bidzunuubinaa

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami”

4. Doa Sebelum Tidur

بِسْمِكَ اللّٰهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ

Bismikallohumma ahya wa amuutu

Artinya:

“Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku hidup dan aku mati”.

5. Doa Ketika Mimpi Buruk

اَللّٰهُمَّ إِنّىِ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ وَسَيِّئاَتِ اْلأَحْلاَمِ

Allaahumma innii a’uudzubika min ‘amalisy syaithaani wa sayyiaatil ahlami

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon perlindungan kepada Engkau dari perbuatan setan dan dari mimpi-mimpi yang buruk”

6. Doa Ketika Mendapat Mimpi Baik

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ قَطْلَ الْحَاجَتِ

Alhamdulillahil ladzii qodzoo haajaati

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang telah memberi hajatku”

7. Doa Bangun Tidur

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Alhamdu lillahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaa tanaa wa ilahin nusyuuru

Artinya :

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan”

8. Doa Masuk Kamar Mandi Atau Toilet

اَللّٰهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Alloohumma Innii a’uudzubika minal khubutsi wal khoaaitsi

Artinya:

“Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari godaan syetan  laki-laki dan syetan perempuan”

9. Doa Istinja

اَللّٰهُمَّ طَهِّرُ قَلْبِىْ مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْخِىْ مِنَ الْفَوَاحِشِ

Alloohumma thahhir qolbii minan nifaaqi wa hashshin fajrii minal fawaahisyi

Artinya :

“Wahai Tuhanku, sucikanlah hatiku dari sifat kepura-puraan (munafiq) serta peliharalah kemaluanku dari perbuatan keji”

10. Doa Keluar Kamar Mandi Atau Toilet

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Ghufraanaka. Alhamdulillaahil ladzii adzhaba ‘annjil adzaa wa’aafaanii.

Artinya:

“Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.”

11. Doa Menjelang Sholat Shubuh

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنْ ضِيْقِ الدُّنْيَا وَضِيْقِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ

Alloohumma inni a’udzubika min dzhiiqid-dunyaa wa dzhiiqi yaumal-qiyaamati

Artinya:

“Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesempitan dunia dan kesempitan hari kiamat. (HR. Abu Daud)”

12. Doa Menyambut Pagi hari

اَللّٰهُمَّ بِكَ اَصْبَحْنَا وَبِكَ اَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَاِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Alloohumma bika ashbahnaa wa bika amsainaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikan nusyuuru

Artinya :

“Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu pagi dan waktu petang, dan karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali.”

13. Doa Menyambut Sore Hari

اَللّٰهُمَّ بِكَ اَمْسَيْنَا وَبِكَ اَصْبَحْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

Alloohumma bika amsainaa wa bika ashbahnaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikal mashiir

Artinya :

“Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu petang dan waktu pagi, karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali.”

14. Doa Ketika Bercermin

اَلْحَمْدُ ِللهِ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِىْ  فَحَسِّـنْ خُلُقِىْ

Alhamdulillaahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii

Artinya:

“Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku”

15. Doa Masuk Rumah

اَللّٰهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal”

16. Doa Keluar Rumah / Doa Bepergian

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِالله

Bismillaahi tawakkaltu ‘alalloohi laa hawlaa walaa quwwata illaa bilaahi

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan pertologan Allah.”

17.  Doa Memakai Pakaian

بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ

Bismillaahi, Alloohumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa’a’uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu

Artinya:

“Dengan nama-Mu yaa Allah akku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya”

18. Doa Memakai Pakaian Baru

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

Alhamdu lillaahil ladzii kasaanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri hawlim minni wa laa quwwatin

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rizeki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku”

19. Doa Melepas Pakaian

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ

Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huwa

Artinya:

“Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya”

20. Doa Memohon Ilmu Yang Bermanfaat

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Alloohumma innii as-aluka ‘ilmaan naafi’aan wa rizqoon thoyyibaan wa ‘amalaan mutaqobbalaan

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang berguna, rezki yang baik dan amal yang baik Diterima. (H.R. Ibnu Majah)”

21. Doa Sebelum Belajar

يَارَبِّ زِدْنِىْ عِلْمًا وَارْزُقْنِىْ فَهْمًا

Yaa robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa

Artinya :

“Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman”

22. Doa Agar Mudah Konsentrasi Saat Belajar

رَّبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَٰتِ ٱلشَّيَٰطِينِ، وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَن يَحْضُرُونِ

Rabbi a’uudzubika min hamazatisy syayaathiini, wa a’uudzubika rabbi an yahdluruun.

Artinya :

“Ya Tuhanku aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan syaitan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku.” (QS. al-Mu’minun [23]: 97-98)

23. Doa Sesudah Belajar

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii astaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

Artinya :

“Ya Allah, sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali dan janganlah Engkau lupakan aku kepada ilmu itu wahai Tuhan seru sekalian alam.”

24. Doa Berpergian

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Alloohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Alloohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli

Artinya:

“Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

25. Doa Naik Kendaraan

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

Artinya :

“Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali “

26. Doa Naik Kapal

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya :

“Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

27. Doa Ketika Sampai di Tempat Tujuan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى سَلَمَنِى وَالَّذِى اَوَنِى وَالَّذِى جَمَعَ الشَّمْلَ بِ

Alhamdulillahil ladzi sallamani wal ladzi awani wal ladzi jama’asy syamla bi.

Artinya:

“Segala puji bagi Allah, yang telah menyelamatkan akau dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkanku dengan keluargaku.”

28. Doa Ketika Berjalan Menuju Masjid

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ فِىْ قَلْبِى نُوْرًا وَفِى لِسَانِىْ نُوْرًا وَفِىْ بَصَرِىْ نُوْرًا وَفِىْ سَمْعِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَسَارِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَمِيْنِىْ نُوْرًا وَفَوْقِىْ نُوْرًا وَتَحْتِىْ نُوْرًا وَاَمَامِىْ نُوْرًا وَخَلْفِىْ نُوْرًا وَاجْعَلْ لِّىْ نُوْرًا

Alloohummaj-‘al fii qolbhii nuuroon wa fii lisaanii nuuroon wa fii bashorii nuuroon wa fii sam’ii nuuroon wa’an yamiinii nuuroon wa’an yasaarii nuuroon wa fauqii nuuroo wa tahtii nuuroo wa amaamii nuuroon wa khofii nuuroon waj-‘al lii nuuroon

Artinya :

“Ya Allah, jadikanlah dihatiku cahaya, pada lisanku cahaya dipandanganku cahaya, dalam pendengaranku cahaya, dari kananku cahaya, dari kiriku cahaya, dari atasku cahaya, dari bawahku cahaya, dari depanku cahaya, belakangku cahaya, dan jadikanlah untukku cahaya.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

29. Doa Masuk Masjid

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Allahummaf tahlii abwaaba rohmatik

Artinya:

“Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”

30. Doa Keluar Masjid

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Allahumma innii asaluka min fadlik

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu”

31. Doa Akan Membaca Al-Qur’an

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Alloohummaftah ‘alayya hikmataka wansyur ‘alayya rohmataka wa dzakkirnii maanasiitu yaa dzal jalaali wal ikhroomi

Artinya :

“Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

32. Doa Setelah Membaca Al-Qur’an

اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ. وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَهُ آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allahummarhamnii bil qur’aani. waj’alhu lii imaaman wa nuuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa’allimnii minhu maa jahiltu. wazuqnii tilaa watahu aanaa-al laili wa athroofan nahaari. waj’alhu lii hujjatan yaa robbal ‘aalamiina.

Artinya :

“Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Quran yang agung, jadikanlah ia bagiku ikutan cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam.”

33. Doa Niat Wudhu

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa

Artinya :

“Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardu (wajib) karena Allah ta’ala”

34. Doa Setelah Wudhu

اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina, waj’alnii min ‘ibadikash shaalihiina.

Artinya:

“Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh”

35. Doa akan Mandi (Bukan Mandi Wajib)

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِى ذَنْبِى وَوَسِّعْ لِى فِىْ دَارِىْ وَبَارِكْ لِىْ فِىْ رِزْقِىْ

Alloohummaghfirlii dzambii wa wassi’lii fii daarii wa baarik lii fii rizqii

Artinya :

“Ya Allah ampunilah dosa kesalahanku dan berilah keluasaan di rumahku serta berkahilah pada rezekiku”

36. Doa Masuk Kamar Mandi

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

“Alloohumma Innii A’uudzubka Minal Khubutsi Wal Khobaaitsi”

Artinya :

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan dan kotoran”

37. Doa Keluar Kamar Mandi

الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Alhamdulillaahil-ladzii Adz-haba ‘Annil-adzaa Wa’aafaanii”

Artinya :

“Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan”

38. Doa Menengok Orang Sakit

للَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

“Allahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqoman.“

Artinya :

Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.”

39. Doa Ketika Bersin

اَلْحَمْدُ ِللهِ

“Alhamdulillaah“

Artinya :

“Segala puji bagi Allah”

40. Doa Mendengar Orang Bersin

يَرْحَمُكَ اللهُ

“Yarkhamukallaah“

Artinya :

“Semoga Allah memberikan rahmat kepadamu.”

41. Doa untuk Kedua Orang Tua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa

Aгtіnуа:

“Wаһаі tuhanku, аmрυnіӏаһ aku dan kеԁυа orang tuaku (іьυ ԁаn bapakku), sayangilah mereka ѕерегtі mегеkа menyayangiku diwaktu kесіӏ”

42. Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat

رَبَّنَا اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى اْلاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaa ban naar.”

Artinya :

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

Doa Sehari Hari Mustajab Penting untuk Dihafal

Selain doa sehari hari diatas, untuk melengkapi doa pendek kami juga hadirkan kumpulan doa doa penting lainnya yang sebaiknya diamalkan setiap hari, terutama ketika selesai sholat lima waktu, sholat hajat atau tahajud.

Insya Allah mustajab jika diamalkan secara istiqomah, ikhlas dan niat yang tulus serta pada waktu-waktu tertentu yang termasuk ke dalam waktu mustajab untuk berdoa. Simak selengkapnya dibawah ini.

Doa Memohon Ampunan Dosa Bagi Kedua Orang Tua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati Al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil’aliyyil adhiimi.

Artinya :

“Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.”

Doa untuk Kedua Orang Tua yang Sedang Sakit

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama

Artinya:

“Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

Doa Memohon Mati Chusnul Khotimah

رَبَّنَا وَآتِنَا مَا وَعَدْتَنَا عَلَىٰ رُسُلِكَ وَلَا تُخْزِنَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۗ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيعَادَ . رَبَّنَا إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِي لِلْإِيمَانِ أَنْ آمِنُوا بِرَبِّكُمْ فَآمَنَّا ۚ رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الْأَبْرَارِ

Artinya:

“Ya Tuhan sungguh kami telah mendengar seruan yang menyeru kepada iman: “Barimanlah kamu kepada Tuhanmu, maka kami pun beriman. Ya Tuhan, ampunilah dosadosa kami dan hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami, serta matikanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbuat kebajikan. Ya Tuhan, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantaraan rasul-rasulMu, dan janganlah Engkau hinakan kami pada hari kiamat nanti. Sungguh Engkau sama sekali tidak akan pernah menyalahi janji.” (QS. Âli Imrân: 193-294)

Doa untuk Melancarkan Rezeki saat Wabah

اَللَّهُ لَطِيْفٌ بِعِبَادِهِ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ الْقَوِيُّ الْعَزِيْزُ

“Allahu lathiifun bi’ibaadihi yarzuqu man yasyaa-u wahuwal qawiyyul ‘aziiz.”

Artinya :

“Allah Maha Lembut terhadap hamba-hamba-Nya; Dia memberi rezeki, kepada siapa yang di kehendaki-Nya, dan Dialah Yang Maha Kuat, lagi Maha Perkasa.”

Doa Terhindari dari Wabah dan Penyakit dari Rosulullah SAW

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ، والجُنُونِ، والجُذَامِ، وَسَيِّئِ الأسْقَامِ

Allāhumma innī a‘ūdzu bika minal barashi, wal junūni, wal judzāmi, wa sayyi’il a

Artinya :

“Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari penyakit lepra, gila, kusta, dan penyakit-penyakit buruk.”

Simak dan Baca : Doa Supaya Terhindar dari Penyakit Kulit Menular, Gila dan Kusta

Doa Ketika Rezeki Terasa Sulit

اَللَّهُ لَطِيْفٌ بِعِبَادِهِ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ الْقَوِيُّ الْعَزِيْزُ

“Allahu lathiifun bi’ibaadihi yarzuqu man yasyaa-u wahuwal qawiyyul ‘aziiz.”

Artinya :

“Allah Maha Lembut terhadap hamba-hamba-Nya; Dia memberi rezeki, kepada siapa yang di kehendaki-Nya, dan Dialah Yang Maha Kuat, lagi Maha Perkasa.”

Simak juga : Ingin Rezeki Berlimpah dan Berkah? Baca dan Amalkan Doa Ini!

Doa Ketika Galau dan Susah Tidur

اللهم  غَارَتِ النُّجُوْمُ وَهَدَأَتِ الْعُيُوْنُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّوْمٌ لَا تَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌ يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ أَهْدِئْ لَيْلِيْ وَأَنِمْ عَيْنِيْ أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَن يَّحْضُرُوْنِ

Allâhumma ghâratin nujûmu wa hada`atil ‘uyûnu wa anta hayyun qayyûmun lâ ta’khudzuka sinatun wa lâ naumun yâ hayyu yâ qayyûmu ahdi` lailî wa anim ‘ainî. A’ûdzu bikalimatillâhi at-tâmmati min ghadlabihi wa min syarri ‘ibâdihi wa min hamazâtisy syayâthiini wa an-yahdlurûni.

Artinya :

“Ya Allah, telah terbenam semua bintang, dan tidak berkedipsemau mata, dan Engkaulah dzat yang hidup lagi berdiri Sendiri, tidak akan mengenaiMu rasa kantuk dan tidak pula tidur. Wahai dzat yang maha hidup lagi Berdiri Sendiri, tenangkanlah malamku ini serta tidurkanlah mataku. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, dari kejelekan hamba-hamba-Nya, dari tipudaya setan dan dari kehadirannya.”

Doa Qunut Sholat Subuh dan Witir

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

“Allahummahdini fî man hadait, wa ‘âfini fî man ‘âfait, wa tawallanî fî man tawallait, wa bâriklî fî mâ a‘thait, wa qinî syarra mâ qadhait, fa innaka taqdhî wa lâ yuqdhâ ‘alaik, wa innahû lâ yazillu man wâlait, wa lâ ya‘izzu man ‘âdait, tabârakta rabbanâ wa ta‘âlait, fa lakal hamdu a’lâ mâ qadhait, wa astagfiruka wa atûbu ilaik, wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alâ âlihi wa shahbihi wa sallam.”

Artinya :

“Ya Allah tunjukkanlah akan daku sebagaiman mereka yang telah Engkau tunjukkan. Dan berilah kesihatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesihatan. Dan peliharalah daku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan. Dan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau kurniakan. Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan. Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.”

Download Kumpulan Doa Sehari Hari PDF

Kumpulan 50 Doa Sehari Hari Lengkap, Pendek, Arab, Latin dan Artinya

Silahkan download kumpulan doa sehari hari dalam bentuk PDF berikut untuk belajar dan menghafal bacaan doa pendek diatas. Semoga, dengan menghafal, membiasakan membaca doa sebelum dan sesudah setiap pekerjaan semakin mudah dan mendatangkan keberkahan.

DOWNLOAD DISINI

Demikian ulasan mengenai doa sehari hari yang dapat Anda baca dan pelajari agar setiap aktifitas dan ibadah semakin penuh berkah karena diawali dengan bismillah dan doa di awal dan akhir aktifitas.

Hal-hal sederhana seperti makan, minum, tidur, mandi, belajar, sampai doa keselamatan untuk orang tua dan diri sendiri semua doanya lengkap ada diatas. Hidup akan terasa indah, dan mudah jika doa sehari hari diatas selalu diamalkan setiap saat. Wallahau a’lam…

√ 8 Doa Dimudahkan Cepat Dapat Jodoh yang Baik untuk Laki dan Perempuan

√ 8 Doa Dimudahkan Cepat Dapat Jodoh yang Baik untuk Laki dan Perempuan

Simak ulasan doa minta dimudahkan dapat jodoh yang baik untuk laki-laki dan perempuan bacaan Arab, latin, disertai arti lengkapnya berikut ini.


Mati, hidup, dan jodoh memang sudah takdir Allah SWT. Tapi bukan berarti kita berdiam diri dan pasrah saja. Boleh kok kita memohon kepada Allah supaya diberikan jodoh yang baik dari segala sisi. Caranya yaitu dengan doa jodoh.

Ya walaupun, urusan yang satu ini memang ada yang bilang gampang-gampang susah. Faktanya, masih ada yang usianya sudah lebih dari matang, tapi belum juga menemukan jodohnya.

Jika Anda termasuk salah satu yang mengalami kesulitan menemukan jodoh, tidak ada salahnya menghafal serta mengamalkan doa jodoh agar dipermudah oleh Allah menemukan pasangan hidup idaman Anda.

Syukur-syukur, jodohnya nanti kalau Anda wanita, adalah seorang laki-laki yang sholeh, tampan, baik amal dan tutur katanya, penyabar, penyayang, dan menjadi imam yang baik.

Begitu juga sebaliknya apabila Anda laki-laki, segera dipertemukan dengan jodoh yang sholehah, cantik, berasal dari keturunan yang baik, serta punya sifat-sifat yang baik sesuai tuntunan agama Islam.

Doa Jodoh

√ 8 Doa Dimudahkan Cepat Dapat Jodoh yang Baik untuk Laki dan Perempuan

Ada beberapa doa meminta jodoh yang bisa dibaca setiap hari untuk Anda yang belum menemukan pasangan hidup.

Namun pada intinya, janganlah hanya terpaku pada hasilnya saja. Karena yang paling penting adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Jadikan usaha dan doa meminta jodoh ini sebagai sarana untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah.

Anda bisa menempuh beberapa usaha untuk segera mendapatkan jodoh, seperti memperbaiki kualitas diri, meningkatkan iman, taqwa, dzikir, sholat tahajud, memperbanyak koneksi, berdoa dan taaruf bagi yang sudah menemukan.

Jadi, walaupun hasilnya gak maksimal dan Anda belum juga menemukan jodoh, jangan mengeluh dan menyerah. Karena sejatinya usaha kita adalah untuk menggapai ridhanya Allah. Dan berikut beberapa doa yang bisa dilafalkan supaya cepat dapat jodoh yang baik seperti tuntunan agama Islam.

Doa Meminta Jodoh dan Keturunan yang Baik

Doa meminta jodoh dan keturunan ini bisa dibaca oleh laki-laki dan perempuan.

Selain berharap jodoh, dalam doa mustajab Nabi Ibrahim ini pun terkandung permohonan pada Allah agar saat dipertemukan dengan pasangan hidup dapat menjadi imam dalam rumah tangga dan memiliki keturunan yang baik, sholeh dan sholehah.

Bacaan Doa Meminta Jodoh dan Keturunan yang Baik

√ 8 Doa Dimudahkan Cepat Dapat Jodoh yang Baik untuk Laki dan Perempuan

[the_ad id=”28266″]

Bacaan Doa Meminta Jodoh dan Keturunan yang Baik Arab

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

“Rabbana hablana min azwaajina, wa dzurriyyatina qurrata a’yuniw, waj’alna lil muttaqiena imaamaa.”

Artinya:

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami jodoh kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS 25:74)

Doa agar Dimudahkan Mendapatkan Jodoh

Karena mendapatkan jodoh terbaik itu tidak mudah, jadi selain mencari saja tidaklah cukup. Dibutuhkan ikhtiar, dan usaha lain agar dimudahkan mendapat jodoh.

Dalam Islam selalu dianjurkan untuk memilih pasangan hidup atau jodoh, hal ini tertuang dalam hadits Nabi Muhammad SAW berikut ini:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: ” تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لِأَرْبَعٍ: لِمَالِهَا، وَلِحَسَبِهَا، وَلِجَمَالِهَا، وَلِدِينِهَا، فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Wanita umumnya dinikahi karena 4 hal: hartanya, nasabnya, kecantikannya, dan agamanya. Karena itu, pilihlah yang memiliki agama, kalian akan beruntung.

Bacaan Doa Memohon Dimudahkan Mendapat Jodoh

√ 8 Doa Dimudahkan Cepat Dapat Jodoh yang Baik untuk Laki dan Perempuan

Bacaan Doa Minta Dimudahkan Dapat Jodoh Arab

رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَ أَنْتَ خَيْرُ الْوَارِثِيْنَ

“Robbi Laa Tadzarni Fardan Wa Anta Khorul Waaritsin”

Artinya:

“Ya Allah, janganlah engkau membiarkan aku hidup seorang diri, sesungguhnya Engkau pemberi waris yang paling baik”.

Doa Minta Jodoh untuk Laki-Laki

Kalau doa diatas dapat digunakan secara umum atau oleh siapa saja, maka ada salah satu doa cepat dapat jodoh untuk laki-laki dibawah ini.

Bacaan Doa Minta Jodoh untuk Laki-Laki

√ 8 Doa Dimudahkan Cepat Dapat Jodoh yang Baik untuk Laki dan Perempuan

Bacaan Doa Minta Jodoh untuk Laki-Laki Arab, Latin dan Artinya

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

“Robbi Hablii Milladunka Zaujatan Thoyyibah Akhtubuha Wa Atazawwaj Biha Watakuna Shoohibatan Lii Fiddiini Waddunyaa Wal Aakhiroh”.

Artinya:

“Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat”.

Doa Minta Jodoh untuk Wanita

Doa cepat dapat jodoh selanjutnya adalah untuk wanita. Doa ini dapat diamalkan ketika terasa sulit menemukan pendamping hidup.

Semoga dapat ikhtiar serta diiringi doa jodoh untuk wanita ini Anda dapat segera dipertemukan dengan calon imam Anda.

Bacaan Doa Minta Jodoh untuk Wanita

√ 8 Doa Dimudahkan Cepat Dapat Jodoh yang Baik untuk Laki dan Perempuan

Bacaan Doa Minta Jodoh untuk Wanita Bahasa Arab

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

“Robbi Hablii Milladunka Zaujan Thoyyiban Wayakuuna Shoohiban Lii Fiddiini Waddunyaa Wal Aakhiroh”.

Artinya:

“Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia & akhirat”.

Doa Jodoh Terbaik

Ini adalah salah satu doa jodoh terbaik karena selain memohon dimudahkan jalan menemukan pasangan hidup, doa mustajab ini juga berisikan permohonan ketentraman didalam hati.

Jadi, walau masih sendiri dan belum juga menemukan jodoh hati tetap tenang dan yakin akan takdir Allah SWT.

Bacaan Doa Jodoh Terbaik Latin dan Artinya

Allaahummaftahlii Hikmataka Wansyur ‘Alayya Min Khozaa Ini Rohmatika Yaa Arhamar-Roohimiin.

Artinya:

“Ya Allah bukakanlah bagiku hikmah-Mu dan limpahkanlah padaku keberkahan-Mu, wahai Yang Maha Pengasih dan Penyayang”.

Doa Rezeki dan Jodoh Nabi Musa AS

Ini adalah doa yang pernah dibaca oleh Nabi Musa AS ketika meminta pada Allah SWT jodoh dan pasangan hidup beliau.

Doa mustajab ini juga dapat digunakan untuk meminta dilancarkan rezeki dan memohon kebaikan dari yang kita harapkan dari Allah.

Bacaan Doa Rezeki dan Jodoh Nabi Musa AS

√ 8 Doa Dimudahkan Cepat Dapat Jodoh yang Baik untuk Laki dan Perempuan

Bacaan Doa Rezeki dan Jodoh Nabi Musa AS Arab, Latin dan Artinya

“Robbi inni lima anzalta ilayya min khoirin faqir”

Artinya:

Ya Robb, sesungguhnya aku sangat memerlukan suatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku”. (Q.S. 28 : 24)

Dzikir Hasbunallah

Dzikir Hasbunallah Wani’mal Wakil Ni’mal Maula Wani’man Nasir adalah bacaan yang kali diucapkan oleh para Nabi, dan ulama salaf, baik ketika lapang maupun saat menghadapi cobaan besar dan fitnah yang berat.

Semoga dengan mengamalkan dzikir ini, Anda dapat terhindar dari fitnah dunia dan isinya dan mendapatkan pendamping hidup yang terbaik menurut Allah SWT.

Bacaan Dzikir Hasbunallah

√ 8 Doa Dimudahkan Cepat Dapat Jodoh yang Baik untuk Laki dan Perempuan

Bacan Dzikir Hasbunallah Arab, Latin dan Artinya

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

وَلَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Hasbunallah Wani’mal Wakil Ni’mal Maula Wani’man Nasir. Wa Laa Haula Wa Llaa Quwwara Illaa Billahil ‘Aliyyil Adziim

Artinya:

“Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung, Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong”. (Q.S. 3 : 173 & 8 : 40).

Itulah kumpulan doa jodoh Islam terbaik yang bisa Anda amalkan. Selain doa diatas, Anda juga dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan ibadah lainnya untuk supaya doa cepat terkabul.

Wirid, Dzikir, dan Amalan Supaya Mendapatkan Jodoh Terbaik

Dengan mengamalkan wirid, doa, dzikir dan amalan dalam bentuk ibadah lainnya, Insya Allah dapat lebih mudah untuk Anda menemukan jodoh terbaik.

Berikut beberapa cara menjemput jodoh terbaik melalui amalan-amalan ibadah.

1. Yakin Kepada Allah

Syarat utama supaya dimudahkan dalam mencari jodoh serta pasangan hidup terbaik adalah selalu yakin pada Allah.

Jangan pula berambisi tentang pasangan hidup, apalagi berharap jodoh cuma sebatas paras / wajah lebih mengalahkan perintah mencari pasangan sesuai tuntunan Islam.

Dan jangan pula mengatur-mengatur Allah dalam menentukan jodoh. Karena Allah lebih berhak menentukan pasangan hidup terbaik untuk Anda.

Harus selalu yakin bahwa jodoh yang diberikan Allah itu yang terbaik, bukan sekedar nafsu dan keinginan Anda yang terbaik. Karena yang terbaik menurut Anda belum tentu yang terbaik bagi Allah.

2. Memohon Ampunan Allah SWT

Selain yakin terhadap takdir dan putusan Allah serta istiqomah dalam berdoa, sebaiknya segeralah untuk bertaubat. Dan sebaik-baiknya taubat adalah taubat nasuha yaitu salah satunya dengan cara sholat taubat.

Mintalah ampunan Allah atas segala perbuatan dosa yang selama ini telah dilakukan. Baik untuk diri sendiri dan juga untuk kedua orang tua.

3. Melaksanakan Sholat Tahajud dan Hajat

Sholat sunnah adalah amalan terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah. Salah satu sholat sunnah yang dianjurkan dalam hal ini adalah sholat tahajud dan sholat hajat.

Laksanakan kedua sholat sunnah ini secara istiqomah, tidak hanya karena Anda memiliki keinginan saja, tapi secara konsisten.

Dengan melaksanakan keduanya, Anda tidak hanya dapat berdoa meminta diberi kemudahan dan jodoh terbaik, tapi juga mendapatkan pahala.

Waktu sholat tahajud adalah waktu dari sepertiga malam yang termasuk salah satu waktu mustajab untuk berdoa. Waktu yang tepat juga untuk lebih mendekatkan diri pada Allah setelah melakukan taubat dari dosa.

Sedangkan sholat hajat, adalah sholat sunnah yang paling dianjurkan supaya hajat atau keinginan cepat tercapai.

4. Menjaga Wudhu dan Sholat 5 Waktu

Usahakan untuk tetap menjaga wudhu setiap saat. Selain terhindar dari hadats kecil, wajah yang sering terbasuh oleh air wudhu akan terlihat berseri, dan bersih.

Sementara sholat wajib adalah sholat yang wajib dilakukan oleh setiap umat Islam yang sudah memasuki syarat wajib sholat.

Sholat ini adalah ibadah yang paling utama dari ibadah lainnya.

Tunaikan sholat 5 waktu dengan tepat waktu, serta utamakan berjamaah dimasjid jika tidak ada halangan.

Setelah melaksanakan sholat wajib, Anda bisa membaca doa jodoh. Sehingga, Insya Allah, Allah segera mengabulkan dan memudahkan langkah Anda dalam menemukan pasangan hidup terbaik seperti tuntunan Islam.

5. Perbanyak Berdoa dan Bersedekah

Salah satu penyebab sulitnya bertemu jodoh dan rezeki adalah kurangnya berdoa.

Allah menyukai hamba-hambanya yang berdoa. Jadi, jangan berhenti berdoa pada Allah dalam hal ini.

Walau setiap doa Anda mungkin tidak langsung dikabulkan oleh Allah, tapi yakinlah bahwa Allah Maha Tahu dan Maha Mendengar. Karena demikian, Allah sudah mempersiapkan jawaban dari setiap doa yang Anda lantunkan setiap saat, terutama soal jodoh terbaik Anda.

Perbanyak juga amalan sedekah, karena sedekah itu banyak sekali pahalanya dan dapat meningkatkan potensi terkabulnya doa Anda.

6. Bertawakal Pada Allah

Kerjakan setiap amalan-amalan secara istiqomah. Jangan pernah berhenti memohon pada Allah melalui doa jodoh diatas.

Serahkan semuanya kepada Allah, karena Dialah yang mengatur segalanya, termasuk urusan jodoh, rezeki dan maut setiap makhluk yang hidup didunia ini.

Jangan pernah berburuk sangka kepada Allah, karena itu tindakan tercela dan dapat mendekatkan Anda pada perbuatan syirik.

Jika Anda yang sampai saat ini masih belum menemukan jodoh, lakukan juga amalan setiap selesai sholat subuh berjamaah selama 41 hari berturut-turut amalan dibawah ini:

  1. Istighfar 100x
  2. Membaca sholawat Shallallah ala Muhammad, Shallallah alaihi wa sallim 100X
  3. Membaca Surat AL Fajri dan Surta Al Waqiah
  4. Usahakan tiap hari sedekah kepada fakir miskin & anak yatim piatu.

Demikian ulasan tentang doa mendapatkan jodoh terbaik dari Allah yang bisa Anda amalkan.

Karena rumah tangga adalah ladang ibadah, maka mencari pasangan hidup terbaik adalah cara menuju kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Kalahkan nafsu birahi, lakukan secara istiqomah dan yakin serta penuh harapan, dan selalu chusnudzon kepada Allah, maka Allah pasti akan merahmati dan meridhoi hajat Anda.

√ Doa Sebelum Tidur Terhindar dari Mimpi Buruk Arab, Latin dan Maknanya

√ Doa Sebelum Tidur Terhindar dari Mimpi Buruk Arab, Latin dan Maknanya

Bacan Doa Terhindar dari Mimpi Buruk Saat Tidur– Dalam agama Islam, Rosulullah SAW selalu menganjurkan untuk membaca doa sebelum tidur. Agar tidurnya mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Sebenarnya, ada beberapa anjuran lain dari Rosulullah SAW diantaranya adalah tidur dalam keadaan suci dari hadas besar dan kecil, menghadap kekanan, membaca dzikir serta doa tidur lainnya.

Meski demikian, yang paling sering diamalkan oleh umat Islam pada umumnya adalah membaca doa sebelum tidur saja.

Salah satu hadits Nabi Muhammad SAW yang menganjurkan untuk bersuci sebelum tidur adalah sebagai berikut:

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

Artinya:

“Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.’” (HR. Ibn Hibban).

Doa Sebelum Tidur Terhindar dari Mimpi Buruk

Mimpi sering kali dianggap sebagai bunganya tidur, jadi tak heran jika banyak orang yang beranggapan untuk tidak terlalu percaya dengan mimpi. Walau demikian, ada juga loh sebagian orang yang masih percaya jika mimpi juga merupakan pertanda alam. Bagaimana dengan kalian sendiri?

√ Doa Sebelum Tidur Terhindar dari Mimpi Buruk Arab, Latin dan Maknanya

Walau cuma sekedar kembangnya tidur, mimpi juga bisa memberi efek pada psikologi seseorang, terutama ketika bangun tidur atau saat pagi hari. Apalagi yang ia dapatkan adalah mimpi buruk, mungkin akan terasa was-was dan merasa lelah seperti kurang semangat.

Begitupun sebaliknya, jika mendapatkan mimpi indah seseorang biasanya bangun dengan penuh harapan, semangat dan motivasi yang kuat.

Doa Sebelum Tidur Supaya Mendapat Mimpi Indah

Ada salah satu doa sebelum tidur yang mudah dilafalkan ketika kalian beranjak untuk tidur. Doa ini cukup pendek sehingga mudah untuk dihafal.

Sebagian dari kalian mungkin sudah sering mendengar bacaan doa ini, namun jika pun belum pernah sama sekali berikut adalah bacaan doa agar terhindar dari mimpi buruk sehingga mimpi yang datang adalah mimpi yang indah dan baik.

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ رُؤْيًا صَالِحًا صَادِقَةً غَيْرَكَاذِبَةٍ نَافِعَةً غَيْرَضَارَّةٍ

Bacaan latinnya adalah:

“Allahumma inni as aluka rukyan shoolihatan shoodiqotan ghoiro kaadzibatin naafiatan ghoiro dzloorrotin”

Artinya adalah:

“Ya Allah, aku mohon kepada-Mu mimpi yang baik dan yang benar, (serta) tidak dusta, yang bermanfaat dan tidak berbahaya.”

Baca dan Simak Juga: Inilah Doa Istimewa Rosulullah Sebelum dan Sesudah Tidur

Doa Sebelum Tidur

Ada banyak sekali dzikir, dan doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika hendak tidur, salah satunya adalah doa pendek berikut ini:

باسمِكَ اللَّهُمَ أَحْيا وأمُوتُ

Bacaan latinnya adalah sebagai berikut:

“Bismika allahumma ahyaa wa amuut”

Artinya adalah:

“Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”. (HR.Bukhari dan Muslim).

Makna Doa Sebelum Tidur

Makna doa sebelum tidur diatas adalah kita diajak untuk pasrah kepada Allah SWT yang mana Dia adalah pemilih seluruh kehidupan dan kematian.

Melalui doa sebelum tidur ini juga kita diajak untuk merenungi kembali bahwa kita, sebagai manusia adalah makhluk yang sangat lemah, hal ini digambarkan waktu kita tidur.

Saat sedang atau akan tidur, kita tidak mampu mengusai diri, mengendalikan tubuh, atau bahkan menentukan mimpi buruk atau indah.

Makna lain dari doa tidur diatas adalah Rosulullah SAW menggambarkan begitu dekatnya tidur dengan kematian. Bahkan perumpaan tidur dan mimpi ini hampir sama. Hal ini dijelaskan dalam hadits berikut:

“Tidur itu temannya mati.” (HR. Baihaqi,Thabrani dan Bazzar).

Mengapa demikian? Sebab, saat kita sedang tidur seluruh panca indra serta kesadaran tidak berfungsi sama sekali atau lebih tepatnya menyerupai mati. Hanya denyut jantung, nafas, dan beberapa aspek lain yang masih hidup.

Maka dari itu, Rosulullah SAW selalu mengajarkan untuk selalu tidur dalam keadaan suci atau berwudhu, dengan harapan kita tertidur dalam keadan suci pula. Seperti yang sudah dijelaskan didalam hadits diatas.

Simak juga: Jangan Tidur Setelah Shalat Subuh! Ini Alasannya Menurut Islam

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang doa sebelum tidur supaya terhindari dari mimpi buruk lengkap disertai bacaan Arab, latin dan maknanya. Semoga, doa ini dapat kembali mengingatkan kita bahwa semua yang kita miliki saat ini hanyalah titipan Allah SWT semata.

Seperti halnya tidur, kita akan melupakan segala yang kita miliki. Begitu pula dengan mati, kita akan meninggalkan seluruh yang kita miliki didunia dan tak akan kita bawa apapun kemewahan dunia.

Point dari doa sebelum tidur diatas sebenarnya bukanlah tentang tidurnya, sebab para Nabi, Ulama dan orang-orang sholeh selalu mengurangi tidur dan lebih memilih untuk memperbanyak ibadah serta amal kebaikan lainnya. Wallahu a’lam…..

Larangan Taat Kepada Orang Tua dalam Perkara Maksiat

Berbakti kepada orang tua dan berbuat baik kepada mereka adalah wajib hukumnya, tapi tidak dalam perkara berbuat dosa, maksiat, syirik, dan bid’ah.

Ketaatan kepada orang tua tidak secara mutlak dalam seluruh perkara. Selama itu dalam ketaatan pada Allah atau masih dalam kebaikan, maka perintah mereka harus ditaati. Adapun jika mereka memerintahkan untuk berbuat syirik, maksiat dan bid’ah, maka tidak ada ketaatan kepada keduanya.

Allah Ta’ala berfirman :

وَإِن جَاهَدَاكَ عَلى أَن تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفاً وَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَيَّ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

“ Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mentaati keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.“ (Luqman : 15)

Jika Orangtua Menyuruh Berbuat Syirik

Larangan Taat Kepada Orang Tua dalam Perkara Maksiat

Apabila orang tua menyuruh untuk berbuat syrik, maka Allah melarang untuk mentaatinya. Allah berfirman :

وَإِن جَاهَدَاكَ عَلى أَن تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا

“ Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mentaati keduanya !“

Dalam firman Allah (فَلَا تُطِعْهُمَا) “janganlah kamu mentaati keduanya” terdapat dua faedah :

1. Tidak boleh mantaati keduanya dalam melakukan perbuatan syirik karena tidak ada ketaatan kepada makhluk dalam perbuatan maksiat kepada Allah Al Khaliq. Hak  Allah lebih wajib ditunaikan daripada hak kedua orang tua.

2. Allah menggunakan ungkapan (فَلَا تُطِعْهُمَا) “jangan mentaati keduanya” dan tidak menggunakan ungkapan (فاعصهما) “selisihlah keduanya” karena ungkapan yang pertama lebih lembut dan mudah diterima jiwa. Begitu pula tidak digunakan ungkapan (لا تبرهما) “janganlah berbuat baik kepada keduanya” atau (لا تقم بحقهما) “janganlah tunaikan hak keduanya” karena berbuat baik dan menunaikan hak keduanya adalah kewajiban meskipun mereka menyuruh untuk berbuat syirik.

Jika kedua orang tua masih punya hak meskipun memerintahkan kesyirikan, maka bagaimana lagi jika mereka memerintahkan yang selain syirik ? Hal ini menunjukkan bahwa menunaikan hak kedua orangtua merupakan perkara yang agung dan bukanlah perkara yang remeh dalam Islam. 

Bagaimanapun keadaan orang tua, kita diwajibkan oleh Allah untuk berbakti kepada mereka, selama bukan merupakan perkara maksiat kepada Allah dan Rasul-Nya. Jika orang tua memerintahkan kita untuk bermaksiat kepada Allah dan Rasul-Nya, maka tidak ada kewajiban untuk mentaati perintah mereka. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:

لَا طَاعَةَ فِي مَعْصِيَةٍ إِنَّمَا الطَّاعَةُ فِي الْمَعْرُوفِ

“ Tidak ada ketaatan dalam perkara maksiat, taat itu hanya dalam perkara yang ma’ruf” (HR. Bukhari dan Muslim)

Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

إِنَّهُ لاَ طَاعَةَ لِمَخْلُوْقٍ فِي مَعْصِيَةِ الْخَالِقِ

“Tidak ada ketaatan kepada makhluk dalam bermaksiat kepada Khaliq.” (HR. Ahmad, shahih)

Syaikh Abdurrahman bin Nashir As Sa’di rahimahullah menjelaskan dalam tafsirnya bahwasanya jangan disangka mentaati keduanya dalam perbuatan syirik adalah termasuk bentuk ihsan (berbuat baik) kepada keduanya.

Hak Allah tentu lebih diutamakan dan didahulukan daripada hak siapapun. Tidak ada ketaatan kepada makhluk dalam bermaksiat pada Al Khaliq (Sang Pencipta). Allah Ta’ala tidaklah mengatakan, “Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka (فعقهما) “durhakailah keduanya .

Namun Allah Ta’ala katakan (فَلَا تُطِعْهُمَا)  “janganlah mentaati keduanya”, yaitu dalam berbuat syirik. Adapun dalam berbuat baik pada orang tua maka tetap harus dilakukan. ” (Taisir Al Karimir Rahman)

Sumber: Muslim.or.id

Doa Supaya Terhindar dari Penyakit Kulit Menular, Gila dan Kusta

Doa Supaya Terhindar dari Penyakit Kulit Menular, Gila dan Kusta

Doa Terhindar dari Penyakit Kulit – Salah satu ibadah yang dianjurkan Rosulullah SAW adalah memperbanyak doa kepada Allah, salah satunya agar terhindar dari penyakit kulit berbahaya dan menular.

Salah satu penyakit kulit berbahaya adalah kusta. Kusta merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium Leprae yang menyerang jaringan kulit, saraf tepi, saluran pernapasan, serta mata.

Indonesia, menurut riset Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menduduki peringkat ketiga didunia yang paling banyak menderita kusta. Namun sayang, banyak orang beranggapan penyakit kulit ini sering kali dikait-kaitkan dengan karma atau dosa dimasa lalu.

Doa Supaya Terhindar dari Penyakit Kulit Menular, Gila dan Kusta

Bakteri penyebab kusta juga bisa menular atau menyebar melalui percikan air liur atau ingus ketika penderita bersin atau batuk. Walau demikian, kusta tidak menular secara cepat karena hampir dibutuhkan waktu lama sampai 5 tahun sampai ia menunjukkan gejala kusta.

Ada salah satu doa yang diajakarn oleh Nabi Muhammad SAW agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit kulit seperti kusta, gila, dan penyakit menular lainnya.

Berikut bacaannya:

Doa Supaya Terhindar dari Penyakit Kulit Menular, Gila dan Kusta

Allahumma Innii A’uudzu Bika Minal Barashi Wal Junuuni Wal Judzaami Wamin Sayyi-il Asqoomi (HR. Abu Dawud )

Artinya:

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit kulit, gila, kusta, dan dari segala penyakit yang buruk lainnya.”

Silahkan diamalkan doa diatas secara konsisten dengan harapan agar terhindar dari penyakit kulit menular, gila, dan kusta pada waktu-waktu mustajab, atau ketika Anda selesai sholat lima waktu.

Berdoa adalah salah satu jalan terbaik untuk lebih dekat dengan Allah SWT. Didalam agama Islam, doa punya banyak definisi dan manfaat diantaranya adalah ibadah.

Karena termasuk ibadah maka kita akan mendapatkan pahala dan yang paling utama adalah ridho Allah SWT. Dikatakan juga, berdoa adalah salah satu senjatanya umat Islam. Mereka yang tidak pernah dan enggan berdoa sama halnya seperti orang sombong.

Baca juga: Doa Agar Hati Lunak, Ringan dan Dimudahkan untuk Ibadah

Semoga dengan melafalkan doa diatas, kita semua dapat terhindari dari berbagai macam penyakit berbahaya dan menular.

11 Makna dan Keutamaan Bulan Rajab dalam Islam

11 Makna dan Keutamaan Bulan Rajab dalam Islam

Keutamaan Bulan Rajab dalam Islam – Termasuk bulan dalam penanggalan Hijriyah (Kalender Islam), Rajab menjadi salah satu bulan yang selalu dinanti-nanti karena banyak keistimewaan. Bahkan, namanya tercatat didalam Al-Qur’an sebagai bukti bahwa bulan ini begitu dihormati.

Bulan Rajab memiliki makna yang sangat istimewa bagi umat Islam, karenanya bulan mustajab ini memiliki banyak keutamaan yang sangat dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah dan doa.

Salah satu amal ibadah yang paling dianjurkan pada bulan ini adalah berpuasa. Walau demikian, Islam menganjurkan untuk mengerjakan ibadah-ibadah lainnya karena pada bulan ini Allah SWT melipatgandakan pahala ibadah sampai 70 kali lipat.

Firman Allah SWT didalam Surat At-Taubah ayat 36:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ – ٣٦

Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa. (At-Taubah:36)

11 Keutamaan Bulan Rajab dalam Islam yang Patut Diketahui

11 Makna dan Keutamaan Bulan Rajab dalam Islam

Berikut beberapa makna dan keutamaan bulan Rajab berdasarkan Surat At-Taubah Ayat 36. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan keislaman kita semua.

1. Bulan Haram

Rajab atau bulan Rojab merupakan salah satu dari empat bulan haram dimana ketiganya yaitu Dzulhijjah, Dzulqa’dah dan Muharram.

Dinamakan bulan haram karena Allah mengharamkan kita menyakiti diri kita sendiri dan orang lain, apapun alasannya. Kita juga dianjurkan untuk menghindari segala bentuk perbuatan dosa karena perhitungan pada bulan ini akan dilipatgandakan.

Baca juga: Amalan Doa dan Tata Cara Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab

2. Bulan Penuh Berkah

Bulan Rajab termasuk dalam salah satu bulan yang diagungkan dalam Islam, bahkan namanya tercatat didalam Al-Qur’an.

Dalam bulan Rajab terdapat banyak keberkahan. Hal ini berkaitan dnegan perintah untuk melaksanakan kebajikan dan ibadah sebanyak-banyaknya karena pahala tersebut akan dilipatgandakan.

Disebutkan jika seseorang yang melakukan amal kebaikan pada bulan ini akan dilipatgandakan pahalanya menjadi 70 kali lipat. Sedangkankan selain pada bulan haram (mulia), pahala dari amal yang dilakukan hanya 10 kali lipat.

3. Bulan yang Mulia

Nabi Muhammad SAW menegaskan terkait kemuliaan bulan Rajab, hal ini dipertegas dengan salah satu hadits berikut :

“Bulan Rajab adalah bulan Allah yang besar dan bulan kemuliaan. Di dalam bulan ini perang dengan orang kafir diharamkan. Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan umatku.”

4. Termasuk Bulan yang Suci

Hal ini dijelaskan dalam hadits Nabi Muhammad SAW berikut :

“Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadal (akhir) dan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 3197 dan Muslim no. 1679).

Pada bulan Rajab, umat Islam dianjurkan menghindari perbuatan dosa, dzalim baik untuk diri sendiri atau kepada orang lain. Inilah salah satu bukti mengapa Rajab menjadi salah satu dari empat bulan haram.

5. Bulan Mustajab untuk Berdoa

Inilah mengapa pada bulan haram ini umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak doa, hal ini dijelaskan dalam hadits Rosulullah SAW :

“5 malam tidak ditolak di dalamnya doa-doa; awal malam Bulan Rajab, malam separuh Bulan Sya’ban, malam Jumat, malam idul fitri, dan malam idul adha.” (Hadits ini dikeluarkan Imam as Suyuthi RA dalam Kitab al Jami)

Bulan Rajab adalah waktu yang tepat untuk memperbanyak doa karena termasuk waktu mustajab. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda.

يَتَنَزَّلُ رَبَّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلُّ لَيْلَةٍ إلَى سَمَاءِ الدُّنْيَا حِيْنَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ اْلآخِرِ فَيَقُوْلُ مَنْ يَدْعُوْنِيْ فَأَسْتَجِبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلْنِيْ فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُ نِيْ فَأَغْفِرَلَهُ

“Sesungguhnya Rabb kami yang Maha Berkah lagi Maha Tinggi turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga akhir malam, lalu berfirman ; barangsiapa yang berdoa, maka Aku akan kabulkan, barangsiapa yang memohon, pasti Aku akan perkenankan dan barangsiapa yang meminta ampun, pasti Aku akan mengampuninya”. [Shahih Al-Bukhari, kitab Da’awaat bab Doa Nisfullail 7/149-150]

6. Bulan untuk Bertaubat dan Memperbanyak Ibadah

Bulan Rajab menandakan bahwa Ramadhan sudah semakin dekat. Untuk menyambut bulan suci penuh ampunan itulah umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak taubat, dan amal ibadah.

Hal ini karena pada bulan ini setiap amal kebaikan dan ibadah akan dilipatgandakan pahalanya sampai 70 kali lipat.

Selain itu, menjelang persiapan menyambut datangnya bulan penuh ampunan, Ramadhan maka bulan Rajab merupakan waktu yang tepat untuk menggodok diri kita dengan ibadah, taubat, doa, istigfar dan memperbanyak dzikir.

وَمَا مَنَعَ ٱلنَّاسَ أَن يُؤْمِنُوٓا۟ إِذْ جَآءَهُمُ ٱلْهُدَىٰ وَيَسْتَغْفِرُوا۟ رَبَّهُمْ إِلَّآ أَن تَأْتِيَهُمْ سُنَّةُ ٱلْأَوَّلِينَ أَوْ يَأْتِيَهُمُ ٱلْعَذَابُ قُبُلًا

Artinya:

“Dan tidak ada sesuatupun yang menghalangi manusia dari beriman, ketika petunjuk telah datang kepada mereka, dan dari memohon ampun kepada Tuhannya, kecuali (keinginan menanti) datangnya hukum (Allah yang telah berlalu pada) umat-umat yang dahulu atau datangnya azab atas mereka dengan nyata.” (Q. S. Al Kahfi: 55)

7. Bulan Penuh Kemurahan Allah SWT

Pada bulan haram ini, Allah SWT semakin menambah berkahnya, baik dalam kesehatan, rizqi, ataupun hubungan. Inilah alasan mengapa Islam menganjurkan untuk memperbanyak doa agar kita senantiasa mendapatkan kemurahan-kemurahan dari Allah SWT.

8. Bulan untuk Berpuasa

Dianjurkan untuk melaksanakan berbagai macam puasa sunnah pada bulan Rajab. Imam Ahmad, Abu Daud, Al-Baihaqi dan yang lainnya meriwayatkan, suatu ketika datang seseorang dari suku Al-Bahili menemui Nabi Muhammad SAW. Dia meminta diajari berpuasa. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menasehatkan:

“Puasalah sehari tiap bulan.” Orang ini mengatakan: “Saya masih kuat, tambahkanlah!” “Dua hari setiap bulan”. Orang ini mengatakan: “Saya masih kuat, tambahkanlah!” “Tiga hari setiap bulan.” orang ini tetap meminta untuk ditambahi. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Puasalah di bulan haram dan berbukalah (setelah selesai bulan haram).” (Hadis ini dishahihkan sebagaian ulama dan didhaifkan ulama lainnya).

Namun diriwayatkan bahwa beberapa ulama salaf berpuasa di semua bulan haram. Diantaranya: Ibn Umar, Hasan Al Bashri, dan Abu Ishaq As Subai’i.

9. Bulan yang baik untuk umrah

Diriwayatkan bahwa Ibn Umar pernah mengatakan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan umrah di bulan Rajab. Kemudian ucapan beliau ini diingkari A’isyah dan beliau diam saja. (HR. Al Bukhari & Muslim)

Umar bin Khatab dan beberapa sahabat lainnya menganjurkan umrah bulan Rajab. A’isyah dan Ibnu Umar juga melaksanakan umrah bulan Rajab.

10. Dihapus Dosanya oleh Allah

Bulan Rajab membawa kabar gembira, tentunya bagi orang-orang yang dekat dengan Allah dan gemar memperbanyak amal ibadah. Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada bulan ini adalah berpuasa.

Allah akan menghapus dosa bagi orang-orang yang melaksanakan ibadah puasa sunnah Rajab. Bahkan untuk hitungan tahun dalam satu kali berpuasa.

  • Puasa hari pertama, mendapat ampunan selama tiga tahun.
  • Puasa hari kedua, diampuni dosa kita selama dua tahun
  • Puasa pada hari ketiga, diampuni dosa kita selama satu tahun
  • Sedangkan pada hari-hari berikut dihapuskan dosa-dosa kita dalam satu bulan.

11. Sama dengan berpuasa di bulan yang mulia

Satu lagi yang menjadi keutamaan bulan Rajab, yaitu ketika kita melakukan hal mulia (puasa) maka pahala yang kita dapatkan sama seperti berpuasa pada bulan mulia.

Insya Allah ini menjadi keutamaan dan kemuliaan besar yang bisa kita dapatkan selama bulan Rajab ketika kita melaksanakan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya.

Amalan Doa dan Tata Cara Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab

Amalan Doa dan Tata Cara Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab

Amalan Doa dan Niat Puasa Bulan Rajab – Dalam Islam penanggalan Tahun Hijriyah, bulan Rajab masuk urutan ke-7 atau dua bulan sebelum Ramadhan. Bulan Rajab juga termasuk salah dari banyak bulan yang sangat dimuliakan Allah SWT.

Jumlah hari pada bulan ini adalah 30 hari serta memiliki beragam keutamaan, salah satu diantaranya adalah peristiwa bersejarah dalam Islam yaitu Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Dan tentunya masih banyak lagi peristiwa penuh hikmah lainnya.

Nah pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi tentang amalan doa serta niat dan tata cara puasa Sunnah bulan Rajab.

Salah satu tujuannya adalah untuk saling belajar dan memperbanyak amal ibadah, apalagi bulan ini termasuk dari empat bulan (bulan haram) yang dimuliakan Allah. Jadi mari kita pergunakan untuk meraup pahala dan ridha Allah SWT. Simak selengkapnya dibawah ini.

Amalan Doa dan Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab

Kata Rajab mempunyai makna agung, mulia atau keagungan. Didalam Al-Qur’an, bulan ini disebut juga dengan Asyhurul Hurum atau termasuk bulan yang dihormati.

Amalan Doa dan Tata Cara Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab

Karena termasuk bulan yang dihormati, maka tak heran jika bulan Rajab mempunyai sejumlah keutamaan yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi umat Islam.

Doa Bulan Rajab

Ketika memasuki bulan Rajab, ada salah satu doa yang dianjurkan untuk dibaca. Didalam doa ini kita sebagai umat Islam memohon kepada Allah SWT untuk senantiasa mendapatkan ampunan, rahmat, dan keberkahan selama bulan Rajab.

Selain itu, didalam doa ini juga kita memohon kepada Allah agar senantiasa diberikan umur panjang agar kita sampai dan bisa berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan.

Berikut doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika menyambut bulan Rajab:

Amalan Doa dan Tata Cara Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab

Allaahumma baariklanaa fii Rajaba wa Sya’baana Wa Ballighnaa Ramadhana.

Artinya:

“Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban ini, dan sampaikanlah umur kami bertemu Ramadhan”.

…atau bisa juga membaca doa berikut:

Amalan Doa dan Tata Cara Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab

Allaahumma baariklanaa fii Rajabin wa Sya’baana Wa Ballighnaa Ramadhana. Astagfirullahulladzi laa ilahailla huwalchaiyulqoiyumu waatubu ilaih.

Artinya :

“Ya Allah, berkatilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban serta sampaikan kami ke bulan Ramadhan. Aku memohon ampun kepada Allah, yang Maha Agung, dan tiada Tuhan melainkan Dia yang hidup dan berdiri sendiri dan aku bertaubat kepada-Nya.”

Puasa Bulan Rajab

Puasa bulan Rajab adalah termasuk puasa sunnah yang sangat dianjurkan kepada umat Islam. Tidak ada ketentuan khusus terkait jumlah hari puasa pada bulan haram ini.

Namun, menurut beberapa kajian puasa pada hari-hari bulan Rajab memiliki keutamaan tersendiri, diantaranya sebagai berikut:

  • Puasa hari pertama, mendapat ampunan selama tiga tahun.
  • Puasa hari kedua, diampuni dosa kita selama dua tahun
  • Puasa pada hari ketiga, diampuni dosa kita selama satu tahun
  • Sedangkan pada hari-hari berikut dihapuskan dosa-dosa kita dalam satu bulan.

Nabi Muhammad SAW bersabda :

“Sesungguhnya zaman telah berputar seperti keadaannya di hari saat Allah Ta’ala menciptakan langit dan bumi, satu tahun ada dua belas bulan. Di situ terdapat empat bulan yang diharamkan atau disucikan Allah. Tiga bulan tersebut adalah Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab adalah bulan yang terletak antara Jumadil Akhir dan Sya’ban.” (Hadits Riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim)

Tata Cara dan Niat Puasa Sunnah Rajab

Seperti puasa Ramadhan dan puasa sunnah pada umumnya, puasa Rajab diawali dengan membaca niat boleh secara langsung atau didalam hati pada hari hari sebelum melaksanakan puasa.

Adapun bacaan doa atau niat untuk berpuasa Rajab adalah :

“Nawaitu Shouma Ghodin Fii Syahri Rajabi Sunnatan Lillaahi Ta’aalaa.”

Yang artinya adalah, “Saya niat puasa esok hari di bulan rajab sunah karena Allah Ta’ala.”

Jika Anda terlupa membaca niat puasa Rajab, maka dapat membaca niat di bawah ini, pada pagi hari sebelum waktu Dzuhur tiba:

“Nawaitu Shouma Hadzal Yaumi’an Ada’i Sunnati Rajaba Lillahi Ta’alaa.”

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Rajab hari ini karena Allah ta’alaa.

Keutamaan Puasa Sunnah Bulan Rajab

Siapa saja yang melaksanakan puasa sunnah, ibadah dan amal kebaikan pada bulan Rajab akan mendapatkan keutamaan, salah satunya dilipatgandakan pahalanya sampai 70 kali lipat.

Bahkan puasa sunnah Rajab pun memiliki keutamaan yang sangat istimewa, diantaranya :

  • Dihidangkan minuman dari air surga.
  • Diampuni segala dosa dengan memperbanyak istighfar.
  • Waktu mustajab untuk berdoa.
  • Mendapat kemuliaan yang istimewa.

Keutamaan puasa sunnah Rajab ini dijelaskan dalam hadits Rosulullah SAW berikut:

“Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan apabila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya.” (Hadits Riwayat At-Thabrani)

Begitu juga diterangkan Hadits Riwayat Hurairah tentang keutamaan puasa Rajab, Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya seperti orang yang puasa selama 60 bulan.”

Demikian kiranya semoga artikel amalan doa dan tata cara niat puasa sunnah Rajab ini dapat menambah wawasan keislaman kita. Dan semoga kita dapat berjumpa dengan bulan ini serta bulan Ramadhan.

Inilah Doa yang Sebaiknya Dibaca Orang Tua untuk Bayi dalam Kandungan

Inilah Doa yang Sebaiknya Dibaca Orang Tua untuk Bayi dalam Kandungan

Doa untuk Bayi dalam Kandungan – Hamil adalah salah satu bentuk keajaiban sekaligus karunia yang Allah SWT berikan kepada kaum wanita. Bagaimana tidak, banyak pasangan yang sampai saat ini masih berharap bisa hamil dan segera mendapatkan keturunan.

Maka bersyukurlah jika Anda yang saat ini sudah hamil dan sebentar lagi melahirkan. Ini adalah karunia Allah yang tiada duanya. Bagi Anda yang belum, janganlah putus asa, tetaplah ikhtiar sambil terus memanjatkan doa agar Allah segera mengabulkan permohonan Anda.

Fase kehamilan adalah fase bahagia sekaligus mendebarkan. Bagaimana tidak, selain akan menjadi kedua orang tua, itu artinya Anda dan pasangan akan segera mendapatkan amanah dari Allah dimana Anda dan pasangan memiliki tanggung jawab untuk mendidik, memberi nafkah dan masih banyak lagi lainnya.

Namun demikian, Islam selalu memberi kemudahan kepada seluruh pemeluknya, salah satunya dengan berdoa agar mendapatkan keturunan yang sholeh dan sholehah yang hanya Allah berikan kepada kita.

Doa ibu hamil ini dapat diamalkan baik oleh ibu sendiri maupun suami dari istri yang sedang hamil. Doa ini sebaiknya diamalkan secara rutin setiap hari atau selama bayi masih dalam kandungan.

Nah pada kesempatan kali ini Widiynews akan berbagi artikel tentang amalan doa yang sebaiknya dibaca kedua orang tua untuk bayi selama masih dalam kandungan. Selengkapnya simak dibawah ini.

Bacaan Doa yang Sebaiknya Dibaca untuk Bayi yang Masih dalam Kandungan

Selama hamil, sebaiknya ibu mengurangi mengeluh dan berkeluh kesah. Ya walaupun menjadi ibu hamil dan menjalani setiap prosesnya gak mudah.

Tapi ini adalah karunia dan nikmat yang hanya Allah berikan kepada wanita dan menjadi bagian dari proses untuk mendapatkan keturunan yang sholeh dan sholehah.

Inilah Doa yang Sebaiknya Dibaca Orang Tua untuk Bayi dalam Kandungan

Selain itu, ya walaupun hari-hari Anda akan terasa terasa berat seperti ngidam dan hal-hal berbeda dari biasanya, tapi masa kehamilan jangan sampai mengurangi kuantitas dan kualitas ibadah kepada Allah SWT.

Perbanyaklah membaca doa, salah satunya doa untuk bayi dalam kandungan yang sangat dianjurkan berikut agar kelak ketika lahir ke dunia dalam keadaan selamat, sehat, tidak cacat, cantik dan tampan, serta termasuk keturunan yang sholeh dan sholehah.

Doa Bagi Ibu yang Sedang Hamil

Untuk Anda yang saat ini sedang hamil, silahkan amalkan bacaan salah satu doa berikut ini. Semakin banyak semakin baik ya bunda.

وَاللهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ تَارَةً أُخْرَى

Lafadz: “Wallâhu ahrajakum mim buthûni ummahâtikum târatan ukhra.”

Artinya: “Dan Allah mengeluarkan kalian dari perut ibu-ibu kalian pada kesempatan yang lain (persalinan).”

Doa Agar Janin Diberi Kesehatan

Memang tidak ada doa yang khusus diperuntukkan bagi ibu hamil. Tapi dengan mengamalkan yang baik yaitu membaca beberapa doa yang dianjurkan untuk ibu hamil bisa mendatangkan manfaat.

Dan salah satu yang dianjurkan adalah doa agar janin yang didalam kandungan senantiasa sehat dan dijaga oleh Allah SWT berikut ini.

Baca juga : 7 Tips Ibu Hamil, Langkah-Langkah Agar Melahirkan Bayi Sehat

Lafadz : Allahummah fazh waladii maa daama fii bathnii. Wasyfihi ma’ii. Anta asy-syaafii laa syifaa ‘an illaa syifaa ‘uka syifaa ‘an laa yughaadiru saqama.

Artinya: “Ya Allah, semoga Engkau lindungi bayiku ini selama ada dalam kandunganku. Berikanlah kesehatan kepadanya bersamaku. Sesungguhnya Engkaulah Maha Penyembuh. Tidak ada kesehatan selain kesehatan yang Engkau berikan, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lain.”

Doa Terhindar dari Keguguran

Innallaha yumsikus-samawati wal-arda an tazula, wa la’in zalata in amsakahuma min ahadim mim ba’dih, innahu knna haliman gafara

Artinya: “Sungguh, Allah yang menahan langit dan bumi agar tidak lenyap; dan jika keduanya akan lenyap tidak ada seorang pun yang mampu menahannya selain Allah. Sungguh, Dia Maha Penyantun, Maha Pengampun.” (QS.Faathir 35:41)

Doa dan Amalan untuk Suami yang Istrinya Sedang Hamil

Bagi Anda para ayah dan calon ayah yang istrinya sedang hamil, Anda juga dianjurkan untuk mengamalkan ibadah dan bacaan doa dimana salah satu tujuannya adalah agar bayi dalam kandungan tidak di ganggu syetan, lahir dengan selamat, sehat, lahir tidak dalam kondisi cacat, sholeh serta sholehah.

Inilah Doa yang Sebaiknya Dibaca Orang Tua untuk Bayi dalam Kandungan

Berikut beberapa amalan yang dianjurkan untuk ayah:

1. Membaca Surat al-Fatihah sebanyak 7 kali setiap ba’da shalat shubuh dan ditiupkan pada perut ibu hamil.

2. Membaca surat al-Insyirah (Alam Nasyrah) sebanyak 7 kali setiap ba’da shalat maghrib dan ditiupkan pada perut ibu hamil.

3. Memperbanyak membaca berdoa di bawah ini:

اللهم احْفَظْ وَلَدِي مَادَامَ فِى بَطْنِ زَوْجَتِي وَاشْفِهِ أَنْتَ الشَّافِى لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَآؤُكَ شِفَآءً لآيُغَادِرُ سَقَمًا اللهم صَوِّرْهُ فِي بَطْنِ زَوْحَتِي صُوْرَةً حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ اللهم أَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِ زَوْجَتِي وَقْتَ وِلَادَتِهَا سَهْلًا وَتَسْلِيْمًا اللهم اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلًا وَعَاقِلًا حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلًا اللهم طَوِّلْ عُمُرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَأَفْصِحْ لِسَانَهُ وَأَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْحَدِيْثِ وَالْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ بِبَرَكَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Lafadz : “Allahummahfadz waladî mâ dâma fî bathni zaujatî wasyfihi anta asy-syâfi lâ syifâ an illa syifauka syifa an la yughâdiru saqaman. Allahumma shawwirhu fî bathni zaujatî shûratan hasanatan watsabbit qolbahu îmânan bika wa bi-Rasûlika. Allahumma akhrijhu mim bathni zaujatî waqta wilâdatihâ sahlan wa taslîman. Allahumma ij’alhu shahîhan kâmilan wa ‘âqilan hâdziqan ‘âmilan. Allahumma thowwil ‘umrohu wa shahhih jasadahu wa hassin khuluqohu wa afshah lisânahu wa ahsin shautahu liqirooatil hadîtsi wal qur`ânil ‘adzîm bibarokati Muhammadin shallallâhu ‘alaihi wasallam. Walhamdulillâhi Robbil ‘âlamîn.”

Artinya:

“Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkan ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit. Ya Allah, bentuk ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu pada Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat. Ya Allah, jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, banyak beramal. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca hadits dan Al-Qur’an Yang Agung, dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam.”

Doa dan Amalan untuk Ibu Selama Hamil

Selain doa yang dikhususkan untuk ibu hamil diatas, ada beberapa amalan yang sangat dianjurkan untuk dibaca selama masa kehamilan ibu baik dibaca oleh ibu yang sedang hamil atau suami.

Berikut beberapa diantaranya :

  1. Memperbanyak membaca surat Al-Fatihah
  2. Membaca Ayat Kursi
  3. Memperbanyak Dzikir
  4. Membaca tiga surat terakhir, yaitu surat An-Nas, Al-Falaq, dan Al-Ikhlas.
  5. Membaca Surat Al-Hasyr
  6. Membaca dua ayar terakhir Surat Al-Baqarah
  7. Memperbanyak Membaca Al-Quran
  8. Memperbanyak sedekah dan berdoa kepada Allah

Itulah amalan dan doa yang sebaiknya dibaca orang tua untuk bayi dalam kandungan yang dapat penulis bagikan pada kesempatan kali ini. Masih banyak lagi amalan dan doa yang dianjurkan untuk ibu hamil, mungkin dilain kesempatan penulis akan membagikannya sebagai pelengkap artikel ini.

Bagi Anda yang saat ini menjalani proses kehamilan, silahkan diamalkan doa diatas. Jika belum, boleh disimpan untuk persiapan. Demikian, semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bi shawab.

[Hikmah] Kisah Nabi Musa Menampar Malaikat Pencabut Nyawa

[Hikmah] Kisah Nabi Musa Menampar Malaikat Pencabut Nyawa

Kisah Nabi Musa Menampar Malaikat Maut – Di antara watak yang dimiliki Nabi Musa ‘alaihissalam adalah memperlakukan orang lain secara spontan sesuai dengan kepribadiannya. Tak mengherankan ketika malaikat maut datang kepadanya dalam wujud seorang pria yang akan mencabut nyawanya, Nabi Musa ‘alaihissalam langsung menampar muka sang malaikat hingga bola matanya pecah.

Kemudian, Allah SWT pun memberikan dua pilihan kepadanya: apakah akan beralih ke hadirat-Nya atau tetap berada di dunia beberapa lama lagi hingga malaikat maut kembali datang menjemput nyawanya.

Namun, Nabi Musa ‘alaihissalam memilih untuk segera bersanding di sisi Tuhannya dan meninggalkan kepenatan dan hiruk-pikuk kehidupan dunia. Maka Allah mengabulkan doanya untuk didekatkan dengan Tanah Suci (Baitul Maqdis) sejauh lemparan batu. Konon, kuburannya pun berada di sana.

Selengkapnya, kisah itu dapat disimak dalam riwayat Muslim dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

جَاءَ مَلَكُ الْمَوْتِ إِلَى مُوسَى عَلَيْهِ السَّلَامُ. فَقَالَ لَهُ: أَجِبْ رَبَّكَ قَالَ فَلَطَمَ مُوسَى عَلَيْهِ السَّلَامُ عَيْنَ مَلَكِ الْمَوْتِ فَفَقَأَهَا، قَالَ فَرَجَعَ الْمَلَكُ إِلَى اللهِ تَعَالَى فَقَالَ: إِنَّكَ أَرْسَلْتَنِي إِلَى عَبْدٍ لَكَ لَا يُرِيدُ الْمَوْتَ، وَقَدْ فَقَأَ عَيْنِي، قَالَ فَرَدَّ اللهُ إِلَيْهِ عَيْنَهُ وَقَالَ: ارْجِعْ إِلَى عَبْدِي فَقُلْ: الْحَيَاةَ تُرِيدُ؟ فَإِنْ كُنْتَ تُرِيدُ الْحَيَاةَ فَضَعْ يَدَكَ عَلَى مَتْنِ ثَوْرٍ، فَمَا تَوَارَتْ يَدُكَ مِنْ شَعْرَةٍ، فَإِنَّكَ تَعِيشُ بِهَا سَنَةً، قَالَ: ثُمَّ مَهْ؟ قَالَ: ثُمَّ تَمُوتُ، قَالَ: فَالْآنَ مِنْ قَرِيبٍ، رَبِّ أَمِتْنِي مِنَ الْأَرْضِ الْمُقَدَّسَةِ، رَمْيَةً بِحَجَرٍ، قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: وَاللهِ لَوْ أَنِّي عِنْدَهُ لَأَرَيْتُكُمْ قَبْرَهُ إِلَى جَانِبِ الطَّرِيقِ، عِنْدَ الْكَثِيبِ الْأَحْمَرِ

Artinya:

“Malaikat maut datang kepada Nabi Musa ‘alaihissalam dan berkata, “Penuhilah panggilan Tuhanmu!” Namun spontan Musa menampar mata malaikat hingga bola matanya terpecah. Akhirnya, malaikat maut kembali kepada Allah dan menyampaikan, “Sesungguhnya Engkau telah mengutusku menemui hamba yang tidak menginginkan kematian. Akibatnya, mataku terpecah.” Kemudian, Allah segera mengembalikan penglihatannya dan berfirman, “Kembalilah kepada hamba-Ku dan sampaikan padanya, apakah engkau terus menginginkan kehidupan? Jika engkau masih menginginkannya, letakkanlah tanganmu pada punggung sapi jantan. Satu bulu yang tertutupi tanganmu, maka engkau akan hidup satu tahun.” Musa bertanya, “Lalu apa setelah itu?” Allah menjawab, “Tetaplah engkau akan meninggal.” Musa berkata lagi, “Wahai Tuhanku, sekarang kupilih kematian itu dalam waktu dekat.” Kemudian Nabi Musa menyampaikan keinginannya, “Matikanlah aku dekat Tanah Suci (Baitul Maqdis) sedekat lemparan batu.” Terakhir, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menambahkan, “Demi Allah, andai aku berada di sisinya, niscaya akan aku perlihatkan kepada kalian kuburannya berada di pinggir jalan, tepatnya pada gundukan pasir.”

Dalam hadits di atas disampaikan bahwa Allah mengutus malaikat maut kepada Nabi Musa ‘alaihissalam dalam wujud seorang pria. Dia meminta Nabi untuk memenuhi panggilan-Nya.

Melalui malaikat, Allah juga menyampaikan bahwa ajalnya sudah dekat dan saat kematiannya akan segera tiba. Namun, sebagai sosok yang tegas, tidaklah mengerankan jika begitu didatangi malaikat, Nabi Musa ‘alaihissalam langsung menampar wajah malaikat tersebut hingga matanya terpecah. Maksudnya mata di sini adalah mata malaikat yang kala itu datang dalam wujud seorang pria. Sebab, jika bukan dalam wujud manusia, pasti Nabi ‘alaihissalam tidak akan bisa menamparnya.

Akhirnya, malaikat maut kembali kepada Allah dan mengadukan tamparan Nabi Musa ‘alaihissalam yang dialaminya. Maka, Allah segera mengembalikan penglihatannya dan memerintah untuk kembali menemui Nabi Musa ‘alaihissalam guna meminta meletakkan tangannya di atas punggung sapi jantan.

Kemudian, ia menghitung bulu-bulu sapi yang tertutup tangannya. Setiap bulu yang tertutup dihitungnya sebagai tambahan usia satu tahun. Walhasil, tambahan usianya sebanyak bulu sapi yang tertutup tersebut. Namun, Nabi ‘alaihissalam tidak mengambil tambahan usia itu. Andai ia melakukannya, niscaya ia masih hidup hingga sekarang ini.

Namun, begitu dikabarkan bahwa setelah tambahan usianya itu tetaplah kematian, Nabi Musa ‘alaihissalam memilih kematian dalam waktu dekat. Sebab, tidaklah para nabi, rasul, dan orang-orang saleh berada di sisi Allah kecuali lebih baik dan lebih kekal.

Jika arwah para syuhada diserupakan dengan burung-burung yang terbang di taman surga, memakan buah-buahnya dan meminum air sungai yang ada di dalamnya, berlindung di bawah lampu-lampu yang bergantung di bawah langit ‘Arasy al-Rahmân, maka kehidupan para nabi dan rasul di sana tentu lebih dari itu.

Tidak bisa dibayangkan, bagaimana keadaan Nabi Musa ‘alaihissalam jika masih hidup hingga hari ini? Ia akan terus mendapat ujian dan beban hidup. Artinya, keberadaannya di dunia sebagai negeri ujuan dan kehancuran tidak akan lebih baik ketimbang keberadaaannya di surga dan rahmat Allah bersama para nabi dan rasul yang lain.

Namun, sebelum kematian, Nabi Musa ‘alaihissalam memohon kepada Allah agar nyawanya dicabut dekat Tanah Suci (Baitul Maqdis) hingga sedekat lemparan batu.

Permohonan itu menunjukkan betapa cintanya Sang Nabi kepada Tanah Suci. Bahkan, dikubur pun ingin di dekatnya. Tetapi, Nabi ‘alaihissalam tidak meminta Allah agar mencabut nyawanya tepat di dalam tanah suci itu, sebab dirinya tahu bahwa Allah mengharamkan tanah tersebut pada generasi yang dijatuhi balasan atas ketidaktaatan mereka kepada Allah saat diperintah untuk memasukinya.

Malahan mereka berkata, Hai Musa, kami sekali-kali tidak akan memasukinya selama-lamanya, selagi mereka ada di dalamnya, karena itu pergilah kamu bersama Tuhanmu, dan berperanglah kamu berdua, sesungguhnya kami hanya duduk menanti di sini saja, (Q.S. al-Mâ’idah [5]: 24).

Akibatnya, Allah menetapkan, mereka tersesat di padang Sinai selama empat puluh tahun.

Allah pun mengabulkan permohonan Nabi Musa ‘alaihissalam. Nabi Muhammad SAW mengabarkan bahwa kuburannya berada di Tanah Suci Baitul Maqdis, tepat di serambinya yang ada pada gundukan pasir. Ditambahkan dalam riwayat itu, andai berada di sana, beliau pasti telah memperlihatkannya kepada para sahabat.

Hikmah Kisah Nabi Musa Menampar Malaikat Maut

Hadits di atas menunjukkan kepada kita bahwa sebelum dicabut nyawa, para nabi selalu diberikan pilihan: apakah memilih tambahan hidup, ataukah memilih segera berpulang ke rahmat Allah, sebagaimana halnya Nabi Musa ‘alaihissalam.

Bahkan, berkenaan dengan hal ini, ‘Aisyah pernah mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berucap saat sakit terakhirnya, “Ya Allah, kupilih al-Rafîq al-Alâ (surga).” Dari ucapan itu, ‘Aisyah tahu bahwa al-Rafîq al-‘Alâ itu lebih baik, makanya beliau memilih itu.

Para malaikat mampu menunjukkan diri dalam wujud manusia. Tak terkecuali saat menemui Nabi Musa ‘alaihissalam.

Kematian itu sesuatu yang pasti dan tak bisa ditolak. Andai di antara kita ada yang selamat darinya, tentu para nabi dan rasul juga sudah selamat.

Tingginya kedudukan Nabi Musa ‘alaihissalam sampai-sampai mampu menampar malaikat maut hingga bola matanya terpecah. Andai bukan karena kedudukan Nabi Musa ‘alaihissalam di sisi Allah, niscaya malaikat maut akan melakukan pembalasan berat kepadanya.

Kuburan Nabi Musa ‘alaihissalam berada di Tanah Suci Baitul Maqdis. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sendiri telah memberi tahu keberadaan kuburannya. Bahkan, beliau menyebutkan beberapa tanda keberadaan tersebut, yaitu di samping jalan, tepat pada gundukan pasir.

Nabi Musa ‘alaihissalam menginginkan kuburannya berada dekat dengan tanah yang penuh berkah. Karena itu, tidak ada salahnya jika ada seseorang yang juga ingin meninggal di tanah yang penuh berkah itu.

Tanah Suci dimaksud memiliki batasan-batasan yang telah diketahui. Nabi Musa ‘alaihissalam pun meminta kepada Allah untuk mendekatkan dirinya pada tanah itu sedekat lemparan batu. Tetapi demikian, jenazahnya dikuburkan di luar tanah tersebut. (Lihat: Umar Sulaiman al-Asyqar, Shahih al-Qashash al-Nabawi, [Oman: Darun Nafais], 1997, Cetakan Pertama, hal. 97). Wallahu a’lam.

Sumber:

https://islam.nu.or.id/post/read/116679/ketika-nabi-musa-menampar-malaikat-maut#top